7 Mobil Baru Menarique Yang Akan Dijual Lokal di 2019

by  in Berita&Daihatsu&DFSK
7 Mobil Baru Menarique Yang Akan Dijual Lokal di 2019
0  komentar

AutonetMagz.com – Tahun 2018 kini sudah menginjak bulan yang terakhir, yang berarti tahun 2019 sudah ada di hadapan kita. Sudah banyak hal menarik yang terjadi di 2018 ini dari sisi sektor otomotif. Dan menyambut tahun 2019 mendatang, kami pun berharap sektor otomotif akan semakin bertumbuh dan menghadirkan produk – produk jempolan. Tentunya, saat menyambut tahun baru, ada beberapa selentingan dan pertanyaan mengenai produk baru yang akan hadir di tahun tersebut, dan kami dari Tim redaksi AutonetMagz pun telah menghimpun 7 mobil menarique yang dikabarkan akan hadir, atau malah beberapa sudah dipastikan akan hadir di tahun 2019 mendatang. Lalu, apa saja mobil – mobil yang sudah kami list? Yuk kita bedah

1. New Toyota Avanza & New Daihatsu Xenia

Yap, kedua mobil ini layak mendapatkan posisi pertama dalam list kami, selain karena punya sejarah yang cukup baik di Indonesia, keduanya juga merupakan produk yang berstatus volume maker. Apalagi, pasar yang selama ini dikuasai oleh duet Astra ini selama setahun terakhir mendapatkan ‘gangguan’ oleh pendatang baru, Mitsubishi Xpander. Jelas kehadiran versi terbaru dari duet New Toyota Avanza dan New Daihatsu Xenia cukup dinantikan untuk melihat bagaimana respon keduanya menghadapi Mitsubishi Xpander dan All New Suzuki Ertiga.

Baru – baru ini, atau lebih tepatnya kemarin, muncul bocoran yang kami dapatkan mengenai sosok New Toyota Avanza dan New Daihatsu Xenia. Secara umum, ubahannya sedikit terlihat, namun nampaknya tak signifikan dibandingkan dengan versi sebelumnya secara eksterior. Namun secara fitur, ada beberapa tambahan fitur yang diisukan akan hadir, seperti start stop button, HSA, VSC, AC Digital, dan juga lampu LED yang kabarnya ala – ala Toyota Rush / Toyota Voxy dan antena shark fin. Kita tunggu saja kabar mengenai kehadiran New Toyota Avanza dan New Daihatsu Xenia yang dari gosipnya akan di-preview bulan ini dan muncul harganya di bulan depan.

2. All New Nissan Grand Livina

Nah, posisi kedua dari list yang kami buat kami berikan pada All New Nissan Grand Livina. Mengapa? Karena mobil ini akan menjadi nyawa baru bagi pihak Nissan Motor Indonesia (NMI) untuk mengarungi pasar di Tanah air setelah sebelumnya sempat vakum cukup lama akan produk baru sebelum kehadiran Nissan Terra. Kehadiran All New Nissan Grand Livina juga akan membuka babak baru persaingan LMPV di Indonesia, karena suka atau tidak, prediksi kami mobil yang akan dibangun dari basis Mitsubishi Xpander ini akan menarik perhatian masyarakat.

Selain karena ubahan ini sudah lama dinanti, nama Xpander yang ada di belakang produk ini juga tengah digandrungi. Apalagi, duet All New Nissan Grand Livina dan Mitsubishi Xpander akan berhadapan dengan duet New Toyota Avanza dan New Daihatsu Xenia. Sebuah pertarungan yang menurut kami cukup berimbang karena semuanya punya aliansi. Walaupun begitu, ada isu peluncuran dari All New Nissan Grand Livina agak terhambat dengan ditahannya Carlos Ghosn bulan lalu. Kami sih berharap sosok All New Nissan Grand Livina tetap akan menampakkan dirinya tahun depan.

3. Wuling SUV (Baojun 530 Versi Indonesia)

Posisi ketiga kami berikan pada Wuling SUV. Sosok yang sudah wara – wiri di Indonesia melakoni tes jalannya ini dikabarkan akan hadir di awal tahun 2019 mendatang, mengacu pada perbincangan kami dengan Mbak Dian Asmahani, Brand Manager dari Wuling Motor Indonesia. Wuling SUV sendiri akan menjadi produk keempat yang akan diperkenalkan oleh pihak SGMW Motor Indonesia, dan jika merujuk pada pemberitaan sebelumnya, Wuling SUV akan mengusung mesin 1.500cc Turbo dengan transmisi CVT dan kelengkapan yang kurang lebih sama dengan Wling Cortez, hanya ada tambahan start stop button.

Kehadiran dari Wuling SUV akan memanaskan segmen SUV bertenaga mesin turbo, setelah sebelumnya ada Chevy Trax, Honda GR-V Turbo, dan juga DFSK Glory 580 yang mengandalkan mesin yang serupa. Kita nantikan saja seperti apa kejutan dari Wuling SUV di Indonesia nanti. Jika di Bogota Wuling SUV di-rebadge menjadi Dhevy Captiva, akankah Wuling menggunakan nama ‘Captiva’ pada Wuling SUV? Toh, sama sama berawalan ‘C’ seperti Confero dan Cortez, dan kenyataannya Chevy Captiva sudah tidak dijual di Indonesia saat ini.

4. DFSK 7 Seater SUV Turbo (Prediksi : DFSK Glory s560)

Posisi keempat kami berikan pada seteru senegara dari Wuling, yaitu DFSK alias Dongfeng Sokon. Walaupun periode masuknya kedua merk ini ke Indonesia hampir bersamaan, dan sama – sama membangun fasilitas di tanah air, namun keduanya tak bisa head to head dalam hal produk. Karena, produk yang dijual Wuling adalah MPV dan Minibus Niaga, sedangkan produk yang dijual oleh DFSK adalah SUV dan pikap. Namun semuanya akan berubah saat Wuling SUV masuk, dan pihak DFSK sudah menyiapkan langkah antisipasi dengan memperkuat lini produk SUV miliknya.

Setelah DFSK Glory 580 diperkenalkan, pihak Sokonindo juga kabarnya akan membawa masuk 1 varian SUV lain yang berkapasitas 7 penumpang dengan mengusung mesin 1.500cc Turbo. Berhubung kabarnya mobil ini akan diposisikan di bawah dari DFSK Glory 580, maka prediksi kami sosok ini adalah DFSK Fengguang s560 yang sudah dijual di China, dan bisa saja diberi nama DFSK Glory 560 di Indonesia. Selain itu, akan ada varian baru dari DFSK Glory 580 di Indonesia tahun depan.

5. All New Toyota Camry

Di posisi kelima kami menempatkan All New Toyota Camry sebagai salah satu produk menarik yang akan hadir di 2019. Mengapa? Karena ubahan yang terjadi di generasi terbaru dari Toyota Camry terbilang masif. Bukan hanya sektor eksterior dan interior, namun juga di platform yang digunakan. Selain itu, ada beberapa fitur yang juga hadir di generasi terbaru dari Toyota Camry ini. Hanya saja, belum ada kepastian mengenai spesifikasi dan fitur yang akan diusung oleh All New Toyota Camry versi Indonesia, karena kenyataannya versi Thailand dan versi Malaysia saja sudah beda secara spesifikasi.

Megacu pada konfirmasi kami kepada Bang Rouli Sijabat, PR Manager PT TAM di awal november silam, kehadiran dari sedan medium mereka ini hanya tinggal menanti waktu. Dan dari kasak kusuk yang kami dengar, peluncuran dari All New Toyota Camry akan dilakukan tak jauh dari peluncuran New Toyota Avanza, jadi kemungkinannya dilakukan di bulan pertama tahun depan.

6. New Mitsubishi Triton

Sama seperti All New  Toyota Camry, kami menempatkan New Mitsubishi Triton di dalam list ini karena ubahan yang diusungnya cukup kentara. Walau belum menggunakan basis yang sepenuhnya baru, namun penggunaan wajah baru yang merupakan gabungan antara Mitsubishi Pajero Sport dan Mitsubishi Xpander tersebut telah sukses membuat banyak penggemar otomotif yang terkesan, walau tak sedikit juga yang merasa kurang pas. Tim Redaksi kami juga sempat menghadiri acara peluncurannya secara world premiere di Thailand silam, dan pastinya New Mitsubishi Triton juga akan menyapa pasar di Indonesia.

kehadiran New Mitsubishi Triton akan memberi warna baru pada segmen pasar double cabin di tanah air, apalagi bagi mereka yang menjadikan mobil ini sebagai city cowboy. Secara tampilan, New Mitsubishi Triton sudah cukup oke untuk dibawa berjalan – jalan di perkotaan, walaupun masih perlu kita cermati lagi apakah desain semacam ini akan cukup fungsional untuk pasar aslinya di perkebunan dan pertambangan.

7. Proton X70

Dan produk terakhir yang kami masukkan dalam list ini adalah produk dari negeri tetangga, Malaysia yang berbau produk China. Semacam makan Nasi Lemak namun pakai Nasi Hainan. Yap, Proton X70 adalah produk pertama hasil kolaborasi Geely dan Proton, sekaligus SUV pertama dari pabrikan asal Malaysia tersebut. Proton X70 dikabarkan akan mulai dijual di Indonesia tahun depan, dan akan membidik IIMS 2019 dan GIIAS 2019 sebagai ajang untuk mempertontonkan kebolehan dari Proton X70. Kehadiran dari Proton X70 juga menjadi salah satu pembuktian bahwa Proton Edar Indonesia masih eksis.

Nah, itulah ketujuh mobil yang menarique versi AutonetMagz yang akan hadir di tanah air tahun depan. Masih ada banyak mobil menarik yang rumornya akan masuk ke Indonesia tahun depan yang tak bisa kami sebutkan satu per satu, atau mungkin juga ada yang terlewat. Mulai dari Toyota Corolla terbaru, Suzuki Jimny, Mazda 6 Turbo, dan beberapa produk lainnya. Nah, kalau versi kalian bagaimana? Mungkin ada mobil yang belum kami sebutkan diatas, kalian bisa sebutkan di kolom komentar di bawah ini.

Read Prev:
Read Next: