BMW i3 Akan Discontinue Juli ini!, digantikan iX1 dan MINI Electric

BMW i3 Akan Discontinue Juli ini!, digantikan iX1 dan MINI Electric
0  komentar

Autonetmagz.com – Mobil listrik kompak BMW i3 akan mengakhiri masa produksi globalnya pada Juli tahun ini. Dengan perkiraan sudah ada total 250.000 unit yang telah diproduksi menurut Autocar. Akhir produksi dari BMW i3 ini akan membuka jalan untuk reorganisasi fasilitas manufaktur di Leipzig, Jerman. Yang nantinya akan digunakan untuk memulai produksi MINI Countryman generasi ketiga yang akan datang pada paruh kedua tahun ini. BMW i3 secara tidak langsung akan digantikan oleh iX1, versi full electric dari crossover BMW X1.

Digantikan BMW iX1?

BMW X1 generasi mendatang telah direncanakan untuk diluncurkan pada tahun ini. Produksi awal, rencananya akan dimulai di fasilitas baru yang terdapat di Debrecen, Hongaria. Meskipun menurut Autocar adanya penundaan pembangunan lokasi manufaktur baru ini membuat penerus BMW i3 akan diproduksi di Fasilitas manufaktur BMW Regensburg hingga 2024. Ditetapkan untuk didasarkan pada BMW X1 generasi berikutnya, BMW iX1 ini nantinya akan dibangun berdasarkan arsitektur FAAR BMW Group untuk kendaraan penggerak roda depan. Arsitektur FAAR BMW Group telah menjadi dasar model dari BMW Seri 1 F40 serta Seri 2 F44 Gran Coupe.

Bersamaan dengan iX1, BMW akan mengandalkan versi produksi dari MINI Electric untuk mengisi celah di pasar kendaraan listrik yang ditinggalkan oleh BMW i3. Versi produksi dari MINI bertenaga baterai ini akan datang dari joint venture antara BMW dan Great Wall Motors bernama Spotlight Automotive, yang berbasis di Jiangsu, Tiongkok. Sementara produksi dari MINI EV sendiri tetap akan dilakukan di Oxford, Inggris.

Akan ada 13 Model Lainnya di 2023

Jajaran kendaraan listrik pembuat mobil Jerman yang berkembang adalah alasan di balik penghentian i3; “Pada akhir tahun ini, BMW Group akan memiliki enam model bertenaga listrik di pasar, dengan jumlah itu bertambah menjadi 13 pada 2023,” kata juru bicara BMW Inggris kepada Autocar. Konsumen EV saat ini menginginkan city car yang “didesain secara sempurna” untuk berkendara di perkotaan, atau kendaraan yang kompak namun luas untuk gaya hidup aktif. Masing-masing kebutuhan tersebut akan digantikan oleh MINI Electric atau BMW iX1. Oleh karena itu, BMW memutuskan untuk menghentikan produksi i3.

Nah, bagaimana menurut kalian? sampaikan di kolom komentar.

Read Prev:
Read Next: