Bagaimana Jika Ford Mustang EcoBoost Diberi Bensin Sekelas Premium?

by  in Berita&Ford&International
Bagaimana Jika Ford Mustang EcoBoost Diberi Bensin Sekelas Premium?
0  komentar
Ford Mustang GT tahun 2015

AutonetMagz.com – Bukan rahasia lagi kalau mesin modern jaman sekarang sudah tidak cocok menggunakan bensin berkualitas rendah dengan nilai oktan di bawah 90. Penasaran seberapa besar pengaruhnya jika kita memakai bensin oktan rendah di mobil baru kita? Kali ini tim dari Mustang6G dengan senang hati melakukan riset untuk publik. Tak tanggung-tanggung, mobil yang menjadi kelinci percobaan adalah Ford Mustang terbaru.

Namun karena sayang jika memakai Mustang V8, unit yang dites adalah versi EcoBoost 2.300 cc 4 silinder turbo. Sejatinya mesin ini disiapkan untuk meminum bensin oktan 93 agar bisa menghasilkan potensi terbaiknya, yaitu tenaga 310 HP dan torsi 433 Nm. Lalu bagaimana jika diisi bensin dengan oktan 87?

Ford Mustang GT 2014

Hasilnya cukup signifikan, Mustang yang diberi bensin oktan 87 tenaganya melemah jadi 275 HP, torsinya pun turun jadi 406 Nm. Kehilangan tenaga sebesar 35 HP dan torsi 27 Nm cukup besar efeknya, sebab jika tenaga mengecil, pengemudi akan cenderung menginjak gas lebih dalam untuk mendapat tenaga yang seharusnya ada saat memakai oktan 93, sehingga konsumsi BBM jadi lebih boros.

Grafik-Penurunan-tenaga-ford-mustang-ecoboost

Grafik dyno on-wheel Ford Mustang EcoBoost RON 93 vs RON 87

Selain itu, konsumen membeli Mustang EcoBoost untuk mendapat tenaga 310 HP, jadi jika diisi bensin oktan 87, kita tak akan merasakan tenaga dari seluruh uang yang kita bayarkan, sehingga jatuhnya malah jadi rugi. Pihak Mustang6G pun menyarankan untuk tetap memberi bensin RON 93 agar pengendara bisa merasakan seluruh tenaganya.

Bagaimana, masih mau memaksa kendaraan kesayangan anda menenggak bensin oktan rendah? Rugi bandar lho, lagipula bensin RON 92 harganya kini sudah tidak semahal kemarin.

Read Prev:
Read Next: