BMW Perbanyak Varian FWD dengan Platform FAAR

by  in BMW&International
BMW Perbanyak Varian FWD dengan Platform FAAR
0  komentar

AutonetMagz.com – Khusus buat BMW, kami ada perhatian khusus dengan tradisi yang kini membentuk citra mereka. Mobil Jerman yang fun to drive dengan penggerak RWD, kidney grille dan Hoftmeister Kink itu baru namanya BMW. Maka dari itu, saat muncul mobil bernama BMW Active Tourer, BMW Gran Tourer dan BMW X1 baru yang FWD, kami jadi agak skeptis. Sebagus apa pun mereka, kami masih tidak rela menyebut mereka sebagai BMW. BMW kok FWD?

Sebagai bentuk perlawanan terhadap tradisi dan memberi wadah ke konsumen biasa yang tidak mau tahu arti BMW, BMW memutuskan akan membuat platform baru khusus mobil FWD bernama FAAR. Platform FAAR adalah pengembangan dari platform UKL yang sekarang ada di BMW X1, BMW X2, BMW Active Tourer, BMW Gran Tourer dan semua model MINI. Platform ini dikembangkan supaya lebih enteng dan kompatibel dengan teknologi hybrid atau listrik.

Mobil BMW pertama yang pakai platform FAAR dalah BMW 1-Series Sedan di China, dan nantinya akan meluas ke produk global BMW. Portfolio terdekat adalah BMW 1-Series yang kemungkinan jadi FWD, Active Tourer dan Gran Tourer baru, lalu penerus X1 dan X2 di kemudian hari. Menurut Autocar, platform FAAR ini bisa jadi memunculkan varian baru berupa BMW 2-Series Gran Coupe.

Bagaimana dengan MINI? Well, BMW Group belum mengkonfirmasi jika generasi terbaru dari MINI nantinya juga akan menggunakan platform FAAR. Seperti dilaporkan pada bulan Januari bahwa BMW dapat mengembangkan platform murah bersama Great Wall Motor dari China untuk MINI baru. Sejauh ini BMW Group hanya mengatakan akan bekerja sama dengan Great Wall untuk membangun MINI bermesin listrik di China.

Terus, kalau nanti ada 2-Series Gran Coupe FWD, apa semua 2 Series bakal jadi FWD juga? Tenang, ada kabar baik di mana BMW 2-Series Coupe dan Convertible diharapkan tetap pakai konfigurasi tradisional BMW, yakni penggerak roda belakang. Ini disampaikan oleh Bos RnD BMW Group, Klaus Fröhlich kepada Motoring pada pameran mobil Frankfurt 2017. Syukurlah, BMW sejati masih aman kalau begitu. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: