XL6 Tak Cukup, Suzuki XL7 Akan Rilis di India Awal 2022

XL6 Tak Cukup, Suzuki XL7 Akan Rilis di India Awal 2022
0  komentar

Autonetmagz.com – Beberapa dari kalian yang lahir di era 1990-an pasti paham bahwa Suzuki XL-7 adalah versi long wheelbase dari Suzuki Escudo generasi kedua. Saat itu Suzuki XL-7 dilengkapi mesin 2500cc 6 silinder yang menghasilkan 156 dk dan torsi maksimum 213 Nm. Dipasarkan dari 2003 hingga 2006 yang setelahnya digantikan oleh Suzuki Grand Vitara. Apakah India akan memproduksi versi ‘reborn‘ dari SUV tersebut? Kan lumayan bisa bersaing dengan Toyota Fortuner atau Mitsubishi Pajero Sport. Sayangnya Suzuki XL-7 yang dimaksud bukan itu.

Versi 7-Seater dari Suzuki XL-6

Yang dimaksud disini ternyata adalah versi crossover dari Suzuki Ertiga. Di Indonesia sendiri, Suzuki XL-7 sudah diperkenalkan sejak Februari 2020 silam. Lho bukannya di India sudah ada Suzuki XL-6? berbeda lagi, ini adalah versi 7-seater dari Suzuki XL-6, sama dengan yang dipasarkan disini. Rupanya di pasar India banyak konsumen yang menginginkan Suzuki XL-6 dengan kapasitas tujuh tempat duduk. Maka dari itu pihak Suzuki India akan merilis versi tujuh tempat duduk dari Suzuki XL-6.

Rasanya ada yang kurang bagi masyarakat India apabila membeli mobil namun dengan ‘slot kosong’ di jok baris kedua. Memang jok baris kedua dengan captain seat bisa saja diduduki tiga orang atau bahkan lebih. Namun yang duduk di bagian tengah pastilah tidak nyaman, karena tumpuan bawahnya tidak seluas yang duduk di sisi kiri atau kanan. Memang bisa saja mereka membeli Suzuki Ertiga biasa, lalu mengganti part bumper depan-belakang dan perintilan lainnya seperti overvender agar mirip dengan Suzuki XL-6. Namun rasanya aksesoris bawaan pabrik pasti lebih baik bukan?

Sementara untuk mesinnya, tampaknya akan menggunakan unit empat silinder 1,5 liter bensin Mild hybrid yang digunakan juga pada Suzuki XL-6. Mesin tersebut dapat mengeluarkan daya maksimum 104,7 PS dan torsi puncak 138 Nm dan dipasangkan dengan transmisi manual lima kecepatan sebagai standar atau unit transmisi otomatis torque conventer empat kecepatan sebagai opsi. Sayangnya Suzuki India belum mengumumkan apakah versi 7-seater ini akan dilengkapi juga dengan mesin diesel, tetapi apabila permintaannya tinggi, harusnya sih ada.

Bagaimana Dengan Kondisi Disini?

Berbeda dengan pasar sini yang menginginkan Suzuki XL-7 dengan captain seatcuman suzukinya ga peka. Sampai saat ini belum ada mobil sejenis yang menawarkan opsi captain seat. Kalau mau mobil dengan captain seat, ya harus beli LMPV seperti Wuling Confero, atau Medium MPV seperti Wuling Cortez atau Toyota Innova. Rasanya tidak ada salahnya menawarkan opsi yang belum ada di kompetitor, seperti apa yang dilakukan Suzuki saat pertama kali merilis Suzuki Ertiga. Karena Saat itu ada varian dari Suzuki Ertiga yang sudah dilengkapi Airbag, sementara Toyota Avanza belum. Bagaimana pendapat kalian? sampaikan di kolom komentar ya.

Read Prev:
Read Next: