Inilah Sosok Asli Yamaha Fazer 250, Bukan Selera Banyak Orang

Inilah Sosok Asli Yamaha Fazer 250, Bukan Selera Banyak Orang
0  komentar

AutonetMagz.com – Di awal tahun ini, Yamaha India berhasil mengundang decak kagum para penggila otomotif di negeri Bollywood karena berhasil meluncurkan Yamaha FZ 250 yang walaupun secara mesin tak terlalu unggul, namun secara desain sudah cukup memukau di India plus memiliki beberapa detail yang sebenarnya memang enak dilihat. Kaki – kaki yang gambot juga mengingatkan kita pada seri Yamaha Byson 150 di tanah air.

Nah, dengan kesuksesannya merilis Yamaha FZ 250 pada awal tahun, sepertinya Yamaha ingin melanjutkan kegembiraannya dengan basis motor yang sama, namun dengan model dan jenis yang berbeda dibandingkan dengan Yamaha FZ 250. Namun tentunya segmen motor sport dengan fairing, karena di segmen tersebut sudah ada Yamaha R25 dan secara mesin tentu tak mumpuni karena hanya bertenaga 20,9 PS saja. Namun hal tersebut tak menutup pintu Yamaha untuk berinovasi, dan voila, kalau begitu buat saja model touring atau adventure berbasis Yamaha FZ 250, maka munculah motor yang diperkirakan bernama Yamaha Fazer 250.

Motor ini sebenarnya sangat terlihat diambil dari basis Yamaha FZ 250, namun bagian fairing depannya itu, hmmm, kami cukup susah untuk berpendapat. Mungkin lebih bisa dikatakan bahwa Yamaha Fazer 250 ini memang bukan selera kebanyakan orang di Indonesia. Hal ini wajar, karena desain ala motor India kurang bisa diterima oleh masyarakat Indonesia, seperti halnya Yamaha Byson 150 Injeksi. Kembali ke Yamaha Fazer 250,  motor ini terlihat menggunakan headlamp yang mirip dengan saudara satu basisnya, sedangkan selain bagian fairing depan, bisa dikatakan motor ini sangat mirip dengan Yamaha FZ 250.

Oleh karena itu, mari kita teliti bagian fairing dari Yamaha Fazer 250 ini. Fairing dari Yamaha Fazer 250 sebenarnya memiliki beberapa sudut yang melancip, yang mana sebenarnya cukup baik, namun ukuran yang terlampau besar, dan juga lampu yang kurang matching membuat perawakan depan dari Yamaha Fazer 250 cukup aneh. Diluar itu, Yamaha Fazer 250 menggunakan lampu sein di sisi terluar dari fairing yang disinyalir masih menggunakan bohlam biasa, berbeda dengan lampu utamanya yang disinyalir berteknologi LED. Windshield dari motor ini sebenarnya bisa kami katakan bagus dan terlihat racy, dimana pada sudut dari windshield motor ini terlihat membentuk seperti winglet yang sudah dilarang di MotoGP. Dudukan plat nomor sendiri ada di sisi atas di sisi depan dari windshield.

Untuk urusan mesin, diperkirakan Yamaha Fazer 250 akan menggunakan mesinyang sebasis dengan sang saudara, yaitu mesin 249cc pendingin udara SOHC yang memuntahkan tenaga 20.9PS pada 8000rpm dan torsi maksimum 20.0N.m pada 6000rpm. Secara kasar, mesin satu silinder ini sendiri dirasa cukup untuk motor yang diperkirakan berbobot diatas 148 kg ini. Jika sang saudara, Yamaha FZ25 dibandrol seharga INR 1,19,500 atau setara Rp. 23,4 jutaan saja, yang mana sangat murah untuk kubikasi 250cc, maka Yamaha Fazer 250 diprediksikan tak akan terpaut terlalu jauh banderolnya dibandingkan dengan sang saudara. Jadi, Yamaha Fazer 250 ini sudah terkuak wujud aslinya, dan mungkin akan segera mengaspal di India, namun di Indonesia? Sebaiknya jangan, karena memang bukan selera orang sini. Bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: