Mantan Presiden Toyota, Tatsuro Toyoda Meninggal Dunia

by  in  International & Toyota
Mantan Presiden Toyota, Tatsuro Toyoda Meninggal Dunia
0  komentar

AutonetMagz.com – Toyota menyampaikan siaran berita mengenai mantan presiden Toyota, Tatsuro Toyoda pada sekitar Sabtu kemarin. Beliau telah meninggal dunia pada usia 88 tahun. Tatsuro Toyoda punya peran yang sangat penting dalam mengawasi ekspansi global Toyota, khususnya di pasar Amerika Serikat. Tatsuro-san adalah pria yang berperan sebagai presiden Toyota di tahun 1992 sampai 1995.

Sebelum menjadi presiden Toyota, ia menjabat sebagai presiden New United Motor Manufacturing Inc, atau NUMMI, di California. Itu adalah pabrik hasil patungan Toyota dan General Motors, dan pabrik itu membantu memperkenalkan proses manufaktur Toyota yang efisien dan menunjukkan bahwa sistem manufaktur Toyota juga bisa dipakai di luar Jepang.

Kepemimpinan Toyoda dan pabrik NUMMI membuka peluang bagi investasi di tanah Amerika Serikat di kemudian hari. Saat ini, Toyota punya 10 fasilitas manufaktur di Amerika Serikat. Bisa dibilang, inilah warisan Toyoda yang paling kuat. Sayangnya, pada tahun 1995 ia harus mundur dari jabatan presiden Toyota karena alasan kesehatan, dan digantikan oleh Hiroshi Okuda di tahun yang sama.

Hiroshi Okuda adalah presiden pertama yang bukan merupakan anggota keluarga Toyoda sejak 1967. Pada tahun 2009, Akio Toyoda, keponakan Tatsuro, menjadi presiden Toyota. Dengan masuknya Akio Toyoda ke posisi tersebut, keluarga Toyoda bisa kembali mengendalikan kontrol atas merek Toyota. Yah, kesan bisnis keluarga di dalam rumah famili Toyoda lumayan kuat ya?

Toyoda memegang berbagai posisi setelah masa jabatannya sebagai presiden, termasuk peran penasihat dan wakil ketua. Pernyataan Toyota mengatakan mantan eksekutif tersebut meninggal pada tanggal 30 Desember 2017, setelah berjuang melawanpneumonia. Pemakaman pribadi diadakan untuk keluarga, namun Toyota berencana untuk mengadakan perpisahan di masa depan. Selamat jalan, Toyoda-san.

Read Prev:
Read Next: