All New Maruti Suzuki Swift Cuma Dapat Bintang 2 di Global NCAP

0  komentar

AutonetMagz.com – Masih ingatkah kalian tentang kabar mengenai produk dari Maruti yang diuji tabrak di fasilitas Global NCAP seminggu-an yang lalu? Yap, mobil tersebut adalah Maruti Suzuki Vitara Brezza yang berhasil membukukan capaian bintang empat, dan capaian tersebut terbilang ciamik. Nah, setelah Maruti Suzuki Vitara Brezza, pihak Maruti juga mengirimkan wakil lainnya untuk diuji tabrak di fasilitas Global NCAP, dan mobil tersebut adalah All New Maruti Suzuki Swift. Yuk kita bahas.

Nah, di kali kedua dari uji tabrak Global NCAP ini nampaknya pihak Maruti Suzuki tak bisa sepenuhnya tersenyum lega. Walaupun sosok CUV-nya mampu membukukan bintang 4, namun nyatanya sosok All New Maruti Suzuki Swift malah tak lebih baik, hanya membukukan bintang 2 saja. Rating bintang 2 yang disandang oleh All New Maruti Suzuki Swift ini sendiri mencakup untuk penumpang dewasa dan anak – anak. Lalu, mengapa bisa All New Maruti Suzuki Swift mencatatkan hanya bintang 2 saja? Ternyata, rendahnya rating dari All New Maruti Suzuki Swift di Global NCAP ini cukup dipengaruhi pada kenyataan bahwa proteksi untuk pengendara angkanya buruk, dan juga ada kondisi struktur mobil yang kurang stabil saat terjadi tabrakan.

Lebih jauh, Global NCAP juga menambahkan bahwa hasil kurang menyenangkan ini juga disebabkan pada tingginya dampak pada dada penumpang dewasa saat ada tabrakan, pun begitu dengan proteksi di bagian kaki pengemudi yang buruk karena adanya pergeseran pedal akibat struktur yang tak stabil. Tak berhenti sampai disana, laporan dari Global NCAP juga menunjukkan bahwa All New Maruti Suzuki Swift tak memberikan perlindungan maksimal bagi dummy yang merupakan percontohan dari anak 18 bulan alias 1,5 tahun. Sedangkan di dummy untuk anak 3 tahun menunjukkan bahwa ada cedera di dada yang berbahaya jikalau mengalami tabrakan di dalam All New Maruti Suzuki Swift. Padahal, All New Maruti Suzuki Swift sudah diperlengkapi dengan dua buah airbag di sisi depan dan ISOFIX sebagai standar, tetapi nampaknya semua itu tak cukup untuk menyelamatkan.

Namun jangan melihat semuanya dari hal yang buruk, karena sejatinya capaian bintang 2 dari All New Maruti Suzuki Swift sudah bisa dikatakan sebuah peningkatan. Sebelumnya Global NCAP juga sudha menguji Maruti Suzuki Swift di tahun 2014 da menyatakan mobil tersebut meraih bintang nol, iya nol. Nah,kalau sekarang bintang dua kan namanya peningkatan. Nah, capaian ini sendiri adalah capaian dari unit All New Maruti Suzuki Swift yang dijual di India, dan nasib berbeda terjadi dengan All New Suzuki Swift yang juga sama – sama rakitan Maruti Suzuki namun ditujukan untuk pasar Eropa. Mobil untuk pasar Eropa mendapatkan raihan bintang 3 dan bintang 5 di Euro NCAP, dimana bintah 3 diraih oleh versi Swift tanpa safety pack, dan bintang 4 yang mendapatkan safety pack. Lalu apa safety pack yang dimaksud? Adalah Blind Spot Monitoring (BSM), Autonomous Emergency Braking (AEB) system, dan Lane Support System (LSS).

Sedangkan sang peraih bintang 3 hanya mendapatkan fitur keselamatan antara lain dual airbags, curtain airbags, ABS, EBD, ESC, dan seat belt reminder. Mungkin jikalau All New Maruti Suzuki Swift versi India diberikan kelengkapan yang kurang lebih sama, maka hasilnya mungkin akan berbeda. Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: