Bingung Memilih Ban yang Cocok Untuk Mobil Listrik? Dunlop Punya Solusinya!

by  in  Aftermarket & Berita & Nasional
Bingung Memilih Ban yang Cocok Untuk Mobil Listrik? Dunlop Punya Solusinya!
0  komentar

AutonetMagz.com – Bila dibandingkan dengan komponen-komponen lainnya pada mobil listrik seperti baterai dan motor listrik, ban seperti kurang mendapatkan perhatian. Padahal, peran ban dalam kinerja dan efisiensi mobil listrik juga tak bisa diremehkan. Ban yang tepat dapat meningkatkan jarak tempuh, kenyamanan berkendara, serta keselamatan. Lantas apa sajakah yang harus diperhatikan ketika memilih ban untuk mobil listrik? mari kita bahas lebih lanjut!

Kriteria dan Hasil Uji Coba

Pertama, ban yang dirancang khusus untuk mobil listrik biasanya memiliki hambatan gulir yang lebih rendah. Sehingga energi yang dibutuhkan untuk menggerakkan mobil berkurang dan dapat menempuh jarak yang lebih jauh. Kedua, karena mobil listrik biasanya memiliki torsi yang instan dan kuat, ban juga harus bisa menahan hal tersebut agar keausan ban tidak cepat terjadi. Lalu, mobil listrik terkenal dengan pengendaraan yang senyap. Sehingga, ban harus mampu meminimalkan road noise yang masuk ke kabin.

Menjawab hal tersebut, Dunlop mengadakan road test pakai Hyundai Ioniq 5. Tes berlangsung non-stop selama 1 Bulan dengan rute Jakarta-Semarang. Mobil tersebut dipasangkan ban Dunlop SP Sport LM705 dan ban OEM bawaan mobil sebagai perbandingan. Bagaimana hasilnya? Ban Dunlop SP Sport LM705 ini tidak hanya mampu menahan bobot ekstra mobil listrik, tetapi juga berhasil meredam getaran dan kebisingan dengan baik. Selain itu, hambatan gulirnya juga rendah sehingga mendukung efisiensi tenaga untuk memperpanjang jarak tempuh.

Bisa Pakai Dunlop SP Sport LM705!

Road test ini bertujuan untuk menguji secara objective performance dari Dunlop Sp Sport LM705 pada mobil EV Hyundai Ioniq 5. dengan hasil yang mengesankan ini, konsumen pengguna mobil EV di Indonesia memiliki alternative ban pengganti yang tepat yaitu Dunlop SP Sport LM705,” ujar Tomohiro Senna, Sales & Marketing Director PT Sumi Rubber Indonesia.

Kesuksesan uji coba ini memberi kabar baik bagi pemilik mobil listrik di Indonesia. Maklum, sebagian besar mobil listrik termasuk ban sebagai komponennya masih menjadi komoditas import. Sehingga, terkadang konsumen susah mendapatkan barang dan sering kali harus merogoh kocek lebih dalam. Dengan Dunlop SP Sport LM705, ban ini bisa menjadi solusi. Anda hanya tinggal menyesuaikan ukurannya dengan mobil yang anda pakai.

Read Prev:
Read Next: