First Impression Review Honda HR-V Prestige by AutonetMagz

by  in Honda&Nasional&Review
First Impression Review Honda HR-V Prestige by AutonetMagz
0  komentar
Honda-HRV-Prestige-Indonesia

Jakarta, AutonetMagz – Setelah lama dan membuat hati gundah gulana karena penasaran untuk melihat lebih dekat Honda HR-V Prestige, akhirnya Honda memberikan kesempatan kepada rekan-rekan media untuk melihat mobil ini lebih dekat. Nah, karena Honda HR-V terbagi ke dalam dua buah pilihan mesin dan perbandingan harga yang jauh berbeda antara tipe mesin 1.500 cc dan 1.800 cc. Maka kali ini AutonetMagz akan membagi first impression review Honda HR-V Prestige 1.8 L dan Honda HR-V 1.5 L ke dalam 2 buah artikel, di artikel kali ini, kita akan membahas tipe 1.8 L Prestige.

Headlampe-Honda-HRV-Prestige-LED-DRL

Desain eksterior Honda HR-V tipe Prestige ini sebenarnya sama saja dengan Honda HR-V yang memiliki mesin 1.5 L. Hanya saja perbedaan elemen-elemen desain yang ada di dalamnya serta penggunaan warna membuatnya terlihat lebih mewah. Lihat saja lampu depannya yang memiliki LED DRL & LED Projection headlamp dengan 2 buah projetor kotak lengkap dengan auto leveling seperti sebuah Honda Accord.

Honda-HR-V-Prestige-Pelek-Rims

Penggunaan velg yang berbeda dengan tipe 1.5 juga membuat tipe Prestige semakin mewah dengan warna two tone dan 5 buah palang meskipun masih sama-sama menggunakan velg berukuran 17 inchi dan ban dengan Dunlop SP Sport Maxx 215/55. Namun berbeda dengan Honda Jazz dan Honda City, Honda HR-V telah dilengkapi dengan 4 buah rem cakram di bagian depan dan belakang. Varian Prestige ini juga memiliki perbedaan pada body moulding plastik yang di varian 1.5 dibiarkan memiliki warna hitam plastik, di varian Prestige dibuatnya menjadi sewarna bodi.

Muffler-Cutter-Honda-HRV-Prestige

Perbedaan lainnya di sisi eksterior ada pada penggunaan tail pipe finisher dan penggunaan atap berwarna hitam karena adanya fitur Panoramic Sunroof yang cukup menarik perhatian, karena Honda HR-V adalah mobil Honda pertama di Indonesia yang menggunakan fitur Panoramic Sunroof. Oh ya, Honda HR-V juga sudah dilengkapi dengan shark fin antenna yang membuatnya semakin sporty.

Dashboard-Honda-HRV-Prestige-18-L

Masuk ke dalam interior Honda HR-V, kami merasakan kesan mewah ketika duduk di kursi penumpang depan. Mulai dari model interior, penggunaan material bahan kulit yang menyelimuti jok serta door trim membuatnya terlihat outstanding dibandingkan dengan rival-rivalnya yang terlihat sudah mulai membosankan.

Honda-HR-V-Prestige-Interior-Dashboard

Tentunya perasaan mewah ini hadir tidak lain karena penggunaan interior yang memiliki banyak rona kulit di bagian jok, dashboard, center console hingga door trim di Honda HR-V ini. Meskipun sebenarnya di bagian dashboard dan center console yang memiliki warna gading bukanlah kulit asli, melainkan plastik yang sangat lembut dan memiliki finishing dan motif jahitan layaknya kulit dan jahitan asli, bahkan ketika anda menyentuhnya sekalipun rasanya seperti kulit asli.

Honda-HRV-Prestige-Door-Trim

Seperti yang kami katakan, bahwa Honda HR-V terasa sangat mewah dari segi interiornya berkat penggunaan bahan kulit di bagian door trim. Di varian Honda HR-V Prestige, kita mendapatkan door trim dengan bagian atas full kulit berwarna hitam dan bagian arm rest door trim yang dilengkapi dengan kulit berwarna gading. Penggunaan aksen chrome pada door handle juga membuat mobil ini terasa mewah.

[su_custom_gallery source=”media: 23639,23640″ limit=”2″ link=”attachment” width=”300″ height=”300″ title=”never”][su_custom_gallery source=”media: 20192,20167″ limit=”2″ link=”attachment” width=”300″ height=”300″][/su_custom_gallery]

Penggunaan kulit juga berlanjut ke jok kursi Honda HR-V. Bentuk kursi dari Honda HR-V ini cukup suportif dan mampu menopang punggung pengemudi dengan sangat baik, asyiknya lagi busa yang diberikan di Honda HR-V ini sangat empuk meskipun memberikan kesan murahan seperti Honda Mobilio, akibatnya jika kursi terkena benda-benda yang memiliki siku tajam, busa kursi membutuhkan waktu untuk kembali ke wujud semula.

Honda-HRV-Prestige-Steering-WheelDari sudut pandang pengemudi, interior Honda HR-V ini dibuat lebih ber-orientasi kepada pengemudi, lihat saja desain center cluster dashboard yang mengarah ke pengemudi dan instrumen kemudi yang diberikan berbagai aksen untuk menghibur pengemudi. Kita juga mendapatkan steering switch control, paddle shifter, cruise control, tilt and telescopic steering dan speedometer futuristik. Di varian Prestige ini juga Honda memberikan 6 buah airbags untuk melindungi pengemudi dan penumpang depan.

Honda-HRV-Prestige-Speedometer[su_custom_gallery source=”media: 23638,23634″ limit=”2″ link=”attachment” width=”300″ height=”300″ title=”never”][su_custom_gallery source=”media: 20192,20167″ limit=”2″ link=”attachment” width=”300″ height=”300″][/su_custom_gallery]

Seperti halnya Honda Jazz, Honda HR-V juga dibekali dengan speedometer yang menarik perhatian dengan MID yang cukup advanced dan berdesain menarik. Uniknya lagi kita juga akan menemukan sebuah ring besar melingkari penunjuk kecepatan yang akan berubah warna sesuai dengan gaya berkendara pengemudi.

[su_custom_gallery source=”media: 23642,23637″ limit=”2″ link=”attachment” width=”300″ height=”300″ title=”never”][su_custom_gallery source=”media: 20192,20167″ limit=”2″ link=”attachment” width=”300″ height=”300″][/su_custom_gallery]

Disamping kanan kiri pengemudi, Honda memberikan tombol Push Start Stop Engine berwarna merah untuk menyalakan mesin, sedangkan di samping sebelah kanan kita akan menemukan tombol bundar untuk mematikan VSA (stability control) yang tidak lazim, karena di versi Honda HR-V Jepang, Thiland dan US, kita akan mendapatkan sebuah tombol ECON berwarna hijau di lingkaran bundar tersebut dan untuk mematikan VSA diletakan di salah satu diantara 3 buah slot tombol persegi dibawahnya.

Honda-HRV-Prestige-Head-Unit-Kenwood

Untuk head unit, kita memang akan mendapatkan head unit after market biasa yang dapat kita temukan dengan mudah di pasaran. Untungnya head unit ini sudah cukup lengkap karena sudah memiliki teknologi Bluetooth, port HDMI untuk mirroring screen smartphone dan kamera mundur. Sayangnya masih sangat jauh jika kita membandingkan dengan versi Thailand yang mendapatkan Siri Eyes Free, GPS Navigasi dan 3 mode rear camera. Meskipun begitu ini sudah jauh lebih advanced dibandingkan dengan versi HR-V 1.500 cc yang bahkan belum dilengkapi dengan Bluetooth sekalipun.

Honda-HRV-Prestige-AC-DigitalSeperti halnya Honda City terbaru yang telah dilengkapi dengan AC digital, di Honda HR-V juga telah memilikit fitur tersebut, tombol-tombolnya pun juga dibuat buttonles seperti layaknya layar touchscreen. Sayangnya dia belum dilengkapi dengan dual zone AC meskipun memiliki harga 355 juta Rupiah.

Honda-HRV-Prestige-HDMI-Cable

Kabel untuk menyambung USB Port dan HDMI tersedia dibalik glove box yang memiliki ukuran cukup luas. Honda juga memberikan aksen yang cukup mewah lewat bukaan glove box yang diberi pemberat agar bisa terbuka secara halus, tidak jatuh seperti kompetitonya.

Tempat-Penyimpanan-Honda-HRV-Prestige

Hal menarik lainnya ada pada desain center console yang dibuat tinggi seperti layaknya di dalam sebuah sportscar dengan atap dan ground clearance rendah. Honda juga membuat center console ini seperti melayang dengan memberikan sebuah ruang penyimpanan kecil dibawahnya, lengkap dengan sebuah port power outlet 12 V.

Honda-HR-V-Prestige-Electronic-Parking-Brake

DI center console ini kita juga akan menemukan Electronic Parking Brake yang lengkap dengan Auto Brake Hold, yaitu fitur yang akan mengaktifkan rem tangan secara otomatis ketika kita berhenti di tanjakan agar mobil tidak meluncur kebawah, begitupula dengan Hill Start Assist menjadi fitur standar di seluruh varian Honda HR-V.

[su_custom_gallery source=”media: 23656,23657″ limit=”2″ link=”attachment” width=”300″ height=”300″ title=”never”][su_custom_gallery source=”media: 20192,20167″ limit=”2″ link=”attachment” width=”300″ height=”300″][/su_custom_gallery]

Honda HR-V juga memiliki kompartemen cup holder yang cukup unik dan cerdas, karena ukuran kedalaman dari cup holder bisa diatur sesuai dengan keinginan penumpang. Sehingga kita bisa mengatur untuk menaruh minuman botol atau minuman kaleng dengan mudah tanpa harus kesulitan mengambilnya karena tingginya sudah disesuaikan.

Honda-HRV-Prestige-Center-Console-Storage[su_custom_gallery source=”media: 23654,23653″ limit=”2″ link=”attachment” width=”300″ height=”300″ title=”never”][su_custom_gallery source=”media: 20192,20167″ limit=”2″ link=”attachment” width=”300″ height=”300″][/su_custom_gallery]

Honda HR-V juga memiliki arm rest sekaligu sebagai penutup console box, kita dapat memajukan dan memundurkan arm rest untuk mengambil minuman yang berada di dalam cup holder. Sayangnya meskipun center console dibuat tinggi, ternyata ruang penyimpanannya sangat sempit.

Honda-HRV-Prestige-Panoramic-Sunroof

Seperti yang kami katakan, Honda HR-V telah dilengkapi dengan Panoramic Sunroof yang dilengkapi dengan penutup eletrik dan bisa dibuka secara elektrik, tidak seperti Mitsubisho Outlander Sport yang hanya menggunakan Panoramic Roof, kita bisa membuka bagian depan kaca mobil ini meskipun sebuah pilar besar berwarna hitam ditengahnya cukup mengganggu pemandangan.

[su_custom_gallery source=”media: 23628,23624″ limit=”2″ link=”attachment” width=”300″ height=”300″ title=”never”][su_custom_gallery source=”media: 20192,20167″ limit=”2″ link=”attachment” width=”300″ height=”300″][/su_custom_gallery]

Honda juga memberikan detailing menarik pada lampu depan dan lampu belakangnya yang dibuat mewah seperti sedan mewah Jerman, sayangnya lampu ini hanya tersedia di varian Prestige saja karena memiliki pengontrol panoramic sunroof serta tirai penutupnya.

Honda-HRV-Karat

Sebelum beralih ke kursi belakang, kami menemukan detail yang menarik pada nomor rangka Honda HR-V yang memiliki karat meskipun sudah dilapisi dengan cat. Hmm, mungkin ini karena proses produksi yang kurang baik saat inspeksi kendaraan. Sama seperti Honda Jazz, kita akan menemukan nomor rangka tepat berada dibawah kursi pengemudi.

Honda-HRV-Prestige-Rear-Seat-Position

Duduk di kursi belakang, kita akan mendapatkan ruang belakang yang sama leganya seperti Honda Jazz, posisinya juga cukup nyaman meskipun masih terasa terlalu tegak karena Honda HR-V hanya menyediakan 2 buah step reclining. Untungnya Honda memberikan arm rest tengah dan Ultra Seat yang terbagi menjadi refresh mode (menyambung kursi depan dengan kursi belakang), tall mode (menegakan dudukan kursi belakang) dan utility mode yang dapat membuat kursi belakang terlipat rata lantai. Ini berkat penggunaan sharing platform dengan Honda Jazz yang memiliki tangki bbm dibawah kursi depan.

Honda-HRV-Prestige-Leather-Seat

Sayangnya di bagian kursi belakang Honda memberikan kursi yang sangat tipis, pengerjaannya juga kurang presisi dari segi dimensi, lihat saja gap antara kursi kanan dan kiri bagian belakang terdapat celah yang sangat besar dan busa dari kursi ini mudah di lekukkan oleh tangan.

Honda-HRV-Prestige-Rear-Storage-SpaceSoal kapasitas bagasi, Honda memang rajanya untuk urusan hal ini, Honda HR-V memiliki bagasi sebesar 688 liter dalam keadaan kursi belakang ditegak-kan dan dapat ditambahkan hingga 1.665 liter dalam kondisi kursi belakang dilipat rata lantai.

[su_custom_gallery source=”media: 23636,23630″ limit=”2″ link=”attachment” width=”300″ height=”300″ title=”never”][su_custom_gallery source=”media: 20192,20167″ limit=”2″ link=”attachment” width=”300″ height=”300″][/su_custom_gallery]

Untuk memberikan kemudahan, Honda juga memberikan sebuah lampu kecil di sebelah kanan bagasi untuk mempermudah kita memasukan barang bawaan di malam hari. Untuk ban cadangan, Honda memberikan ban cadangan full size di bawah bagasi.

Honda-HRV-Prestige-Engine-Bay

Terakhir, di sektor mesin Honda HR-V Prestige Indonesia dibekali dengan mesin 1.800 cc bertenaga 139 PS dan torsi 169 Nm yang sama dengan Honda Civic, namun Honda Civic memiliki tenaga dan torsi lebih besar dengan 141 Ps dan torsi 174 Nm. Memang secara mesin mungkin masih kalah dengan Mitsubishi Outlander Sport yang dibekali dengan mesin 2.000 cc, dan urusan transmisi, mobil ini juga menawarkan hal yang sama seperti kompetitornya yang memiliki transmisi CVT lengkap dengan paddle shiter.

Kesimpulannya, Honda HR-V ini memiliki fitur modern yang membuat rivalnya terlihat kuno dan interior yang terasa mewah serta interior yang sangat lega meskipun dimensinya kompak. Tunggu test drive dari AutonetMagz dari Honda HR-V Prestige ini ya, silahkan isi komentar dan share artikel ini di media sosial jika kamu suka!

Read Prev:
Read Next:

Ridwan Hanif Penulis sekaligus pecinta dunia otomotif, kadang-kadang suka ngebut walaupun hanya pada saat jalanan sepi, paling benci dengan kemacetan Jakarta tetapi enggan untuk pindah keluar kota. Soal irit-iritan konsumsi BBM jangan ditanya, dia jagonya... Maksudnya jago ngabisin bensin... Hehehe | twitter: @ridwanhr