Benarkah Mesin Honda Mobilio Sama Dengan Mesin Honda Jazz dan Freed?

by  in Honda&Mobil Baru&Nasional
Benarkah Mesin Honda Mobilio Sama Dengan Mesin Honda Jazz dan Freed?
0  komentar
Mesin Honda City 2014

Jakarta, AutonetMagz – Selama ini banyak info menyesatkan yang beredar mengenai mesin Honda Mobilio MPV terbaru ini menggunakan mesin yang sama dengan mesin Honda Jazz dan Honda Freed yang saat ini tengah dipasarkan oleh PT Honda Prospect Motor.

Kali ini kita akan mengupas tuntas bahwa sebenarnya antara mesin Honda Jazz yang digunakan di Honda Freed sebenarnya sangat berbeda dengan mesin Honda Mobilio, simpelnya bisa kita lihat pada kode mesinnya yang memiliki perbedaan kode buntut. Jika Honda Jazz dan Honda Freed menggunakan mesin berkode L15A, sedangkan Honda Mobilio menggunakan mesin dengan kode L15Z1 yang sama seperti pada Honda City 2014 baru yang sudah diluncurkan di Thailand dan India.

Tenaga yang dihasilkan masing-masing juga berbeda diantara keduanya. Honda Mobilio memiliki tenaga mesin sebesar 118 PS pada 6.600 Rpm dan torsi yang menjanjikan di angka 145 Nm pada 4.600 Rpm.

Honda Mobilio Engine

Nah pada Honda Jazz tenaga mesinnya lebih besar dengan output tenaga 120 PS pada 6.600 Rpm dan torsi sebesar 145 Nm pada 4.800 Rpm. Terlihat sepertinya mesin Honda Jazz lebih unggul? Sebenarnya tidak juga, karena mesin Honda Mobilio sudah mendapatkan banyak ubahan dan penyempurnaan untuk menghasilkan konsumsi bahan bakar yang lebih baik dibandingkan dengan performa mesin.

Pada Honda Mobilio tenaga mesin yang didapat lebih merata mulai dari putaran bawah dan putaran atas berkat teknologi Lo-Hi VTEC yang bekerja di putaran atas dan bawah. Begitupula dengan penggunaan double needle plug dan low tension oil seal serta piston yang lebih rendah gesekan karena penggunaan zigzag pattern coating.

Penurunan bobot mesin kendaraan juga menjadi salah satu faktor yang diperhitungkan oleh Honda dengan memberikan resin intake terintegrasi dengan bahan plastik seperti yang digunakan pada mobil masa kini. Nah, terus kenapa tenaga mesinnya lebih kecil dibandingkan Honda City 2014 yang ada di India? AutonetMagz berasumsi pengurangan tenaga tersebut mungkin diakibatkan oleh penyesuaian yang dilakukan Honda Indonesia karena masih banyak yang menggunakan BBM bersubsidi di kelas LMPV (Low Multi Purpose Vehicle) ini.

Jadi meskipun Honda Mobilio memiliki mesin yang berbeda dengan Honda Jazz dan Honda Freed, sebenarnya tidak perlu khawatir karena mesin L15Z1 adalah mesin baru pengembangan dari L15A yang lebih advanced dan lebih hemat bahan bakar. Itu baru bicara mesin saja, belum transmisinya loh! Monggo dilihat penjelasan gambar yang kami kutip dari Indianautosblog pada saat launching Honda City 2014 di India.

For article in english, please click below

Is Honda Mobilio Engine Similar With Honda Jazz Engine ?

Read Prev:
Read Next: