Bocoran Mitsubishi Mirage 2020 : Mesin 900 cc Turbo, Sasis Nissan Juke

Bocoran Mitsubishi Mirage 2020 : Mesin 900 cc Turbo, Sasis Nissan Juke
0  komentar

AutonetMagz.com – Saat konferensi pers GIIAS 2018, Mitsubishi Indonesia sama sekali tidak menyinggung apa-apa soal Mitsubishi Mirage. Mungkin karena Mitsubishi Mirage yang sekarang sudah masuk ke penghujung usianya. Nampaknya Mitsubishi sendiri tengah meneliti bahan baku untuk membuat Mirage baru, dan laman Response dari Jepang sudah mendapatkan beberapa detail untuk city car kecil Mitsu ini.

Menurut Response, Mitsubishi Mirage akan tumbuh membesar untuk menjadi rival bagi Suzuki Swift. Untuk urusan mesin, Mitsubishi diklaim akan pakai mesin 900 cc 3 silinder turbo bertenaga sekitar 94 hp atau mesin 1.500 cc 4 silinder turbo diesel. Memang beda jauh dengan Mitsubishi Mirage sekarang yang 1.200 cc 3 silinder, tapi toh itu belum memaparkan semua pilihan mesin yang akan dimiliki Mirage nantinya, meski yang 900 cc turbo bikin kepo sih.

Mengenai tulang punggungnya, Mitsubishi akan meminjam platform CMF-B hasil riset Renault-Nissan. Selain Mitsubishi Mirage, platform CMF-B ini nanti juga akan dipakai sebagai pondasi Nissan Juke generasi baru yang batang hidungnya belum nampak juga, padahal Juke sendiri sudah lumayan berumur. Meski Juke adalah crossover kecil, sumber tersebut tidak bilang soal kehadiran Mirage versi crossover. Buat apa juga kan?

Selain dari Mitsubishi Mirage dan Nissan Juke, platform CMF-B Renault-Nissan nanti akan dipakai juga oleh Renault Clio, Renault Captur, Dacia Sandero dan Dacia Logan. Mengenai desain, Mitsubishi nampaknya sudah lelah dan jenuh dengan desain Mitsubishi Mirage yang datar dan membosankan. Mereka ingin Mirage punya desain yang lebih gahar, tentunya dengan bahasa desain Dynamic Shield seperti Pajero Sport, Xpander dan Delica baru yang masih dites.

Gambaran lebih detailnya adalah Mitsubishi ingin Mirage baru tampil sebagai hatchback yang lebih agresif, setidaknya dalam hal desain. Untuk itu, desainer Mitsubishi akan mengambil ilham atau inspirasi dari mobil-mobil kencang mereka seperti Mitsubishi Colt Ralliart (bukan Colt Sukabumi, ya) dan si legendaris Mitsubishi Lancer Evolution. Apa ekspektasimu soal Mitsubishi Mirage baru nanti? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: