Wah Kembaran Sirion, Toyota Passo Terbaru Dirilis Di Jepang!

Wah Kembaran Sirion, Toyota Passo Terbaru Dirilis Di Jepang!
0  komentar
Toyota-Passo-2016-moda-front

AutonetMagz.com – Menyinggung tahun 90’an, Daihatsu Indonesia sempat vakum untuk mengisi tahta hatchback sepeninggal Charade. Padahal di jamannya nama Charade bisa dibilang harum karena performa mesin dan pengendaliannya. Kevakuman ini sempat diisi oleh YRV yang diimpor langsung dari Jepang, penuh dengan fitur namun penjualannya sendiri tidak terlalu manis lantaran terlampau mahal. Sekarang tahta ini sudah diserahkan oleh Sirion yang berasal dari Malaysia dengan harga lebih bersahabat.

Salah satu produk impor Daihatsu selain Copen ini mengambil basis dari Perodua Myvi Malaysia, sedangkan untuk versi Jepang sendiri modelnya sudah berbeda. Mobil yang dinamai Boon di Jepang ini juga mempunyai kembaran dari induk semangnya bernama Toyota Passo. Kini mereka sudah berganti model ketiga dan Toyota Passo tampil untuk lebih dulu di hadapan publik.

Toyota-Passo-2016-std-front

Toyota menampilkan dua versi Passo untuk diferensiasi karakter, pertama adalah Passo standar dengan bentuk yang lebih boxy sedangkan kedua adalah Passo Moda seperti yang saya tampilkan di cover atas. Model ini ditawarkan dengan 2 jenis penggerak : penggerak roda depan (FWD) atau penggerak seluruh roda (AWD). Sementara mesinnya sendiri diisi oleh mesin bensin 1.0-liter 1KR-FE dengan tenaga 69 hp yang disambungkan oleh transmisi CVT.

Berbicara soal pembaharuan desain, Toyota meng-klaim bahwa legroom belakang sekarang jauh lebih humanis dibandingkan versi terdahulu, bertambah 75 mm. Chassis juga diklaim lebih rigid dan stabil berkat penambahan stabilizer pada suspensi depan dan suspensi belakang serta modifikasi torsion beam. Pada tes bahan bakar JC08, mobil ini membukukan catatan konsumsi bbm yang baik yakni 3.57 lt/100km pada FWD dan 4.1 lt/100km pada AWD.

Toyota-Passo-2016-interior-moda

Fitur safety terkini juga disematkan pada Passo seperti Smart Assist II yang dapat menghindari kecelakaan satu paket dengan fitur lain seperti brake assist dan lane departure warning. Mobil ini ditawarkan dengan 12 warna dan warna two tone untuk Moda dan harganya berkisar 1,150,200 yen untuk standar FWD dan 1,431,000 yen untuk versi moda. Dengan penampilan Passo baru ini, tentunya Myvi dan Sirion akan segeran mengikuti basis ini, hem… kalau tampilannya seperti Passo begini saja bagaimana? Sampaikan komentar anda di bawah ini ya.

Read Prev:
Read Next:
  • Always35

    Nungguin Perodua Myvi yg di Malaysia kyk gimana entar… myvi yg ambil dari boon ada beda dikit. Trus nyampe sini jadi sirion deh ?

    Btw itu mesin 1KR? Sama kyk agya/aylakah?

    • Indra

      Nantinya di Myvi/Sirion mungkin bakal pake mesin 1NR-FE dan 2NR-FE dual VVT-i.

      • Always35

        Kalo masih 1.300cc sih, kemungkinan pakenya 1NR-VE sama kyk xenia, tapi bakal FWD~

        Dan yang jelas, virus 3 silinder tidak menular ke sirion ?

        • Indra

          Ya itu maksudnya. Yg akhiran VE itu dikembangkan oleh Daihatsu. Disana ada varian 1.3 dan 1.5 juga.

    • Zakwan Umarella

      itu mesin 1KR-FE punya toyota aygo dan PSA 107 x C1 yg lama

      kalo punya agya x ayla itu 1KR-DE, bedanya yg DE blm make VVT-i

  • Indra

    Masuk Malaysia langsung diganti dasbor, bumper depan, gril, pintu belakang, lampu depan-belakang, dll.

    • Soni Hermawan

      Masuk indonesia berubah lagi pastinya..

  • gaps

    Kalo Sirion diganti sm beginian..agak gimana gtu. Cm kalo Toyota gantiin Etios sm ini..baru cucok..

  • juuzou

    etios ganti aja ama ini. jauh lebih modern. etios mah apa atuh, soluna aja lbh bagus dri tuh mbl hahaha

  • Jefri Dwiantoro

    yang passo moda lutju-unyu-unyu ^_^ mirip mini cooper, apalagi warnanya merah gitu.

  • Aryo Wicaksono

    Jadi ingat hadiah utama undian lempar panah (jangan ditiru, Gan, haram) di TFP 2 (Tokyo Friendly Park 2): Toyota Passo atau Pajero Dakar. Passo biru depan tiru Volkswagen Up, belakang tiru DS3. masih untung nggak dituntut Walter de’Silva, Klaus Bischoff, dan Christian Lesmana. mereka maklum toyota sering gagal merancang mobil tanpa mencontek.

  • rs

    Kayaknya ini butuh 2 tahun buat jadi sirion di negeri kita….soalnya saat generasi ke 2 passo keluar (2009), butuh 2 tahun buat jadi sirion di sini….tapi menurut saya, lebih baik generasi selanjutnya sirion pakai daihatsu move/cast saja…tinggal dinaikkan dari 660 cc jadi 1200cc…sebab desainnya kayaknya sulit untuk diterima di Indonesia…dan menurut saya masih lebih baik desain sirion sekarang daripada yang ini…

    • Indra

      Tunggu perodua Myvi keluar kira2 tahun 2017.

      • rs

        Beneran 2017??? Gak lama lagi dong…berarti kemungkinan sirion keluar 2017-2018 kali ya??

  • Indra

    Hubungan antara Perodua dan Daihatsu Indonesia sebenarnya udah berjalan lama sekitar akhir 90an, begini timelinenya:
    Mira -> Kancil -> Ceria, dan Zebra Espass -> Rusa. Dulu Perodua juga punya SUV namanya Kembara, Terios gen-1/Taruna yg dipendekkan. Sekarang : Mira e:S -> Ayla -> Axia dengan mesin yg berbeda (Mira e:S 660 cc, Ayla/Axia 1.000 cc 1KR-FE).

  • Aldo

    ada headrestnya!