Aprilia RS 660 & Tuono 660 Indonesia : Fitur Elektronik Komplit!

Aprilia RS 660 & Tuono 660 Indonesia : Fitur Elektronik Komplit!
0  komentar

AutonetMagz.com – Pandemi COVID-19 dan juga kondisi PPKM di Indonesia ternyata tidak menghentikan rencana dari beberapa brand otomotif untuk memperkenalkan produk baru mereka. Salah satunya adalah Aprilia yang berada di bawah naungan dari PT Piaggio Indonesia. Malahan, Aprilia Indonesia langsung memperkenalkan dua motor sekaligus dalam kesempatan yang sama. Dan keduanya adalah Aprilia RS 660 dan juga Aprilia Tuono 660. Lantas, seperti apa sosok keduanya? Mari kita bahas lebih lanjut.

Duet Aprilia RS 660 dan Tuono 660 Resmi Mengaspal

Jadi, PT Piaggio Indonesia telah resmi memperkenalkan duet motor dengan platform 660 dari brand Aprilia, yaitu Aprilia RS 660 dan Aprilia Tuono 660. Keduanya hadir di Indonesia dengan selang waktu hampir 1 tahun sejak diperkenalkan global di tahun 2020 silam. “Aprilia berangkat dari sejarah kuat di dunia balapan, dan motor Aprilia memberikan rasa sensasional yang tak tertandingi. Melalui keluarga Aprilia 660, kami dapat melayani konsumen yang mendambakan adrenalin dan sensasi balap, namun tetap dengan penggunaan lebih praktis untuk berkendara sehari-hari. Baik Aprilia RS 660 maupun Aprilia Tuono 660 adalah motor sports kelas menengah yang mampu memberikan pengalaman berkendara yang mudah, lincah, dan gesit di berbagai kondisi, baik itu di sirkuit, di dalam kota, atau saat touring, sesuai dengan keinginan pengendara,” ujar Marco Noto La Diega, President Director PT Piaggio Indonesia.

Kedua motor ini mengisi segmen yang berbeda, walaupun pada dasarnya keduanya sama – sama bertipe road motorcycle. Aprilia RS 660 lebih menekankan aura sport yang kental dan cocok untuk motor sabtu minggu ataupun untuk track day. Sedangkan Aprilia Tuono 660 lebih menekankan konsep ala motor harian yang light dan kasual. Btw, Aprilia sendiri menyebut bahwa Aprilia Tuono adalah sebuah motor naked, karena tak ada fairing samping di motor ini. Namun, secara desain, sebenarnya Aprilia Tuono 660 lebih terasa seperti motor half fairing karena bentuk batok lampunya yang melebar seperti fairing. Kedua motor ini menggunakan teknologi dan platform terbaru dari Aprilia. Keduanya juga menggunakan mesin 659cc parallel twin DOHC dengan tenaga 100 hp pada 10.500 rpm yang dipadukan dengan transmisi manual 6 percepatan. Torsinya mencapai 66,4 Nm pada 8.500 rpm. Yang menarik, keduanya juga dibekali teknologi dengan nama APRC (Aprilia Performance Ride Control) System yang berisi sejumlah fitur elektronik.

Fitur Elektronik Yang Komplit

Total, ada 7 fitur elektronik yang diberikan Aprilia di kedua motor ini. Pertama, adalah Aprilia Traction Control, lalu ada Aprilia Wheelie Control, dan juga Aprilia Cruise Control. Yap, motor sport seperti Aprilia RS 660 juga punya cruise control, sama halnya dengan Kawasaki ZX-10R. Selain itu, Aprilia RS 660 dan Tuono 660 juga dibekali Aprilia Quickshift, baik naik maupun turun gigi. Belum selesai, Aprilia juga menenamakan fitur Aprilia Engine Brake, Aprilia Engine Map, dan juga Aprilia ABS dengan fungsi cornering ABS. “Dengan kekayaan sejarah, teknologi terbarukan, dengan mengusung gaya hidup premium, hari ini kami bangga dapat menghadirkan  pilihan lini terbaru dari Aprilia yang didedikasikan bagi para pengendara yang mencari pengalaman berkendara terbaik yang dikarakteristikan atas kepercayaan diri, kesan elegan, performa, dan gaya hidup premium,” tutup Mr Marco.

Jadi, Bagaimana menurut kalian, sob?

Read Prev:
Read Next: