Aston Martin Cygnet Kini Ada Ekstraknya di China!

Aston Martin Cygnet Kini Ada Ekstraknya di China!
0  komentar
Dojo-Pioneer-Copycat-Aston-Martin

AutonetMagz.com – Seolah tak kenal istilah orisinalitas dalam kamus besarnya, China kerap kali menuai kontroversi akibat produk tiruannya yang suka menjiplak produk ternama, mulai dari pakaian hingga mobil. Setelah dihujani berbagai komentar akibat menjiplak Range Rover Evoque dan Audi A6, baru-baru ini beredar kabar bahwa salah satu pabrikan Electric Vehicle (EV) di China baru saja mengekstrak… Eh, maksud kami menjiplak desain Aston Martin Cygnet.

Adalah Jiangsu Dao Jue Industrial Corporation, pembuat mobil listrik kecil hasil jiplakan Cygnet yang merupakan hasil kerja sama antara Aston Martin dan Toyota. Dinamai Dojo Pioneer, EV dengan bobot 0,8 ton ini memiliki tampilan depan yang mirip dengan Cygnet, namun dari samping dan belakang, ia mirip Daewoo Matiz. Mobil ini hanya dibekali mesin listrik bertenaga 13,4 HP saja.

Dojo-Pioneer-Mirip-Aston-Martin-Cygnet

Mengingat tenaganya yang kecil dan ini bukan performance car, jadi tak usah komplain kalau performanya terdengar menyedihkan. Top speednya saja hanya 50 km/jam, dan itu di bawah batas minimum kecepatan jalan tol di Indonesia. Jadi bila mobil ini bisa masuk ke Indonesia, sebaiknya tidak usah dibawa ke jalan tol, karena bisa membuat pengendara lain kesal saking lambatnya.

Meski begitu, setidaknya jarak tempuhnya terbilang lumayan, cukup untuk menempuh 120 kilometer saat baterai 220 voltnya dalam kondisi penuh, setara dengan Mitsubishi i-MIEV. Layaknya mobil listrik bertenaga baterai lainnya, pengisian energinya lumayan lama. Dalam waktu 8 jam saja, mobil ini baru terisi 80 persen, jadi mungkin butuh waktu hingga setengah hari untuk mengisi dari kosong hingga penuh.

Dojo-Pioneer-dan-Aston-Martin-Cygnet

Mungkin pembaca setia AutonetMagz akan bertanya-tanya, bagaimana dengan Ford yang grilnya juga mirip Aston Martin, khususnya Fiesta? Tak perlu buru-buru berprasangka, sebab Ford pernah memiliki saham di Aston Martin, jadi tidak terlalu masalah jika ada kemiripan antara gril Fiesta dengan Aston Martin, sebab Ford-lah pemegang sahamnya dan ini tidak melanggar perjanjian antara keduanya.

Bagaimana tanggapan Aston Martin mengenai produk kloningan ini? Rupanya Aston Martin cuek saja, mengingat Cygnet sudah stop produksi karena tidak laku jika dibanding kembarannya, Toyota iQ. Apalagi Aston Martin juga terpaksa membuat Cygnet agar mereka bisa lolos dari pajak ekstra akibat emisi produk mereka yang tinggi.

Yah, ada-ada saja yah tingkah orang-orang dari negeri tirai bambu ini. Bagaimana menurut pembaca sekalian? Berikan komentar anda!

Photo Credit : Carnewschina.com

Read Prev:
Read Next:
  • oki syauqi

    Ohh.. jadi dia cuek? Sekalian aja dimiripin semuanya, biar jadi cygnet kw3

  • monk!!

    Bisa gak indonesia bikin mobil plagiat gitu??
    Kyak dulu lgi bikin karoseri!!