Ban Baru Goodyear Buktikan Diri Lewat Tire Trial

by  in Event&Nasional
Ban Baru Goodyear Buktikan Diri Lewat Tire Trial
0  komentar

AutonetMagz.com – Setelah tahun lalu memperkenalkan ban Assurance TripleMax untuk small SUV/crossover, Goodyear Indonesia membawa lagi varian ban baru yang lagi-lagi menyasar pasar SUV. Dijuluki EfficientGrip Performance SUV, ban ini dipatok Goodyear sebagai ban yang mayoritas didesain untuk jalan mulus namun dibumbui sedikit kebolehan untuk jalan rusak, terjal dan berbatu. Hanya sedikit? Iya, ini ban radial lho, bukan ban pacul.

Menggandeng klub SUV Brotherhood Indonesia, beberapa SUV seperti Mitsubishi Pajero Sport, Nissan X-Trail, Chevrolet Captiva dan Toyota Fortuner akan jadi kelinci percobaan “sepatu baru” ini. Dijajal di arena arah Gunung Mas, Puncak, tes pertama adalah tes pengereman dari kecepatan 40-60 km/jam. Truk air yang sudah disediakan sejak awal untuk membasahi aspal langsung tak berguna, karena hujan sungguhan yang deras langsung turun. Pas sekali untuk mencoba ban ini.

Selain dari faktor semua mobil di sini sudah ber-ABS, setiap pengereman dari kecepatan 40 hingga 60 km/jam bisa dieksekusi dengan baik dan mobil masih mudah dikuasai. Sayang, tidak ada alat bantu ukur yang bisa menyampaikan seberapa baik pengeremannya dalam satuan meter. Hari kedua adalah tes slalom yang dikondisikan dengan separuh aspal kering dan separuh aspal basah.

Sesuai ekspektasi, uji coba handling via trek slalom yang disediakan sama sekali bukan tantangan berat bagi ban EfficientGrip Performance SUV ini. Menurut Goodyear, bahu ban didesain lebih besar dan lebih kuat dengan garis tengah yang lebih lebar untuk peningkatan keseimbangan area kontak dan rute evakuasi air sehingga memperbaiki pengereman pada jalan basah dan meningkatkan keamanan dalam berkendara.

Bebin Djuana, pencinta otomotif yang ikut menjajal kehandalan ban mengatakan ,”Kata Performa pada tipe ban ini, sudah mencerminkan kelasnya sendiri. Artinya ban ini harusnya sesuai digunakan untuk kendaraan SUV performa tinggi dan bobot besar, apalagi untuk kendaraan sejenis yang berada di mid ataupun lainnya“.

Untuk saat ini, Goodyear memasarkan ban EfficentGrip Performance SUV ini mulai dari ukuran ring 17 inci, dan ia menyasar pasar-pasar medium SUV. Entah itu SUV ladder frame seperti Everest atau SUV monokok seperti CR-V, selama ukuran peleknya pas dengan ukuran bannya, pasti bisa pakai ban ini. Mumpung musim ini hujannya lagi gila-gilaan, sepertinya boleh dipertimbangkan ban lansiran Goodyear ini, apalagi kalau banmu sudah habis. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: