Android Auto – Apple CarPlay, Hemat Beberapa Detik Demi Keselamatan

Android Auto – Apple CarPlay, Hemat Beberapa Detik Demi Keselamatan
0  komentar

AutonetMagz.com – Bagi kalian yang merasa fitur Android Auto dan Apple CarPlay tidak terlalu penting, mungkin content ini akan menjawab hal tersebut. Setidaknya AAA Foundation for Traffic Safety yang concern terhadap keselamatan jalan raya baru – baru ini mendapatkan data untuk studi tentang infotainment system pada mobil. Studi ini dilakukan untuk fungsi menelpon dan navigasi dimana kedua hal itu yang paling menyita konsentrasi saat mengemudi.

Studi ini membandingkan 2 teknologi tersebut dengan head unit OEM yang sudah support koneksi telepon dan navigasi. Mereka sendiri mendapatkan bahwa penggunaan Android Auto dan Apple CarPlay dapat menurunkan hingga 24 persen waktu merespon telepon (5 detik) dan 32 persen waktu untuk menggunakan navigasi (48 vs 33 detik, berbeda 15 detik).

Meski kesannya sebentar, 1 detik dalam berkendara akan fatal akibatnya apabila pengendara tidak fokus. Pada kecepatan 60 km/jam dalam 1 detik kira – kira kita sudah melaju 15 meter, sementara 30 meter pada 100 km/jam. Tentu saja respon terlambat mengerem sejauh itu akan berakibat fatal apabila kita lengah bukan?

Berdasarkan studi ini AAA sendiri menyarankan agar mata pengemudi tidak lepas dari fokus jalan raya lebih dari 2 detik. Hal ini ditunjang dengan data yang menyatakan sekitar 3.500 kematian dan 390.000 kecelakaan di Amerika Serikat terjadi karena pengemudi yang terdistraksi dari fokus ke jalan raya. FYI, studi ini dilakukan dengan menggunakan jajaran mobil Honda Ridgeline, Ford Mustang, Chevrolet Silverado, Kia Optima dan Ram 1500.

Sementara untuk smartphone yang mereka gunakan adalah LG K7 dan Google Pixel 2 untuk basis Android sementara iPhone 7 untuk Apple CarPlay. Sebagai kesimpulan, meski teknologi Android Auto dan Apple CarPlay sangat positif, dalam hal ini untuk keselamatan, bukan berarti mereka bebas bahaya. Tetap saja menggunakan kedua hal tersebut menganggu konsentrasi pengemudi, tetapi setidaknya saat ini mereka sudah paling aman.

Read Prev:
Read Next: