Bos FCA Sergio Marchionne Angkat Bicara Soal Tesla Model 3

by  in Abarth&Alfa Romeo&Fiat
Bos FCA Sergio Marchionne Angkat Bicara Soal Tesla Model 3
0  komentar
sergio-marchionne-fca-fiat-chrysler-auto

AutonetMagz.com – Tesla saat ini menjadi gamemaker dengan langkahnya dalam memperkenalkan Tesla Model 3 kepada publik. Bagaimana tidak, dengan model yang begitu menjanjikan dan harga yang bisa dibilang terjangkau membuat pabrikan lain mau tidak mau menoleh produk ini. Brand muda ini mampu memaksa brand lain yang mempunyai sejarah panjang untuk segera meriset mobil listrik agar bisa diproduksi massal.

Salah satu perusahaan besar yang melihat brand ini dan berminat memproduksi mobil yang dapat menyaingi Tesla Model 3 adalah Bos FCA, Sergio Marchionne. Pak Marchionne ini memang sedang berjuang mengangkat merek-merek yang tergabung dalam FCA seperti Fiat, Alfa Romeo, Maserati, dan Chrysler mengingat mereka sebelumnya kalah saing dengan merek lain.

Tesla-Model-3-front

Memang salah satu rencana dari Bos FCA adalah memasukkan mobil ramah lingkungan ke dalam agenda riset FCA, tentunya Marchionne juga mempertimbangkan mobil listrik. Saat diwawancarai oleh AutoNews saat meeting tahunan FCA yang bertempat di Amsterdam, Marchionne menyatakan tertarik membuat mesin listrik dengan dimensi kompak. Model ini tentunya diimbangi dengan spirit italia yang mengalir di beberapa produknya, tapi beliau sedikit menggarisbawahi, model ini akan dibuat jika peluang bisnisnya bagus.

Sebelumnya Tesla sendiri telah menerima inden atas Tesla Model 3 sebanyak 400 ribu unit dengan harga jual $35,000 atau Rp.460 juta. Sergio Marchionne sendiri mengatakan bahwa ia sulit membayangkan profit yang didapatkan oleh Tesla setelah membangun dan mengirimkan produk-produknya. “Saya tidak terkejut dengan tingginya angka inden mereka tapi hal itu juga harus diimbangi dengan profit saat membangun mobil itu dan distribusinya juga.” Kata Marchionne.

Tesla-Model-3-alloy-wheel

Statement ini mempertegas bahwa Sergio Marchionne tidak melihat apapun yang membuat Tesla Model 3 menguntungkan apabila dihargai dengan $35,000. Tapi lanjutnya, ia sendiri akan meng-copy formula Tesla Model 3 untuk produknya apabila Elon Musk dapat mementahkan statementnya sebelumnya. “Apabila ia (Elon Musk) dapat memperlihatkan ke saya bahwa mobil ini profitable di harga segitu, saya akan meng-copy formulanya dengan desain ala Italia dan segera melemparnya ke pasaran dalam waktu 12 bulan.” Jelasnya.

Saat kembali ditanyai mengapa FCA tidak ikut terlibat dalam pesta listrik ini, Marchionne hanya mengatakan pepatah : Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. Namun dengan statement ini berarti bila anda penasaran dengan bentuk Fiat 500 EV atau Alfa Romeo EV atau merek FCA lainnya, berharaplah semoga Tesla Model 3 benar-benar sukses hehe… Bagaimana menurut anda? Sampaikan komentarnya di bawah ini ya.

Read Prev:
Read Next:
  • Aryo Wicaksono

    udah kebayang sih apa yang harus dilakukan untuk menyaingi tesla, cuma tesla punya satu keunggulan yang lumayan sulit dipatahkan: mobil “geek” pertama di dunia, dan semua yang pertama selalu punya keuntungan dari segi penjualan.

  • Nakazato Kira

    Kalau melihat betapa lakunya Model S dan Model X, sepertinya tinggal menunggu waktu aja buat Sergio buat meng-copas formula yang dimaksud.

    • bastomi arifin

      Klo model S dan X masih mahal mas bro, $100K, yg pengen ditiru FCA ntu yg model 3, yg harganya $35K

      • Nakazato Kira

        Walaupun 100K sekalipun, animo Model S dan Model X sama-sama besar. Nah, itu udah menular ke Model 3.

        “Formula” yang saya maksud itu memang Model 3 :v

    • Ryan

      Yup. Dengan adanya Model 3 ini Tesla berhasil membuat mobil listrik jadi benar-benar setara dgn mobil bensin. Dari segi harga, kenyamanan, safety dll. Bahkan mungkin lebih baik. Ini yg membuka mata produsen lain, dan mereka tentunya butuh proses buat bisa meng-copy formulanya Model 3, gabisa instan. Mengingat Tesla jg utk bisa sampai ke Model 3 ini butuh waktu 5 tahunan dimulai dr Model S masuk pasar.
      Jadi sy agak meragukan statement pak bos FCA ini mampu “hanya dlm 12 bulan”

      Nantinya dgn kondisi begini, dan infrastruktur charging station yg makin banyak. Bakal makin sedikit alasan buat orang utk tetap pakai mobil bensin.
      Bisa jadi beberapa tahun lagi mesin pembakaran dalam cuma bisa ditemukan di mobil sport macem Ferrari, Lambo, dkk yg emg dibuat utk “pure excitement”. Sementara mobil harian mayoritas listrik semua

      • farid

        mobil berbahan bakar fosil masih tetap eksis untuk beberapa puluhan tahun kedepan,karena masih banyak negara lain terutama negara berkembang apalagi miskin belum punya regulasi tentang mobil listrik dan harga mobil bahan bakar fosil masih tetap murah dibanding mobil listrik.kalaupun udah ada regulasinya kadang masih wacana dan belum terealisasikan secara maksimal