Teknologi Baru Lampu Laser BMW, Lebih Terang dan Lebih Jauh Jangkauannya

Teknologi Baru Lampu Laser BMW, Lebih Terang dan Lebih Jauh Jangkauannya
0  komentar

Teknologi lampu LED laser terbaru milik BMWAutonetMagz.com – Awal tahun 2015 ini, BMW memperkenalkan teknologi lampu terbarunya yang bernama Laserlight technology atau lampu dengan teknologi laser pada BMW M4 di ajang Consumer Electronic Show (CES) 2015 yang saat ini sedang berlangsung di Las Vegas.

BMW M4 Concept Iconic Lights yang ada pada gambar di atas ini sekaligus menjadi model pertama dalam penggunaan teknologi lampu laser BMW.

BMW masih mempertahankan ciri khas pada lampunya dengan dua bulatan garis yang melingkari lampu utamanya, namun pada teknologi lampu laser ini dapat dilihat dari cirinya berupa garis-garis halus berwarna biru yang ada di dalam lampunya.

Lampu mobil paling canggih tercanggih pakai teknologi laser milik BMW

Teknologi lampu tercanggih milik BMW saat ini tidak hanya diterapkan di headlamp depan saja, BMW pun menghadirkannya di stoplamp atau lampu belakang yang bernama OLEDs (Organic Light-Emitting Diodes) yang menghasilkan cahaya dari lapisan semikonduktor berupa penampang super tipis (hanya 1,4 mm) dari bahan organik.

Untuk pertama kalinya dalam industri otomotif, BMW menggunakan teknologi lampu Organic LEDs atau biasa disebut OLEDs. Kelebihannya, lampu belakang akan menghasilkan efek 3 dimensi yang indah jika dilihat. Keuntungan lain menggunakan OLED adalah bisa meminimalisir ruang (rumah lampu) karena ukuran dari penampang organic LED nya yang tipis, selain itu tentunya hemat energi.

Lampu OLED teknologi terbaru punya BMW

Di ajang CES 2015, BMW M mengatakan akan segera menggunakan lampu OLED ini untuk mobil produksinya dalam waktu dekat.

Selain faktor estetis yang dapat terlihat indah, teknologi lampu laser pada headlamp BMW M4 baru ini terintegrasi dengan beberapa Assistance System dan sensor kendaraan yang penggunaannya untuk Intelligent Lighting System atau sistem pencahayaan cerdas. Ini tentu saja sangat berguna untuk meningkatkan keamanan dan lenyamanan berkendara.

Sebagai contoh, teknologi ini nantinya dapat bekerja dengan sistem navigasi yang dapat menerangi sudut bagian samping depan mobil dengan lebih baik. Selain itu, fitur yang bernama Dynamic Light Spot yang juga berbasis laser yang digabungkan dengan penggunaan kamera inframerah dapat memberikan peringatan dini terhadap orang atau binatang di malam hari dari jarak hingga 100 meter di depan mobil, walaupun dalam kondisi gelap gulita sekalipun.

Jangkauan lampu laser OLED BMW jarak jauh bisa 600 meter

Lampu jauh dari teknologi laser ini bisa menyorot hingga jarak 600 meter, 2 kali lipat jangkauan cahayanya dari lampu konvensional. Cahaya yang dihasilkan pun tidak menyilaukan dan membuat mata sakit, karena sinar laser biru monokromatik diubah menjadi cahaya putih yang tidak berbahaya. Jika di ilustrasikan, cahaya putihnya seperti kondisi terang alami di siang hari.

Uniknya teknologi lampu laser ini bisa mendeteksi jika jalan di depan mobil makin menyempit, lampu otomatis akan menyempit juga arah pencahayaannya, Fungsi proyeksi laser akan menyesuaikan dengan kondisi lebar jalan jika kendaraan tersebut masuk ke ruang yang sempit, seperti terowongan atau gang misalnya.

BMW M4 Concept Iconic Lights 2015 wallpaper

Walaupun energi yang digunakan 30 persen lebih hemat, namun sinar yang dihasilkan dari lampu laser ini 10 kali lebih terang dari lampu halogen, xenon ataupun lampu LED yang ada saat ini.

BMW M4 Concept Iconic Lights ini juga akan memperkenalkan teknologi “visionary” system paling mutakhir melalui “High Power Laser” diode. Ini adalah teknologi lebih lanjut dan lebih canggih dari head-up display sistem yang kita kenal saat ini.

Teknologi newest head-up display terkini dan tercanggih milik BMW

Jadi sistem ini akan memproyeksikan segala informasi dari pengendara untuk dipancarkan langsung ke jalan di depan kendaraan, memungkinkan pengemudi untuk berkonsentrasi secara optimal terhadap lalu lintas di depannya bahkan dalam kondisi gelap sekalipun.

Dibawah ini video bagaimana lampu OLED BMW jika menyala.

Read Prev:
Read Next:

Iswahyudi Hanafiah Penyuka otomotif, selain itu ia juga memiliki kemampuan fotografi dan rendering di Photoshop. Namanya mulai sering muncul di beberapa tabloid & majalah cetak maupun online, untungnya bukan kolom kriminalitas atau konsultasi kesehatan melainkan rubrik otomotif karena hasil digital modificationnya. | twitter: @idoeyoedi

  • faris

    Teknologi bmw emang gk ada matinya. Harga berbanding lurus dgn inovasi. Mantab bener.