Walau Turun, Toyota Masih Pimpin Pasar Otomotif Indonesia

by  in Berita&Merek Mobil&Nasional
Walau Turun, Toyota Masih Pimpin Pasar Otomotif Indonesia
0  komentar

AutonetMagz.com – Sudah rahasia umum kalau pasar otomotif di Indonesia anjlok di tahun 2020 lalu. Pandemi dan juga kondisi ekonomi menjadi faktor yang meluluh lantahkan penjualan otomotif lokal. Efeknya pun mempengaruhi capaian setiap pabrikan, termasuk Toyota. Toyota Astra Motor (TAM) selaku APM resmi Toyota di Indonesia pun ikut terkena imbasnya. Penurunan dirasakan Toyota selama 2020 silam, namun pabrikan asal Jepang ini masih mampu bercokol di podium utama dalam hal penjualan.

Kuasai 31% Pasar Lokal

Toyota Indonesia berhasil mencatatkan penjualan retail di angka 182.665 unit sepanjang 2020 silam. Angka ini membuat pihak Toyota mendominasi pasar dengan angka 31%. Kalau secara marketshare, angka yang dicapai oleh Toyota masih 11-12 dengan kondisi di tahun 2019. Namun, secara angka memang turun cukup banyak. Kalau di-breakdown secara kuartal, Toyota mencatatkan penjualan sebanyak 66.599 unit di kuartal pertama 2020. Sedangkan di kuartal kedua yang bersamaan dengan munculnya pandemi, Toyota hanya membukukan 23.366 unit saja. Kuartal ketiga 2020 merupakan momen kebangkitan pasar otomotif di Indonesia, termasuk bagi Toyota.

Toyota membukukan 35.111 unit di momen tersebut. Sedangkan kuartal ke 4, Toyota mampu membukukan 54.589 unit, alias mendekati capaian di Q1. “Meskipun situasi di tahun 2020 cukup menantang, kami berkomitmen untuk tidak pernah berhenti memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat Indonesia, tidak hanya dengan menghadirkan lineup kendaraan yang lengkap, tapi juga berbagai layanan.Terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan. Ke depan, kami akan terus berupaya untuk menciptakan mobility happiness for all,” kata President Director PT. TAM, Susumu Matsuda.

MPV Dominan, Elektrifikasi Ngegas!

Dari capaian yang berhasil dibukukan Toyota, segmen MPV masih menjadi primadona. Kondisi ini sedikit berbeda dengan rival mereka yaitu Honda dan Suzuki. Segmen MPV menyumbangkan 57,6% dari total penjualan Toyota di 2020. Toyota Avanza, dan Toyota Veloz mencatatkan penjualan sebesar 40.728 unit. Angka yang cukup baik, walaupun tak cukup baik untuk membuat LMPV legendaris itu bercokol di puncak klasemen. Yap, Honda Brio mengambil alih tahta Toyota Avanza-Veloz di 2020 lalu. Selain MPV, SUV milik Toyota juga menyumbangkan angka yang cukup besar.

Jajaran SUV Toyota menyumbangkan 26,8% dari total penjualan, dimana primadonanya adalah Toyota Rush. Toyota Rush membukukan penjualan di angka 34.528 unit selama 2020 silam. Yang menarik, segmen elektrifikasi Toyota mengalami peningkatan yang signifikan di tengah pandemi. Toyota memiliki 10 line up elektrifikasi baik di segmen Hybrid, PHEV dan EV. Secara total, produk elektrifikasi Toyota mencatatkan angka 3.400 unit sepanjang 2020 ini. “Kami melihat pelanggan semakin memahami pentingnya kehadiran kendaraan elektrifikasi sebagai salah satu pilihan sarana mobilitas“, kata Vice President Director PT TAM, Henry Tanoto.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: