Ahok Bersiap Bangun Sirkuit Internasional, Target Selesai Tahun 2017

Ahok Bersiap Bangun Sirkuit Internasional, Target Selesai Tahun 2017
0  komentar
Cover-Serena-Taksi

AutonetMagz.com – Ah, rasanya ingin kembali saja ke tahun 1990-an di mana Indonesia masih diperhitungkan di agenda motorsport dunia. Jaman dulu, Sentul sangat dibanggakan karena sempat menjadi tempat dilangsungkannya MotoGP, di Sumatera juga sempat digelar salah satu seri kejuaraan reli dunia WRC. Namun itu semua kini tinggal kenangan, sudah minim motorsport bergengsi yang mau balapan di Sentul, karena dinilai sudah tidak memadai.

Akan tetapi, kini ada secercah harapan pasca pertemuan Gubernur Jakarta, Basuki T. Purnama dengan pemilik sirkuit Almeria, Spanyol sekaligus promotor Motor 2 David Gracia. Menurut laporan dari Detik, intinya mereka berbicara soal bisnis, tapi ada kabar menggembirakan bagi penggemar balapan. Pria yang juga disapa Ahok tersebut akan membangun sirkuit bertaraf Internasional yang nyaman.

Inside Fast and Furious Yayasan Cinta Anak Bangsa di Sentul

Kita ingin business to business saja. Artinya, dari Spanyol ini mereka ingin di Indonesia ada sirkuit standar internasional karena penjualan motor (mencapai) 8 juta unit di Indonesia. Jadi nggak heran Jakarta numpuk terus motor,” demikian kata Ahok. Ya nggak heran sih numpuk, dengan DP ringan saja sudah bisa bawa motor baru kok ke rumah.

Menurut Ahok, sirkuit tersebut nanti akan dibangun berdekatan dengan fasilitas penunjang seperti hotel, bandara dan mall. Tujuannya jelas, agar para turis dari luar negeri yang datang untuk menyaksikan balapan tak perlu jauh-jauh mencari di mana sirkuitnya.

Mobil-GP2-Campos-Racing-Samping

Kita ingin sirkuit yang orang duduk nonton itu bisa (nyaman) semua dan kita juga (ingin lokasi) dekat bandara serta ingin Jakpro (PT Jakarta Propertindo) juga bangun mall juga hotelnya dekat situ, langsung ada sirkuitnya. Kita tunjuk Jakpro yang bangun karena kerja sama. Kita butuh yang punya sirkuit Spanyol nih, David Garcia itu punya sirkuit di Spanyol, punya sekolah balapan. Jadi kita ingin masukin di event internasional,” tambah Ahok.

Dengan dana pembangunan sekitar 2 Triliun Rupiah, sirkuit ini diklaim selesai pada tahun 2017. Menurut perkataan Ahok, ia dikabari oleh Ketua DPRD, Prasetio Edi Marsudi kalau ada pengusaha yang mau membantu CSR juga supaya sirkuit internasional ini terwujud.

Toyota-Yaris-tes-reli

Soal di mana sirkuitnya, apa namanya dan lain-lain, Ahok masih belum bisa mengumumkannya. Namun kalau kata kuncinya “dekat bandara”, mungkin tanah yang akan menjadi lokasi sirkuit berdekatan dengan bandara Soekarno-Hatta. Tahun ini juga, lokasi tanah misterius tersebut rencananya akan langsung dibeli dan mulai digarap.

Wah, seru nih kalau bakal ada sirkuit bertaraf internasional baru selain Sentul. Dengan adanya sirkuit ini, diharapkan motorsport bergengsi seperti F1 dan MotoGP kembali memasukkan Indonesia ke daftar kalendernya, dan bisa juga untuk mewadahi para pembalap Indonesia yang berprestasi. Bosan juga kalau yang diperhatikan hanya sepak bola melulu yang… Yaa begitulah. Motorsport, badminton, anggar dan olahraga lain yang mencetak banyak prestasi layak mendapat dukungan yang serius.

Bagaimana menurut anda? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: