All New Suzuki Swift & Dzire Direcall di India Karena Masalah Airbag

All New Suzuki Swift & Dzire Direcall di India Karena Masalah Airbag
0  komentar

AutonetMagz.com – Sebuah kabar yang agaknya kurang enak kembali hadir dari pasar otomotif di India. Jikalau kemarin kami mengabarkan mengenai sosok New Honda Amaze yang masih seumur jagung dan sudah mendapatkan recall karena masalah di bagian power steering-nya, kini salah satu rival dari Honda yaitu Maruti Suzuki juga baru saja mengumumkan voluntary recall untuk dua produk unggulannya yaitu All New Maruti Suzuki Swift dan Maruti Suzuki Dzire yang juga usianya bisa dibilang masih sangat muda.

Pihak Maruti Suzuki membuat rilis resmi yang menunjukkan bahwa perlu dilakukannya inspeksi pada kemungkinan kegagalan sistem. Kegagalan sistem yang mungkin terjadi ini adalah pada bagian airbag controller unit. Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, ada dua model Maruti Suzuki yang akan terkena imbas masalah ini, yaitu All New Maruti Suzuki Swift dan Maruti Suzuki Dzire. Jika ditotal, ada sebanyak 1.279 unit All New Maruti Suzuki Swift dan Maruti Suzuki Dzire yang harus mampir ke bengkel resmi, dimana diantaranya ada All New Maruti Suzuki Swift sebanyak 566 unit dan sisanya sebanyak 713 unit adalah Maruti Suzuki Dzire. Untuk unit yang berpotensi terkena imbas masalah ini sendiri adalah unit yang diproduksi pada rentang tanggal 7 mei 2018 silam hingga 5 juli 2018, cukup cepat juga responnya.

Nah, seperti umumnya program recall, pihak Maruti Suzuki yang akan menghubungi para owner dari kendaraan ini, dan mereka akan diarahkan ke bengkel resmi terdekat untuk melakukan penggantian komponen, yang tentu saja gratis. Jika diingat – ingat, recall ini adalah recall kedua yang melibatkan All New Maruti Suzuki Swift, setelah sebelumnya sempat terjadi juga recall di bulan mei 2018 silam karena adanya masalah pada selang vakum rem-nya. Dengan adanya dua kali recall ini, membuat kami berpikir apa yang menjadi masalah bagi pihak Maruti sehingga mobil yang masih kinyis kinyis ini bisa mendapatkan recall hingga dua kali. Apakah murni kesalahan vendor? Atau adanya celah dalam QC mereka? Namun diluar kekepoan kami akan cukup banyaknya masalah yang menghampiri mobil ini, kami ingin berikan apresiasi bagi Maruti Suzuki yang punya respon cepat menanggapi hal ini.

Setuju dengan salah satu komentar pembaca kami, recall bukanlah sebuah hal yang tabu, namun malah menjadi bentuk tanggung jawab dari pihak Pabrikan pada produk yang sudah dijual. Namun sekali lagi, walaupun tak ada produk yang sempurna, setidaknya kejadian semacam ini jangan sampai terjadi lagi. Apalagi All New Maruti Suzuki Swift dan Maruti Suzuki Dzire sendiri adalah produk yang menjadi pundi – pundi Rupee bagi pihak Maruti, sehingga jelas mereka harus lebih teliti lagi pada kedua produk ini. Jikalau ada kesalahan lagi, tak menutup kemungkinan jumlah unit yang terkena imbas akan semakin membesar, mengingat kedua mobil ini cukup digemari disana. Oiya, FYI, All New Maruti Suzuki Swift sendiri baru hadir di India pada awal tahun 2018 ini, sedangkan Maruti Suzuki Dzire yang dipasarkan saat ini sudah hadir sejak pertengahan tahun 2017 silam.

Jadi, bagaimana menurut kalian? Yuk sampaikan pendapat kalian di kolom komentar.

Read Prev:
Read Next: