All New MG 5 Sedan Diuji Jalan, Masuk Kelas Mana?

by  in Berita&Merek Mobil&MG Motors
All New MG 5 Sedan Diuji Jalan, Masuk Kelas Mana?
0  komentar

AutonetMagz.com – Sejak resmi beroperasi di Indonesia, SAIC Motor Indonesia selaku APM MG Motor di Tanah Air memang terbilang rajin memperkenalkan produk baru. Mulai dari MG ZS, diikuti MG HS, dan terakhir adalah MG ZS facelift. Nah, menjelang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021, MG Motor Indonesia juga telah menyiapkan sejumlah produk baru yang akan menjadi kejutan bagi publik Indonesia. Dan salah satu dari kejutan tersebut tertangkap kamera baru – baru ini. Sedang diuji jalan? Yuk kita bahas lebih lanjut.

Terjepret di Indonesia, Tanpa Sunroof

Melihat sosok mobil berwarna putih yang tertangkap kamera, kami bisa mengenalinya 100% sebagai sebuah MG 5, atau lebih tepatnya adalah All New MG 5 Sedan. Apalagi dari bentuk buritan dan lampu belakangnya yang cukup khas, walaupun sebenarnya taillight mobil ini cukup mirip sedan – sedan Peugeot. Kalau diperhatikan, baik bentuk velg, lis krom di window line, hingga bentuk bumper belakang cukup identik dengan All New MG 5 Sedan yang dijual di Thailand. Hanya saja, All New MG 5 Sedan di Thailand dijual dalam 3 opsi, yaitu C, D, dan X Sunroof. Lantas, unit yang terjepret di Indonesia setara tipe apa? Nampaknya bukan tipe X Sunroof, karena kami tidak melihat ada Sunroof di atap mobil ini. Jadi, kalau mau disejajarkan, nampaknya mobil ini setara tipe C atau D di Thailand. FYI, di Thailand, All New MG 5 Sedan dipasarkan mulai banderol 559 ribu baht atau setara 240 jutaan hingga 689 ribu Baht atau setara 296 jutaan Rupiah. Harga yang sangat pas untuk menghantam Toyota Vios dan Honda City yang masuk di segmen sub compact sedan di Indonesia.

Namun, ada satu fakta menarik yang nampaknya bisa menjadi kelebihan dari All New MG 5 Sedan dibanding dua rivalnya asal Jepang, yaitu dimensi. Yap, kalau kalian merasa Honda City Sedan terbaru sudah sangat bongsor, maka All New MG 5 Sedan lebih bongsor. All New MG 5 Sedan memiliki panjang total 4.675mm, yang mana hanya 3mm lebih pendek dari All New Honda Civic RS Sedan. Sedangkan wheelbase-nya ada di angka 2,68 meter. Bahkan, lebar All New MG 5 Sedan ada di angka 1.842mm yang mana lebih lebar 40 mm dibandingkan Civic. Jadi, mobil ini masuk ke segmen harga City dan Vios dengan dimensi setara Civic atau Altis. Sebuah kelebihan yang nampaknya bisa jadi poin menarik untuk kalian yang mempertimbangkan ruang melimpah di segmen harga tersebut. Sedangkan untuk mesin, All New MG 5 Sedan menggunakan mesin 1.500cc 4 silinder 15S4C berteknologi VTi-Tech yang menghasilkan tenaga maksimal 114 hp pada 6.000 rpm dan torsi 150 Nm pada 4.500 rpm. Tenaga dan torsi yang menurut kami agak pas – pasan untuk sedan yang bongsor, apalagi mobil ini menggunakan transmisi otomatis CVT yang dibuat memiliki gigi virtual sebanyak 8 percepatan.

Fitur Dan Kelengkapan Menarik?

Lalu, bagaimana dengan fitur dan kelengkapan All New MG 5 Sedan? Kami coba memberi gambaran dengan menyebutkan fitur kelengkapan versi Thailand-nya. Pertama, All New MG 5 Sedan menggunakan velg 17 inci alloy dengan laburan warna dual tone dan ban 215/50. Selain itu, All New MG 5 Sedan menggunakan lampu depan proyektor, sudah LED dan ada LED DRL. Sedangkan lampu belakangnya disebut bergaya cakaran macan yang sudah LED. Oiya, lampunya sudah auto on dan off. Masuk ke sisi dalam, All New MG 5 Sedan menggunakan balutan kulit pada joknya, dengan warna gelap, ada aksen merah dan jahitan merah. Satu hal yang kami apresiasi, atap dan pilarnya juga diberi warna gelap. Adakursi elektrik 6 arah untuk pengemudi, dan ada sistem infotainment 10 inci model floating. Panel instrumennya sudah digital dengan ukuran 7 inci, dan ada filter PM2.5 untuk AC-nya. Push start stop button, smartkey, dan EPB dengan AutoHold juga bisa ditemukan di mobil ini. Nice.

Oiya, All New MG 5 Sedan juga dibekali teknologi i-SMART yang juga bisa kita temui di jajaran produk MG lainnya. Teknologi ini adalah voice command berbahasa inggris untuk sejumlah perintah tertentu. Apakah ada ADAS? Thank God, ada. All New MG 5 Sedan dibekali Lane Change Warning System, Blind Spot Warning System, dan Rear Collision Warning System. Sayangnya, hanya itu saja, belum ada adaptive cruise control dan sejenisnya. Setidaknya, mobil ini memiliki 6 buah airbags, kamera 360, ABS, EBD, BA, SCS (VSC), HSA, ESS, TCS, dan Cruise Control. Lalu, apakah sepaket fitur dan kelengkapan ini menurut kalian cocok untuk konsumen di Indonesia? Yuk sampaikan pendapat kalian.

Read Prev:
Read Next: