All New Seat Ibiza 2017 Menampakan Diri Dengan Platform Baru

by  in Merek Mobil&Mobil Baru&Seat
All New Seat Ibiza 2017 Menampakan Diri Dengan Platform Baru
0  komentar

Autonetmagz.com – Mungkin sebagian orang akan bertanya, merk mobil apa itu Seat? Jok? Kursi? Bukan pemirsa, memang merk Seat tidak masuk ke Indonesia jadi wajar sedikit yang mengetahuinya. Namun, di eropa Merk Seat telah lama dikenal dan membukukan penjualan yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Dan kali ini, versi teranyar produk Best Seller Seat telah menampakkan dirinya, yaitu All New Seat Ibiza 2017.

Seat Ibiza adalah Hatchback keluaran Seat yang telah membukukan 5,4 Juta penjualan sejak tahun 1984. Cukup impresif untuk merk Spanyol yang dinaungi oleh Grup VW ini. Dan kali ini, Seat Ibiza hadir dengan ubahan yang cukup banyak dibanding dengan pendahulunya. Tidak ada lagi versi 3 pintu dan station wagon yang ada di model sebelumnya, sehingga menyisakan model Hatchback Supermini 5 pintu yang tak hanya bertenaga tetapi juga lega kabinnya. Penghapusan versi 3 pintu dikarenakan menurunnya pangsa pasar, sedangkan versi station wagon akan digantikan oleh Seat Arona, Small SUV berbasis Seat Ibiza yang akan diluncurkan di tahun ini.

All New Seat Ibiza memiliki wheelbase yang lebih panjang 95 mm, namun panjang body mobil menyusut 2 mm. Selain itu, Body Seat Ibiza melebar 87 mm dan lebih ceper 1 mm saja dari pendahulunya. Namun, satu hal yang perlu diacungi jempol adalah kapasitas bagasinya yang mencapai 350 liter. Kapasitas ini meningkat 63 liter dari pendahulunya, dan lebih besar daripada Ford Fiesta yang hanya 276 liter ataupun VW Polo yang berkapasitas 280 liter.

Platform MQB A0 yang merupakan platform baru yang dikembangkan oleh VW Group disematkan pada All New Seat Ibiza ini, yang mana merupakan produk pertama yang menerapkan platform ini. Apa keunggulannya? Seat mengklaim platform ini bobotnya lebih ringan dan mampu menambah torsional stiffness sebesar 30%. Selain itu, kekedapan kabin dan pengendaraan diklaim lebih baik.

Ibiza menawarkan 3 pilihan mesin untuk pasar eropa. Mesin 1.000cc 3 silinder TSI dengan tenaga 94 dk, diikuti mesin baru 1500 cc 4 silinder TSI yang mengeluarkan 148 dk, dan mesin diesel 1600 cc. Transmisi manual 5 percepatan akan disematkan pada versi 3 silindernya, sedangkan versi 4 silinder akan mendapatkan transmisi manual 6 percepatan dan transmisi Dual Clutch DSG dengan 7 percepatan.

Masuk ke dalam interior, All New Seat Ibiza telah menyematkan Head Unit 5 inci pada versi 3 silinder dan 8 inci pada versi 4 silinder. Tak hanya itu, fitur Wireless Charger dengan amplifier GSM serta Apple Car Play, Android Auto dan mirror link telah tersedia. Pecinta audio dijamin klepek – klepek karena ada upgrade paket audio Beats  yang ditawarkan. Ibiza akan memiliki 4 trim yaitu S, SE, FR, dan Xcellence.

Untuk masalah fitur, versi termurahnya akan memiliki autonomous emergency braking.  Adaptive Cruise Control dan kamera baik di sisi depan maupun belakang mobil juga diberikan pada All New Seat Ibiza ini. Tipe FR dan Xcellence akan memiliki Headlamp dan Lampu Interior LED. Versi FR akan memiliki Twin Exhaust dengan 4 mode berkendara.

Mobil yang disebut sebagai “The Best Ibiza Ever” ini akan menjalani debutnya di Geneva Motor Show 2017 pada maret nanti, tapi sayang nggak mampir ke Indonesia.

Read Prev:
Read Next: