8 tips membeli mobil bekas, apa saja sih?

by  in Tips
8 tips membeli mobil bekas, apa saja sih?
0  komentar

AutonetMagz.com – Saat ini memiliki sebuah mobil pribadi seolah-olah sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, mobil memang dapat membantu menunjang mobilitas aktifitas kamu sehari-hari. Berpergian menggunakan mobil pribadi tentu dapat membuat perjalanan kamu menjadi lebih cepat, aman dan nyaman. Hal itulah yang menjadi alasan bagi sebagian besar masyarakat yang ingin memiliki sebuah mobil pribadi.

Namun, sayangnya tidak semua orang mampu membeli sebuah mobil baru, harga mobil baru yang masih tergolong mahal terkadang menjadi faktor yang membuat mereka menjadi tidak mampu untuk membelinya. Sehingga bagi sebagian dari mereka menganggap membeli mobil dengan kondisi bekas menjadi sebuah solusi yang tepat untuk memiliki mobil pribadi.Membeli mobil bekas tentu tidak semudah ketika membeli sebuah mobil baru, diperlukannya ketelitian bagi kamu ketika ingin membeli sebuah mobil bekas. , diperlukannya ketelitian bagi kamu ketika memilih sebuah mobil bekas. Nah, apa saja sih yang perlu kamu perhatikan ketika hendak membeli sebuah mobil bekas? Berikut ini beberapa tips dari kita yang dapat membantu kamu dalam memilih sebuah mobil bekas idaman:

  1. Sesuaikan antara kebutuhan dan keinginan

Hal yang pertama wajib kamu perhatikan jika ingin membeli sebuah mobil bekas tentunya adalah sesuaikan antara kebutuhan dan keinginan. Jangan sampai ketika kamu membeli sebuah mobil berdasarkan yang kamu inginkan namun ternyata tidak sesuai dengan yang kamu butuhkan. Misalnya kamu sebenarnya membutuhkan sebuah mobil keluarga yang memiliki kapasitas penumpang yang banyak, namun kamu justru membeli sebuah citycar yang memiliki kapasitas penumpang sedikit, tentu hal tersebut akan menjadi percuma karena tidak sesuai dengan yang kita butuhkan.

  1. Sesuaikan dengan budget yang ada

Hal kedua yang wajib kamu perhatikan yaitu sesuaikan dengan budget yang kamu miliki saat ini, jangan sampai kamu nekat membeli sebuah mobil yang jauh diluar budget kamu. Selain itu jika kamu membeli sebuah mobil bekas kamu juga wajib menyiapkan budget lebih untuk melakukan perbaikan atau perawatan. Yaa meskipun kita membeli sebuah mobil bekas dalam kondisi baik bukan berarti tidak perlu perawatan lagi loh.

  1. Cek kelengkapan surat-surat

Jangan lupa lakukan pengecekan terhadap kelengkapan surat-surat dari mobil tersebut, dan sesuaikan antara nomor rangka dan mesin yang ada di STNK dengan yang menempel dimobil tersebut. Jangan sampai kamu membeli mobil yang tanpa surat-surat yang justru dapat merugikan kamu nantinya.

  1. Cek beberapa komponen penting di mesin

Lakukanlah pengecekan terhadap beberapa komponen penting di mesin seperti timing belt, fan belt, busi, serta pastikan tidak ada kebocoran-kebocoran di ruang mesin baik itu berupa oli ataupun air, hal ini untuk mengurangi biaya perawatan kamu setelah membeli mobil tersebut. Usahakan ketika mengecek ruang mesin dilakukan pada siang hari atau dengan pencahayaan yang cukup.

  1. Cek temperatur suhu kerja mesin

Pastikan juga temperatur suhu kerja mesin tersebut berada di suhu normal dan tidak overheat, kondisi temperatur mesin mobil yang overheat dapat menyebabkan kerusakan yang cukup parah pada blok mesin. Tentu kamu tidak ingin dong setelah membeli mobil justru mobil kamu malah ‘rawat inap’ di bengkel dalam jangka waktu yang cukup lama.

  1. Pastikan mobil tidak bekas tabrakan

Untuk mengetahui apakah mobil tersebut bekas mengalami tabrakan atau tidak lakukanlah pengecekan dengan spooring. Dengan melakukan spooring kamu dapat mengetahui mengenai camber, caster, dan toe ban mobil tersebut apakah berada pada sudut normal dari mobil tersebut atau tidak. Jika sudut camber, caster, dan toe sudah jauh dari batas toleransi maka hal tersebut dapat menyebabkan pengendalian mobil kamu menjadi tidak sempurna, seperti stir mobil akan menjadi narik ke kiri atau ke kanan dengan sendirinya ketika mobil berjalan lurus.

  1. Lakukan test drive terlebih dahulu

Jangan lupa untuk melakukan test drive terlebih dahulu sebelum membeli mobil tersebut, hal ini merupakan hal wajib untuk kamu lakukan. Pastikan ketika kamu mengendarainya apakah stir mobil tersebut jika dijalan lurus berbelok sendiri atau tidak, lalu perhatikan juga apakah terdengar ada bunyi-bunyi aneh yang berasal dari ruang mesin atau dari kaki-kaki.

  1. Cek di bengkel terpercaya

Tips terakhir yaitu, jika kamu tidak terlalu paham mengenai mobil sebaiknya kamu mengajak teman yang paham mobil atau lakukan pengecekan mobil tersebut di bengkel yang kamu percaya, namun hal ini tentunya harus mendapatkan izin terlebih dahulu dari penjual mobil tersebut.

Semoga beberapa tips dari kita diatas dapat membantu kamu untuk mendapatkan sebuah mobil bekas idaman untuk keluarga kamu. ingat, membeli sebuah mobil bekas tentu kondisi mobilnya tidak sesempurna mobil baru, jadi kamu jangan terlalu berekspektasi tinggi juga yaa, yaa namanya juga mobil bekas, pasti ada aja kurang ini-itunya. Namun jika kamu teliti dalam memilihnya serta merawat mobil tersebut dengan baik dan benar tentu mobil bekas pun akan berasa seperti mobil baru.

Read Prev:
Read Next: