Apa Jadinya Jika Mobil Mainan LEGO Dites Tabrak?

0  komentar

AutonetMagz.com – Ada yang pernah kakinya tidak sengaja menginjak LEGO? Pasti sakit, dan itu cukup untuk menggambarkan seberapa keras dan kuat mainan itu. Jika malas membahas seberapa sakit kaki yang tak sengaja menginjak LEGO, mungkin lebih asik jika membahas mobil-mobil yang dibuat versi LEGO-nya. Contoh paling gampang adalah Porsche 911 GT3 RS versi LEGO Technic yang banderolnya sudah setara smartphone baru.

Kalau sudah jadi merakitnya, biasanya ya dipajang dan diamati, tapi bagaimana jika dipakai untuk kepentingan lain? Nah, orang-orang dari ADAC (sebuah klub otomotif Jerman) punya ide gila untuk mengadakan uji tabrak terhadap mobil-mobil LEGO. Eksperimen mereka menjadikan sebuah Porsche 911 LEGO sebagai tumbal. Di dalamnya, dipersiapkan sebuah crash test dummy ukuran kecil, bukan orang-orangan LEGO.

Karena unitnya hanya satu, maka tes tabraknya hanya dilakukan sekali, yakni sesi frontal crash. Sebagaimana mobil aslinya, Porsche 911 LEGO akan didorong menuju dinding dengan kecepatan tertentu. Untuk kasus ini, kecepatannya dorongnya adalah 28 mph, atau sekitar 44,8 km/jam. Ukuran LEGO tersebut adalah 1:8 alias 8 kali lebih kecil daripada mobil aslinya. Yah, jika mobil yang kecil itu ditabrakkan dalam kecepatan 44,8 km/jam, anggaplah mobil aslinya melaju 8 kali lebih cepat.

Apa yang terjadi saat mobil melaju dengan kecepatan 44,8 km/jam dan menghantam tembok? Seperti yang diduga, Porsche 911 LEGO itu hancur lebur bak kapal pecah. Semuanya terlepas dan langsung berhamburan ke mana-mana, hanya separuh bagian belakang yang masih utuh. Hanya saja, ingat, semua bagian yang terlepas mayoritas masih bisa dipakai lagi, sebab masih utuh dan tidak patah. Kalaupun ada yang patah, itu hanya suspensi roda depan seperti yang diberitakan ADAC.

Artinya adalah mobil ini jadi bisa dibangun lagi, tapi tidak pakai suspensi depan. Crash test dummy-nya apa kabar? Setelah ditabrakkan, kaki bagian lutut ke bawah dari dummy itu lepas, namun selebihnya masih terpasang. Bagaimana? Kalau ada yang sudah punya angan-angan membuat mobil sungguhan berbahan lego, beginilah kira-kira kalau mobilmu menabrak. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: