7 Kelebihan Toyota Calya dan Kekurangannya

0  komentar

Jakarta, AutonetMagz – Toyota Calya dan Daihatsu Sigra merupakan mobil yang fenomenal sekaligus memperluas market yang selama ini hanya dihuni oleh Datsun GO+ Panca. Kiranya apa yang menjadi nilai lebih dan minus dari hasil review kami terhadap Toyota Calya yang baru saja diperkenalkan Selasa, 3 Agustus kemarin? Simak artikel ini, karena kami sudah ringkas kelebihan dan kekurangan Toyota Calya

Kelebihan Toyota Calya

1. Lega
Jika dibandingkan dengan Toyota Avanza, Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga, mobil ini memang terasa sempit.

Interior Toyota Calya

Namun jika dibandingkan dengan yang sekelasny, mobil jauh lebih lega dibandinkan dengan Datsun GO+ Panca. Mulai dari kursi baris kedua, ketiga, kelegaannya jauh dibandingkan sang pionir LCGC dengan kursi tiga baris

2. Fitur Lengkap
Dengan banderol harga kurang dari 150 juta, untuk varian tertinggi mobil ini memiliki fitur fitur kenyamanan yang cukup lengkap.

Power charging station Toyota Calya port charger hp

Contohnya mulai dari power window di keempat pintu yang bisa dikendalikan semuanya dari pintu pengemudi (tidam seperti Datsun GO yang terpisah), electric mirror, head unit 4 speaker dengan USB, AUX dan Bluetooth connectivity, MID, Eco Mode, Fog Lamp dan wiper belakang.

3. Harga Murah
Toyota Calya dijual mulai dari 130an juta hingga 149 juta Rupiah, terpaut nyaris lebih dari 60 juta Rupiah perbedaan harganya dengan Toyota Avanza G AT.

Harga Toyota Calya tipe G

Sehingga jika anda terlalu berat untuk menebus mobil dengan harga sekelas Avanza, mobil ini bisa menjadi penawar untuk dompet anda

4. Air Circulator
Mungkin anda lucu ketika mendengar kata Kipas Angin yang sering kami ucapkan ketika menjelaskan tentang Air Circulator.

Rear air circulator Toyota Calya AC belakang

Tapi memang mobil ini tidak dilengkapi dengan AC double blower dan menggantinya dengan air circulator agar baris kedua dan ketiga tetap mendapatkan udara segar. Alasan Toyota tidak memberikan double blower dikarenakan takut mengurangi performa mesinnya yang terbatas karena 1.200 cc, at least ada usaha dibanding Datsun GO+ Panca.

5. Praktis
Hal yang paling berkesan mobil ini ada pada kepraktisannya yang bagus sekali, hal hal kecil yang membantu kepraktisan di mobil ini tidak dikurangi oleh Toyota.

Jok one touch tumble Toyota Calya

Seperti one touch tumble, kursi tengah dengan sliding, kursi belakang yang dapat dilipat dengan mudah dan sabuk pengaman tengah yang bisa ditarik dengan mudah dari atas meskipun mengganggu pemandangan kursi belakang. Hal ini patut diacungi jempol.

6. Fitur Safety Bagus
Mobil ini punya harga yang murah, tapi fitur keselamatannya tidak majn main, bahkan sama seperti Toyota Fortuner sekalipun. Yap, Toyota Calya sudah memiliki dua buah airbags, rem ABS, rem depan cakram, kursi ISOFIX, side impact beam, immobilizer dan 7 buah seatbelt. Hanya kalah 1 buah airbags saja dibanding Fortuner yang harganya 3-4 kali lipat Calya.

toyota calya indonesia rem abs

7. Bagasi Cukup Lega dan Mudah
Mengingat bagasi Datsun GO+ Panca yang bisa dibilang tidak ada bagasi sama sekali, Toyota Calya justru sebaliknya, ia cukup lega, bisa menampung 3 buah galon dan 1 tas kecil sekaligus. Ditanbah jika kursi dilipat, ia bisa menjadi sangat lega. Hal yang kami suka ada pada door handle pintu belakang yang biasa absen pada mobil mobik murah.

toyota calya indonesia bagasi

Kekurangan Toyota Calya

1. Harus BBM RON 92 atau lebih
Mesin Toyota Calya harus mengikuti standar yang ditetapkan oleh pemerintah. Dimana LCGC harus dirancang untuk meminum BBM dengan nilai oktan diatas RON 92. Saat ini BBM dengan RON dibawah 92 hanya ada 2 jenis mulai dari Pertamina Premium dan Pertalite. Meskipun lebih murah, ia harus anda isi dengan BBM yang lebih mahal.

toyota calya indonesia mesin

2. Posisi Duduk dan Kursi Pengemudi kurang nyaman
Toyota Calya memiliki kursi yang jauh dari kata nyaman. Pertama ia kurang suportif, head restnya masih menyambung dan terlalu rendah. Posisi duduk tidak dapat ditinggikan begitupula posisi stir dan seatbeltnya. Untuk perjalanan jauh posisi mengemudi seperti ini bisa membuat anda cepat lelah.

toyota calya indonesia jok pengemudi

3. Interior
Mobil murah identik dengan interior dengan desain dan material yamahang tidak bagus. Tentu saja hal ini juga berlaku untuk mobil ini. Dipenuhi dengan bahan plastik murah dan tipis, desain seadanya, door trim yang mudah tergores serta beberapa komponen yang goyang ketika ditekan membuatnya illfeel (ya, dashboardnya masih goyang saat ditekan-tekan, revisi untuk artikel sebelumnya). Untung saja built quality dan matching interiornya cukup rapi dibandingkan LCGC sekelasnya. Yah at least sudah ada improvement dibanding Agya sih.

toyota calya indonesia dashboard

4. Mesin Kapasitas Kecil
Toyota Calya dibekali dengan mesin 1.200 cc 4 silinder dengan tenaga 88 PS di rpm 6.000 dan torsi 109 NM di rpm 4.800. Diatas kertas mobil ini cukup untuk sebuah 5 seater yang memiliki bobot 800 kilogram seperti Brio Agya. Namun mengingat mobil ini bobot yang lebih berat, kapasitas penumpang lebih banyak dan tentu saja tidak lebih aerodinamis dibanding Agya. Mesin 1.200 cc ini menjadi PR besar untuk anda yang hendak membawa mobil ini untuk keluar kota. Apalagi torsi puncaknya diraih di angka yang sangat tinggi sehingga pada saat kami menguji mobil ini di jarak pendek terasa lemot di tarikan bawahnya.

toyota calya indonesia side

5. Ukuran Ban Terlalu Kecil
Toyora Calya memiliki ukuran ban 195/65 dengan ring velg 14 inci. Dari ukuran velg mungkin tidak terlalu jadi masalah. Namun penggunaan lingkar ban terlampau kecil seperti sebuah citycar membuatnya terlihat cungkring, tidak proporsional dan memiliki grip yang tidak baik. Seandainya ukuran ban mobil.ini dibuat sama dengan avanza, mungkin lebih acceptable.

toyota calya indonesia pelek

6. Bodi Tipis
Memiliki bodi tipis merupakan cara singkat untuk membuat mobil ringan dan murah, hal ini terbukti pada LCGC sekelasnya yang menggunakan plat bodi tipis, bahkan mobil 400-500 jutaan pun ada yang bodinya tipis. Sebenarnya bodi tipis belum tentu jelek, karena mobil mobil kekinian mencoba menggunakan high tensile steel yang lebih kuat meskipun tipis, namun untuk mobil murah? Ah sudahlah, jangan terlalu banyak berharap.

toyota calya indonesia back

7. Tidak ada Corner Sensor
Ada hal yang menarik jika kita membandingkan Calya dan Sigra, Sigra tipe tertinggi memiliki corner sensor di bagian depan agar memudahkan kita saat parkir. Untuk anda yang masih belajar atau belum terbiasa membawa mobil ini paati akan terbantu ketika mengemudi masuk ke gang gang kecil atau parkir. Tetapi jika anda melihat Calya, ternyata fitur ini absen. Tumben…

fitur Daihatsu Sigra
Read Prev:
Read Next: