Airbag Pilar A : Improvisasi Keamanan dari Porsche

by  in Porsche&Safety Driving
Airbag Pilar A : Improvisasi Keamanan dari Porsche
0  komentar

AutonetMagz.com – Porsche identik dengan mobil kencang yang selalu berusaha mempertahankan heritage desain sejak dahulu kala. Porsche juga turut berperan aktif dalam pengembangan teknologi pada mobil – mobilnya. Untuk variannya sendiri Porsche memiliki versi atap terbuka alias Convertible, namun, seiring perkembangan zaman, sistem keamanan pada mobil convertible-nya masih dirasa kurang.

Menanggapi hal tersebut, baru – baru ini Porsche mempatenkan airbag pada pilar A di mobil convertible-nya. Paten tersebut telah didaftarkan di United States Patent and Trademark Office. Teknologi ini diharapkan dapat menunjang keselamatan lebih pada mobil atap terbuka. Ya, konstruksi atap terbuka memang cukup menihilkan proteksi dari beberapa sisi apabila terdapat accident, terutama saat mobil terguling.

A-pillar airbag hadir untuk menggantikan curtain airbag yang memang tidak feasible pada saat atap terbuka. Airbag pada pilar A memang sebenarnya bukan barang baru, namun Porsche memiliki suatu sistem yang sedikit berbeda. Diagram dari paten menunjukkan bahwa apabila sistem airbag ini aktif, pilar A akan mengalami penambahan panjang dan mengaktifkan airbag. Desain dari pilar yang memanjang ini memudahkan perpindahan penumpang keluar apabila accident terjadi.

 

Untuk efektifitasnya, biarkan publikasi selanjutnya yang menjawab, kami harapkan sistem ini memang benar – benar optimal. Jika tidak, mungkin Porsche dapat mencontek teknologi Mini yang memberikan proteksi berupa tiang yang mencuat apabila terjadi rollover accident. Itu adalah sistem yang akan men-deploy sebuah tiang pelindung secara otomatis saat sistem mendeteksi mobil akan terguling.

Karena sistem ini dirancang untuk Porsche dengan atap terbuka, anggaplah peranti ini bisa ditemukan di Boxster, 911 Convertible dan 911 Targa. Semoga sistem keselamatan yang semakin terimprovisasi ini membuat pengendara mobil dengan atap terbuka tidak perlu berkeliaran dengan menggunakan helm lagi ya..

Read Prev:
Read Next: