All New Honda Vario 160 Rilis Dengan Harga Mulai 25,8 Jutaan, Yay or Nay?

by  in Mobil Baru
All New Honda Vario 160 Rilis Dengan Harga Mulai 25,8 Jutaan, Yay or Nay?
0  komentar

AutonetMagz.com – Salah satu motor matik ikonik dari Honda Indonesia yaitu Honda Vario memang sudah dikabarkan akan naik kelas dengan mesin 160cc seperti halnya Honda PCX 160. Gosip dan isu tersebut sudah beredar luas sejak tahun lalu, dan sempat kami duga akan muncul di GIIAS 2021. Namun, ternyata dugaan kami meleset, dan baru hari ini, 2 Februari 2022, Pihak Astra Honda Motor (AHM) memperkenalkan All New Honda Vario 160. Lantas, seperti apa ubahan dari motor yang banderolnya kini mencapai 25 jutaan itu? Yuk kita kupas secara komplit.

All New Honda Vario Pakai Mesin PCX 160

Jadi, beberapa jam lalu Astra Honda Motor (AHM) telah resmi memperkenalkan All New Honda Vario 160. Honda melabeli motor ini dengan sebutan ‘Premium Sporty Skutik”, walaupun kami agak ragu label tersebut akan menaikkan kelas Vario atau malah menjadi beban tersendiri. Dalam acara tersebut, turut hadir President Director AHM, Keiichi Yasuda. “Beragam penyematan fitur dan teknologi canggih yang dilengkapi mesin terbaru 160cc dengan 4 katup eSP+ serta desain premium sporti pada All New Honda Vario 160, kami yakini akan memberikan pengalaman berkendara sehari-hari yang lebih menyenangkan” ujar Yasuda. Sedangkan Executive Vice President Director AHM Johannes Loman mengatakan, “Kami pun secara konsisten terus memberikan layanan terbaik melalui jaringan penjualan dan servis yang tersebar di pelosok negeri. Kami berharap kehadiran All New Honda Vario 160 dapat semakin menguatkan kecintaan masyarakat terhadap produk skutik Honda“. Nah, mari kita bahas sedikit desain dari skutik yang banderolnya mendekati 30 jutaan Rupiah ini.

All New Honda Vario 160

Wajah Depan Baru, Dimensi Tak Banyak Berubah

Jika diperhatikan, sebenarnya form factor dari All New Honda Vario 160 masih cukup mirip dengan versi sebelumnya, namun ada sejumlah bagian yang diubah sehingga membuat kesan lebih besar dan lebar. Motor ini memiliki dimensi panjang 1.929mm, lebar 679mm, dan tinggi 1.088mm serta wheelbase 1.277mm. Secara umum, dimensinya tak banyak berubah dari versi terdahulu, apalagi lebarnya ternyata sama persis dengan versi lawas. Secara desain, kami tidak akan berbicara banyak karena kami belum melihat langsung unitnya. Namun, kalau diperhatikan, Honda menggunakan lampu depan dengan beberapa cluster. Cluster lampu utamanya ada di sisi terbawah dengan lampu LED yang sekilas mengingatkan kami pada lampu Honda ADV150. Sedangkan lampu sein diposisikan di sisi atas tameng depan. Ada ornamen berwarna hitam yang bentuknya sekilas menyerupai windshield, namun bagian itu sebenarnya adalah dudukan plat nomor depan. Sedangkan batok di stangnya masih menggunakan bentuk yang mungil dan minimalis, khas Honda Vario. Spatbor depan nampak cukup lebar, karena sebenarnya, All New Honda Vario 160 menggunakan kaki – kaki yang lebih gambot dari versi terdahulu.

All New Honda Vario 160

Di bagian depan, motor ini menggunakan profil 100/80 R14 dengan ban tubeless. Sedangkan sistem pengeremannya menggunakan rem cakram hidrolik dengan kaliper 1 piston. Suspensi depan masih menggunakan model teleskopik, seperti halnya motor matik lain di segmen ini. Geser ke sisi samping, motor ini nampak menggunakan dek yang agak tinggi, karena aki motor diposisikan di bawah dek. Di area dek juga terdapat panel body yang sesuai dengan warna body. Ornamen plastik berwarna hitam di area tengah juga dibuat dengan nuansa bold, dan knalpot belakangnya nampak cukup besar dengan desain cover baru. Terdapat emblem Honda di area tameng depan, yang mana di foto terlihat agak aneh proporsinya. Namun ini baru sekedar foto. Sedangkan emblem Vario 160 ada di sisi samping body. Spion motor ini nampaknya mengadopsi milik sang kakak, Honda PCX 160. Dan sayangnya, motor ini masih menggunakan format 1 suspensi belakang, walaupun ada opsi cakram untuk pengereman belakang dengan teknologi ABS. Untuk ban belakang, cukup lebar dengan ukuran 120/80 R14. Lampu belakang juga menggunakan model minimalis, walau agak mirip aerox rival.

Mesin 160cc Jadi Modal Penting

Pindah ke area mesin, disinilah poin penting dari All New Honda Vario 160. Kini, Honda Vario kembali naik kelas dengan mesin 156,9cc yang dibulatkan ke atas ke 160cc dengan figur tenaga maksimal 15,4 PS pada 8.500 rpm dan torsi 13,8 Nm pada 7.000 rpm. Dibandingkan dengan sang kakak, tenaga All New Honda Vario 160 lebih kecil 0,6 PS dan torsinya turun 0,9 Nm, masing – masing di putaran mesin yang hampir sama. Selain mesin, salah satu poin menarik dari All New Honda Vario 160 ada pada rangka eSAF yang digunakan. Rangka ini diklaim lebih ringan dan rigid dari generasi terdahulu, dimana All New Honda Vario 160 memiliki bobot 115 kg untuk tipe CBS dan 117 kg untuk tipe ABS. Sebagai gambaran, Honda Vario lawas memiliki berat 112 kg saja, sedangkan Honda PCX 160 lebih berat 15 kg. Untuk tangki bahan bakar, All New Honda Vario 160 menggunakan ukuran 5,5 liter yang mana persis dengan Honda Vario 150 versi lawas. Jadi, bisa dikatakan motor ini memang menggabungkan apa yang dimiliki Vario 150 dengan mesin dan kaki – kaki yang dimiliki oleh Honda PCX 160.

All New Honda Vario 160 dipasarkan dengan 2 tipe yaitu CBS dan ABS. Untuk tipe CBS terdapat warna Active Black, Grande Matte Black, dan Grande Matte Red. Sedangkan untuk tipe ABS, terdapat warna Active Black, Grande Matte Black, dan Grande White. Tipe ABS memiliki velg dengan warna burnt titanium serta sentuhan emblem Vario. All New Honda Vario 160 dijual dengan harga on the road (OTR) DKI Jakarta Rp 25.800.000,- untuk tipe CBS dan Rp 28.500.000,- untuk tipe ABS. Yap, Vario kini sudah tembus 28 jutaan sob. Oiya, satu detail lainnya, motor ini diklaim memiliki konsumsi bahan bakar mencapai 46,9 km/liter berdasarkan metode pengujian WMTC Euro3. Detail lebih lengkap akan kami bahas saat kami mendapatkan kesempatan melihat atau mencoba langsung unit motor ini. Jadi, bagaimana menurut kalian?

Seperti ini komentar warganet ketika pertama kali kami suguhkan foto Vario 160

Read Prev:
Read Next: