BMW M : Girboks Otomatis Biasa Bisa Tandingi Kopling Ganda

by  in BMW&International
BMW M : Girboks Otomatis Biasa Bisa Tandingi Kopling Ganda
0  komentar

AutonetMagz.com – Saat memikirkan transmisi, para produsen punya banyak pilihan. Ada CVT, torque converter, kopling ganda, automated manual, tinggal pilih berdasarkan jenis mobil, kebutuhan dan konsep yang ingin ditonjolkan. Kalau bicara kecanggihan, banyak yang bilang kalau kopling ganda saat ini adalah girboks tercanggih. Mekanismenya kompleks, ganti giginya cepat, dan minim selip demi penghantaran tenaga yang sempurna berkat adanya 2 kopling.

Namun transmisi lain turut berbenah seiring berjalannya waktu dan seiring pintarnya orang-orang di balik layar – lebih tepatnya, di balik meja kerja – merancang dan mendesain transmisi lain selain kopling ganda. Menurut bos penjualan dan pemasaran BMW M, Peter Quintus, girboks kopling ganda akan tertandingi dan berumur pendek, sama seperti girboks manual biasa yang sekarang mulai langka dan segmented.

Quintus berbicara kepada Drive,”Ini lebih kepada pertanyaan seberapa lama girboks kopling ganda akan bertahan.” Dulu, kopling ganda dipuja karena perpindahan giginya bisa dilakukan secepat kilat, tidak semalas dan sebodoh girboks torque converter biasa. Masalahnya, girboks torque converter masa kini sudah makin cepat dan makin pintar dalam memilih dan mengatur gigi, mendekati performa girboks kopling ganda.

Pada saat ini, keuntungan girboks kopling ganda yang punya perpindahan gigi cepat makin hari makin luntur, sebab girboks otomatis biasa sekarang sudah jadi lebih baik dan lebih pintar,” kata Quintus. Beralih ke girboks manual, Quintus berspekulasi paling tidak mobil dengan girboks manual hanya bisa menahan 450 hp saja. Ehem, lalu apa kabar dengan Ford Mustang, Chevrolet Camaro, Dodge Viper dan Porsche 911 R yang powernya lebih dari segitu tapi pakai girboks manual?

Kalau untuk topik ini, kita bicara soal girboks manual buatan Amerika saja. Girboks manual buatan Amerika itu berat dan kualitas mekanisme perpindahan giginya jelek,” ucapnya. Benarkah? Entah, kami belum mencoba muscle car bertransmisi manual. Namun jika melihat betapa percaya dirinya beliau, akan menarik jika ia berani memasang girboks otomatis biasa yang katanya makin cepat dan canggih di salah satu model BMW M baru. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: