7 Kelengkapan Yang Sebaiknya Kalian Bawa Selama Musim Hujan

by  in Serba 7&Tips
7 Kelengkapan Yang Sebaiknya Kalian Bawa Selama Musim Hujan
0  komentar

AutonetMagz.com – Tak terasa bulan Januari sudah mendekati ujungnya, dan bulan – bulan awal setiap tahun di Indonesia selalu akrab dengan musim penghujan. Datangnya hujan tak bisa selalu diprediksi, kadang terlihat dari langit yang mendung, kadang tiba – tiba saja hadir. Nah, lalu jika kalian sedang berkendara, dan tiba – tiba hujan, tentunya kalian perlu menyediakan beberapa kelengkapan khusus untuk menyambut turunnya air dari langit.

Nah, tim redaksi AutonetMagz telah menghimpun 7 barang yang sebaiknya kalian bawa selama musim hujan ini. Baik yang naik mobil maupun motor, ada baiknya kalian mempersiapkan beberapa barang yang kami sebutkan di bawah untuk berjaga – jaga. Cekidot.

1. Payung / Jas Hujan

Nah, jelas dan pasti barang yang pertama kami sebutkan adalah Payung untuk kalian yang mengendarai mobil, ataupun jas hujan untuk kalian yang menggunakan motor. Kedua alat ini perannya vital untuk menerjang hujan. Bagi pengguna payung, kalian memiliki opsi baru saat ini dengan model payung terbalik yang jelas lebih mudah dibuka saat kalian keluar dari mobil. Sedangkan bagi pemotor, jas hujan individual (non ponco) juga menjadi salah satu opsi yang aman untuk digunakan karena lebih meminimalkan masuknya air ke sisi dalam jas hujan.

2. Sandal/Sepatu Karet

Berkutnya, yang perlu kalian bawa adalah sandal karet atau sepatu karet. Membawa salah satu dari kedua barang ini akan sangat berjasa untuk menyelamatkan sepatu atau sandal kalian dari air. Contohnya, jikalau kalian naik motor dan menggunakan sneakers, lalu tiba – tiba hujan datang, kalian bisa segera melepas sepatu kalian dan berganti dengan sandal yang sudah kalian sediakan. Pun begitu jika kalian naik mobil dan ingin berhenti untuk ke minimarket, kalian bisa menggunakan sandal. Daripada sepatu kece kalian kena becek dan kotor, kan sayang.

3. Pakaian Cadangan

Nah, kalau yang satu ini sebenarnya berasal dari pengalaman pribadi. Ada baiknya kalian menyediakan pakaian cadangan di jok motor atau di dalam mobil. Pakaian ini berguna jika kalian apes dan terkena hujan atau cipratan air selama kalian di jalan, apalagi kalau kalian akan menghadiri sebuah acara ataupun pertemuan yang penting, rapat atau malam mingguan contohnya. Dengan adanya pakaian cadangan, jika pakaian kalian basah saat perjalanan, kalian bisa mengganti pakaian dahulu sebelum melanjutkan aktivitas kalian.

4. Kantong Plastik

Khusus untuk para pemotor, kantong plastik bisa menjadi penyelamat di kala hujan datang. Apalagi jika kalian menggunakan motor dengan bagasi yang kecil, dan membawa beberapa barang bawaan yang penting. Tentunya barang – barang kalian akan aman dari air saat kalian masukkan ke dalam kantong plastik yang terikat dengan sempurna. Barang seperti Helm, jaket, dan juga dompet bisa kalian amankan dalam kantong plastik. Namun akan beda ceritanya jika kalian menggunakan mobil ataupun motor dengan bagasi yang luas, motor matik contohnya.

5. Toolkit Lengkap

Kesediaan toolkit yang lengkap akan sangat berguna saat kendaraan kalian menerjang hujan, karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi selama kalian berada di bawah hujan. Bisa saja kendaraan kalian tiba – tiba bermasalah dan memerlukan penanganan. Selain itu, cermatlah dalam memilih jalan yang akan kalian lewati. Hujan sangat identik dengan banjir di kota – kota besar, dan selalu ingat bahwa yang kalian kendarai adalah motor dan mobil, bukan jetski dan speedboat.

6. Cemilan & Hiburan

Lho, hujan kok siapin cemilan? Bagi kalian yang berkendara dalam mobil, jelas tahu bahwa hujan akan menimbulkan kemacetan. Nah, jika kalian terjebak macet yang lama saat hujan, hiburan dan makanan bisa menjadi salah satu teman yang akan mengurangi rasa stress kalian berkendara. Lho? Kalau naik motor bagaimana? Bisa kok, melipir ke giras atau warkop terdekat, seruput kopi sambil dengerin musik. Pada intinya, hujan bisa membuat kalian mengalami stress karena jalanan akan makin padat, namun kalian bisa mengakali dengan merilekskan pikiran.

7. Pemain Cadangan

Lho? Kok pemain cadangan? Yap, yang kami maksud pemain cadangan adalah rekan untuk diajak hujan – hujanan bersama, berdua kan lebih baik daripada sendiri. Eh. Maksud kami, dengan adanya rekan selama hujan, maka kalian bisa saja saling berbincang ataupun bergantian mengemudi. Disaat kondisi terjelek dimana kendaraan kalian bermasalah, kalian pun tak akan terlalu pusing karena tak sendiri. Begitupun jika kendaraan kalian mogok, kalian punya satu tenaga untuk membantu mendorong. Eh, bercanda ya. 😀

Barang – Barang Lainnya

Selain ketujuh hal diatas, kalian juga bisa membawa beberapa kelengkapan lainnya. Contohnya seperti jaket yang sudah waterproof untuk menerjang hujan yang tipis – tipis, ataupun lap plas chamois untuk mengelap jok motor ataupun kaca mobil.

Jadi, itulah beberapa kelengkapan yang bisa kalian bawa selama musim hujan ini berlangsung. Kalau kalian bagaimana? Apakah kalian punya tips untuk membawa barang lain yang juga berguna selama musim hujan? Yuk sampaika di bawah.

Read Prev:
Read Next: