All New Honda BeAT : Pakai Rangka Genio & Wajah Vario

by  in Berita&Honda&Merek Motor
All New Honda BeAT : Pakai Rangka Genio & Wajah Vario
0  komentar

AutonetMagz.com – Memasuki tahun 2020 ini, pihak Astra Honda Motor (AHM) memberikan kejutan baru dengan menghadirkan generasi terbaru dari skutik mungil andalan mereka, yaitu Honda BeAT. All New Honda BeAT hadi dengan sejumlah ubahan yang kasat mata maupun yang tidak kasat mata. Lantas, dengan tampilan baru yang kini makin mirip dengan sang kakak yaitu Honda Vario, apa saja yang ditawarkan oleh All New Honda BeAT selain tampilan yang berubah? Mari kita kupas.

Jadi, pihak AHM baru saja memperkenalkan sosok All New Honda BeAT di Jakarta kemarin. Melihat urusan desain, maka cukup mudah menyimpulkan inspirasi desain All New Honda BeAT ini. Lampu depan dari All New Honda BeAT masih tetap one piece, namun ditarik lebih tajam ke sisi samping sehingga menjadi lebih keen look, eits, salah merk. Untuk lampu sein penempatannya masih di sisi atas, sehingga jika kita melihat dari sisi depan, model lampu All New Honda BeAT berbentuk V-shape seperti motor – motor matik Honda lainnya. Oiya, bentuk lampu ini kalau diperhatikan dari sisi samping cukup mirip dengan lampu Honda Vario eSP Old gen.

Bentuk sayap samping dari tameng depannya masih mencirikan Honda BeAT, yaitu langsing dan minimalis. Spakbor depan juga masih mepet dengan lampu utama, dan untuk velg sudah menggunakan desain baru dengan model palang Y. All New Honda BeAT menggunakan batok stang baru dengan spion yang juga baru. Sedangkan cluster di panel instrumennya sekilas mirip dengan versi lawas, namun dengan beberapa ubahan. Sebut saja iluminasi warna biru di dialspeedometer dan layar digital yang menggantikan warna orange di old gen. Selain itu, indikator lampu jauh, lampu sein, dan eco indicator diletakkan di sisi atas.

Pindah ke sisi samping, bentuk panel plastik di body All New Honda BeAT tentunya berbeda dengan versi lawas, pun begitu dengan cover dari knalpotnya. Untuk lampu belakang, kini All New Honda BeAT memiliki lampu yang bentuknya lebih tajam dan sporty, walaupun masih mengunakan bohlam biasa bukan LED. Lalu, selain model baru, apa ubahan pada All New Honda BeAT? Oke, ubahan yang tak kasat mata adalah penggunaan rangka baru yang dicomot dari Honda Genio. Rangka bernama eSAF (enhanced Smart Architecture Frame) ini diklaim membuat motor lebih lincah dan stabil, namun juga bisa memberikan ruang bagasi lebih besar.

FYI, kapasitas bagasi dari All New Honda BeAT mencapai 12 liter, yang mana naik 1 liter dari pedahulunya. Sedangkan tangki bahan bakarnya yang dahulu hanya 4 liter kini menjadi 4,2 liter. All New Honda BeAT juga dibekali dengan eco indicator dan juga power outlet yang berada di laci depan motor yang dilengkapi juga dengan penutup berbahan plastik. Untuk mesin, All New Honda BeAT menggunakan mesin 110cc eSP SOHC yang kini meningkat secara power dan torsi. Tenaga motor ini kini mencapai 6,6 kW pada 7.500 rpm, naik 0,4 kW dari versi lawas. Sedang torsinya ada di angka 9,3 Nm pada 5.500 rpm, naik hampir 1 Nm dari pendahulunya.

All New Honda BeAT juga masih diperlengkapi dengan fitur – fitur khas Honda lainnya seperti ISS, CBS, ACG Starter, Side Stand Switch dan Parking Brake Lock. Pihak Honda menjual motor ini dalam 3 varian, yaitu varian CBS dengan harga 16,4 jutaan Rupiah, varian CBS-ISS dengan harga 17,15 jutaan Rupiah serta varian CBS-ISS Deluxe Series seharga 17,25 jutaan Rupiah. Harga tersebut adalah OTR untuk kawasan Jakarta ya. Oiya, selain All New Honda BeAT, pihak AHM juga memperkenalkan All New Honda BeAT Street yang hanya berbeda di bentuk stang saja. Motor ini dihargai 17,15 jutaan Rupiah OTR Jakarta, tapi tanpa ISS.

Jadi, bagaimana tanggapan kalian terkait sosok All New Honda BeAT ini?

Read Prev:
Read Next: