Audi Nyatakan Mundur dari Le Mans, Ada Apa?

Audi Nyatakan Mundur dari Le Mans, Ada Apa?
0  komentar

AutonetMagz.com – Kabar yang mengejutkan datang dari Audi, karena mereka sudah resmi mengumumkan bahwa mereka akan hengkang dari ajang FIA World Endurance Championship, dan itu termasuk mundur dari balapan 24 Hour Le Mans. Tentu saja ini membuat kaget, karena Audi termasuk salah satu merek yang riset balapan ketahanannya paling rajin. Mau bukti? Lihat saja Audi R10 V12 TDI, mobil Le Mans bermesin diesel.

Selama 18 tahun terakhir, lini depan Le Mans prototipe buatan Audi telah memenangkan 106 balapan dari 185 balapan yang ada, termasuk 13 kemenangan yang menakjubkan dalam lomba ketahanan di Prancis barat. Audi juga memenangkan World Endurance Championship dua kali dan gelar juara American Le Mans Series sembilan kali berturut-turut. Kini, itu semua berakhir  dengan penutupan musim ini.

abt-audi-formula-e

Pengumuman ini datang pada saat adanya pergolakan bagi Audi, masih memulihkan diri dari skandal emisi dieselgate. Sementara itu, saudara sebangsa dan serumah Audi, Porsche telah mengambil gelar juara dari Audi, memenangkan balapan 24 Hours Le Mans dua tahun terakhir, mengamankan gelar juara bagi pembalap dan produsen di WEC tahun lalu dan saat ini memimpin di klasemen juga , dengan mengandalkan Porsche 919 Hybrid.

Sisi baiknya, merek mobil berlogo gantungan gorden ini akan memfokuskan konsentrasi mereka pada Formula E, yang menurut Audi akan menjadi “Seri balap dengan potensi terbesar untuk masa depan.” Audi, yang telah mendukung tim ABT sejak awal seri dan mengintensifkan kerja sama untuk musim Formula E saat ini, sekarang sedang  “Berada di jalan menuju komitmen pabrikan penuh.”

audi-dtm-team

Apa yang tidak berubah adalah keterlibatan Audi di DTM, alias balapan touring Jerman. Di sana, Audi akan senggol bacok melawan 2 rival utamanya, Mercedes dan BMW. Audi juga akan tetap menjual mobil balap R8 dan RS3 tim balap privat, dan kemungkinan agenda Audi Sport TT Cup akan jalan terus. Tetapi mereka belum memutuskan mengenai keterlibatan masa depan di FIA World Rallycross Championship. Apa pendapatmu mengenai hengkangnya Audi? Sampaikan di kolom komentar.

Read Prev:
Read Next: