Akhirnya Honda Civic Turbo Dapat Transmisi Manual

by  in Honda&International
Akhirnya Honda Civic Turbo Dapat Transmisi Manual
0  komentar

AutonetMagz.com – Di saat Honda Civic generasi kesepuluh yang lebih kita kenal sebagai Honda Civic Turbo muncul, semua mengapresiasi mesin baru 1.500 cc VTEC Turbonya yang bertenaga 174 hp dan torsi 220 Nm, tapi tidak dengan transmisi CVT-nya. Meski Honda sudah bilang kalau alasan pakai CVT adalah untuk efisiensi dan kehalusan, tetap saja ada yang aneh jika mobil yang terkenal fun to drive dan driver oriented seperti Civic pakai CVT.

Hal itu sudah sering diutarakan sejak peluncuran perdananya di Amerika Serikat, dan Honda rupanya mendengar keluhan tersebut. Sekarang, Honda Civic Turbo di Amerika sudah resmi dibekali transmisi manual 6 percepatan yang jauh lebih cocok di mobil seperti ini ketimbang CVT. Sebelumnya, transmisi manual hanya hadir untuk varian termurah bermesin 2.000 cc saja, namun sekarang yang bermesin turbo juga dapat transmisi manual. Yes!

honda-civic-turbo-transmisi-manual

Hadir di Honda Civic Turbo sedan dan coupe varian EX-T, Honda Civic bertransmisi manual malah lebih untung karena spek mesinnya sedikit lebih tinggi. Honda Civic manual punya torsi 226 Nm, lebih tinggi 6 Nm dibanding yang CVT meski tenaga tetap sama. Tidak hanya Honda Civic yang begini, karena Mazda RX-8 dan Honda CR-Z juga punya output yang lebih tinggi saat dipasangkan dengan transmisi manual daripada otomatis. Harganya pun sudah pasti lebih murah daripada yang CVT.

Namun kalau sudah bicara penggunaan saat macet, jelas lebih nyaman yang CVT memang dibanding yang manual. “Tahun ini adalah tahun yang menakjubkan buat Civic, dimulai dengan rekor penjualan versi sedan dan coupe yang memimpin di kelasnya,” kata Jeff Conrad, Wakil Presiden Senior dan General Manager Honda Amerika.”Untuk 2017, kami akan perkaya jajaran Civic dengan transmisi manual bagi varian bermesin turbo. Ini yang ditunggu-tunggu konsumen kami.”

honda-civic-hatchback-2017-side

Pengiriman Honda Civic Turbo bertransmisi manual ke dealer di Amerika baru dilakukan awal tahun depan. Tentu saja kami harap Honda Civic Turbo di Indonesia bisa mengikuti jejak yang sama, namun entah kapan. Kalau transmisi manual hanya hadir di Honda Civic Turbo hatchback, itu bagus, namun jika hadir juga di versi sedan, itu lebih bagus lagi. Apa kamu termasuk yang menunggu Honda Civic Turbo manual? Sampaikan opinimu di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: