Kamaz : Pabrikan Truk Rusia Yang Akan Berinvestasi di Indonesia

by  in Berita&International&Kamaz
Kamaz : Pabrikan Truk Rusia Yang Akan Berinvestasi di Indonesia
0  komentar

AutonetMagz.com – Kalau kita bicara masalah otomotif di Russia, maka ada satu nama pabrikan yang cukup terkenal, yaitu Lada. Nah, namun Lada sendiri memang tak dijual di Indonesia, karena memang tak masuk ke tanah air. Lalu, apakah ada merk asal Rusia yang masuk ke Indonesia? Jawabannya adalah, Ada. Yap Merk ini sendiri bernama Kamaz, dan merk Kamaz sendiri adalah perusahaan yang memproduksi truk. Yuk kita bahas lebih lanjut.

Mengutip pemberitaan via CNN Indonesia, Kamaz adalah produsen truk terbesar di Rusia yang sudah menjual produknya di Indonesia sejak tahun 2014 silam. Lumayan lama untuk tidak disadari. Yap, nama Kamaz sendiri memang masih cukup asing di telinga kita, namun kenyataannya brand ini sudah eksis selama 4 tahun di negeri kita tercinta. Pada tahun 2014 silam, Kamaz sendiri masuk ke tanah air dengan menggandeng PT Tehnika INA dan PT Pindad. Dan selama ini pihak Kamaz sempat meminta kepada Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) untuk ikut serta dalam GIIAS, seperti yang disampaikan oleh Sekretaris Jendral Gaikindo Bapak Kukuh Kumara. Namun sayangnya, kala itu Kukuh menyatakan bahwa kuota eksibitor sudah penuh dan tak memungkinkan untuk menambah peserta.

Pihak Kamaz sendiri juga sangat berniat untuk berinvestasi di Indonesia, dimana investasi ini merujuk pada pembangunan pabrik perakitan di Indonesia. Yap, Kamaz berminat untuk merakit lokal produk – produknya di Indonesia, sebuah hal yang nampaknya cukup menjadi tren beberapa waktu terakhir ini semenjak pihak Wuling dan Sokon memulai membangun pabrik perakitan mereka di Indonesia. Kukuh menjelaskan bahwa selama ini sudah ada tiga kali pertemuan antara pihak Gaikindo dan Kamaz untuk membahas peluang mengenai pembangunan pabrik Kamaz di Indonesia, dan yang terbaru adalah di momen sebelum lebaran tahun 2018 kemarin. Kamaz sendiri memang melihat potensi yang cukup besar di Indonesia untuk memasarkan dan memproduksi sendiri produk – produknya.

Oiya, Kamaz sendiri adalah salah satu pabrikna truk yang punya banyak prestasi. Pabrikan asal Rusia ini pernah memenangi ajang Rally Paris Dakkar sebanyak 10 kali. Bahkan, pada 2014, mereka berhasil meraih juara pertama. Truk Kamaz dengan penggerak jenis all wheel drive-nya merupakan salah satu truk terbaik di dunia, menurut klaim Presiden Direktur PT Tehnika INA, Panca Tazakka. Sejauh ini, ada empat tipe truk Kamaz yang masuk ke Indonesia, yakni dua tipe all wheel drive dan dua tipe lainnya prime mover, yakni tipe 6520 (6X4) – dump truck, tipe 6460 (6X4) – tractor head, tipe 4326 (4X4) – cargo/passenger, dan tipe 43118 (6X6) – cargo/passenger. Pihak Kamaz sendiri melihat bahwa Perusahaan tambang yang berada di Indonesia timur dinilai sebagai salah satu pembeli potensial.

Nah, apakah Kamaz akan segera membangun pabriknya di Indonesia? Kita tunggu saja. Yang jelas, jikalau benar pihak Kamaz akan membangun pabrik di Indonesia, maka kesimpulannya adalah Indonesia kini sedang menjadi magnet bagi pabrikan luar untuk menanamkan modal berupa investasi pabrik perakitan. Bagaimana menurut kalian? Yuk sampaikan pendapat kalian.

Sumber Gambar : RusAutoNews

Read Prev:
Read Next: