Barisan Mobil Konsep Daihatsu Siap Menuju Tokyo Motor Show 2017

Barisan Mobil Konsep Daihatsu Siap Menuju Tokyo Motor Show 2017
0  komentar

AutonetMagz.com – Seperti yang sering kami sebutkan, sebuah pameran otomotif kelas dunia memang sarat dengan gengsi dan juga unjuk kebolehan para pabrikan otomotif dunia. Selain menunjukkan produk – produk terbaru, so pasti ada pula deretan mobil – mobil konsep yang dipajang oleh tiap pabrikan. Sebuah mobil konsep tak hanya menjadi media pabrikan untuk menuangkan ide masa depan, namun juga bukti teknologi terkini yang mereka miliki. Dan salah satu yang ikut memajang produk – produk konsepnya adalah Daihatsu.

Total ada lima produk konsep dari Daihatsu yang dipersiapkan untuk menuju Tokyo Motor Show 2017 mendatang, dan dari lima produk itu, ada satu produk yang sudah kita kenal, yaitu Daihatsu DN Multisix yang diperkenalkan pertama kali pada Gaikindo Indonesia International Auto Show 2017 lalu. Jadi dari lima produk tersebut, empat produk benar – benar baru dan akan melakukan world premiere di TMS 2017. Namun sayangnya tak ada Daihatsu DN-F Sedan yang terlihat sangat cakep di GIIAS 2017 lalu Keempat produk selain Daihatsu DN Multisix adalah Daihatsu DN Compagno, Daihatsu DN ProCargo, Daihatsu DN TREC, dan Daihatsu DN U-SPACE.   

Yuk kita bahas satu persatu dari produk – produk konsep Daihatsu ini. Pertama adalah Daihatsu DN Compagno, mobil ini memiliki desain yang agak nyeleneh, atap mobil ini mengingatkan pada Audi TT atau Peugeot RCZ dengan bagian body lainnya yang agaknya kurang sedap dipandang. Daihatsu DN Compagno dibangun dengan konsep “Compact 4 door coupe for active senior” yang terinspirasi dari desain Compano di tahun 1963. Jadi bisa dikatakan mobil ini menyasar para senior jika nantinya diproduksi. Daihatsu DN Compagne menggunakan mesin 1.000cc ataupun 1.200cc Hybrid dengan transmisi otomatis CVT dan penggerak roda depan.

Selanjutnya adalah Daihatsu DN ProCargo, yang seperti namanya jelas mengutamakan ruang kargo untuk mengangkut barang atau orang. Daihatsu DN ProCargo sendiri memiliki ban kecil sehingga lantai mobil ini pun cukup rendah. Oleh karena itu, Daihatsu mengklaim bahwa mobil berjenis EV alias mobil listrik ini bisa digunakan sebagai kantor ataupun klinik berjalan yang bisa mengakomodir keperluan pekerjaan di dalam kabinnya. Baterai dan motor dari Daihatsu DN ProCargo sendiri diletakkan di sisi bawah lantai mobil. DImensi dari mobil ini pun cukup unik dengan tinggi mencapai 1,6 meter.

Berikutnya adalah salah satu mobil konsep yang kami pribadi suka, yaitu sebuah crossover bernama Daihatsu DN TREC. Daihatsu DN TREC sendiri hadir dengan perawakan yang cukup tanggguh, namun dengan sejumlah bagian yang nampak mirip rival – rivalnya. Katakanlah atap yang mengingatkan kita pada Suzuki Ignis, serta garis desain belakang yang mirip dengan produk – produk VW. Namun secara keseluruhan Daihatsu DN TREC tampil dengan meyakinkan untuk direalisasikan. Daihatsu DN TREC sendiri mengusung mesin 1.200cc Hybrid yang juga bisa digantikan oleh mesin 1.000cc biasa. Kehadiran versi 4WD untuk mobil ini pun dikabarkan juga memungkinkan di kemudian hari.

Selanjutnya adalah Daihatsu DN U-SPACE yang hadir sedikit berbeda dibandingkan dengan Daihatsu DN ProCargo. Daihatsu DN U-SPACE ditujukan untuk para mama – mama yang membutuhkan mobil fungsional untuk berbelanja ataupun mengantar jemput anak. Desainnya yang mungil dan unyu – unyu ditunjang dengan kepraktisan interior seperti walk-through passenger seat, lalu pintu dengan bukaan yang lebar dan juga hadirnya panoramic roof yang membuat mobil ini semakin lega. Daihatsu DN U-SPACE sendiri dipersenjatai mesin yang ringkas, yaitu berkubikasi 660cc dengan transmisi CVT dan penggerak roda depan.

Terakhir adalah Daihatsu DN Multisix yang sudah kita kenal, bahkan kita lihat langsung di GIIAS 2017 lalu. Mobil ini digadang – gadang akan menjadi the next avanza-xenia yang akan memberikan kejutan di tahun depan. Tentunya mobil ini dipersenjatai mesin 1.500cc seperti LMPV pada umumnya, namun kali ini tak lagi menggunakan RWD, namun menggunakan FWD, mau perang lagi? Perang FWD vs FWD kalau begitu. Daihatsu DN Multisix sendiri hadir dengan tiga baris tempat duduk, dan sesuai namanya akan mampu membawa 6 orang penumpang.

Jadi itulah kelima produk konsep dari Daihatsu, dan tentunya memang pabrikan ini selalu membawa produk – produk menarik macam ini. Sayangnya memang tak semua produk konsep dari Daihatsu masuk ke jalur produksi. Kami sendiri berharap setidaknya Daihatsu DN Multisix dan Daihatsu DN TREC akan masuk ke jalur produksi dan dijual di tanah air. Alasannya simpel, kedua produk ini ada di segmen yang disukai oleh masyarakat Indonesia. Bagaimana jika menurut kalian? Yuk sampaikan pendapat kalian kawan.

Read Prev:
Read Next: