Volvo Mematenkan Nama C40 dan C60 di AS, Indikasi Line Up Masa Depan?

Volvo Mematenkan Nama C40 dan C60 di AS, Indikasi Line Up Masa Depan?
0  komentar
Volvo-Concept-Coupe-cover

AutonetMagz.com – Produsen otomotif memang acap kali mematenkan nama dagang produk mereka. Memang sih sering kali nama yang dipatenkan belum tentu muncul sebagai nama model produksi kedepannya, tapi setidaknya kita tahu niat dibalik mereka mematenkan hal tersebut.

Sesuai dengan laporan dari media CarAdvice, pada tanggal 5 November, Volvo mematenkan nama C40 dan C60 pada US Patent and Trademark Office. Kode “C” sendiri sudah pernah digunakan Volvo dalam memproduksi C30 compact hatchback dan C70 coupe-cabriolet yang dua-duanya sudah tidak diproduksi lagi oleh Volvo. Namun mengingat finansial Volvo membaik karena sudah ditopang Geely Tiongkok dan penjualannya pun positif sepertinya tak mustahil mobil yang menggunakan kode ini akan muncul dalam waktu dekat.

Volvo-Concept-Coupe-front

Seperti yang kita ketahui penamaan produk Volvo memakai kode huruf tipe mobil disertai dengan kode angka sebagai penunjukan kelas. Misalnya seperti S untuk sedan, XC untuk versi SUV dan V untuk versi station wagon, tapi dari semua segmen ini memang ada yang kurang yaitu segmen untuk medium coupe. Volvo Concept Coupe memang menjadi preview bagi kita untuk melihat tampilan Volvo S90 yang akan diluncurkan tahun depan. Tapi dengan paten baru kode volvo bisa jadi model Concept Coupe akan menjadi refrensi bagi kedua kode nama terbaru ini.

Volvo Concept Coupe dirancang oleh kepala desain Volvo baru bernama Thomas Ingenlath, uniknya model terbaru ini dinyatakan sebagai bukan mobil impian nan futuristik. ” Ini didesain untuk mengenalkan kapabilitas dari arstitektur terbaru kami : Sikap percaya diri, proporsi dan tanda garis desain yang menonjol,” Jelas Ingenlath. Model terbaru ini mengambil unsur unsur dari Volvo XC90 dipadu dengan unsur konsep Volvo masa depan dan ada unsur garis turunan dari sang kakek buyut Volvo P1800 coupe yang hadir pada tahun 60’an.

Volvo-Concept-Coupe-back

Konsep terbaru ini dinamakan Volvo sebagai Scalable Product Architecture (SPA) platform yang segera menggantikan warisan desain dan teknologi yang ditinggalkan oleh Ford sebagai pemilik sebelumnya. Volvo Concept Coupe menggusung mesin 2.0-liter kombinasi supercharger dan turbocharger sebagai penggerak depan dan mesin listrik sebagai penggerak belakang. Kombinasi tersebut menghasilkan tenaga sebesar 400 hp dan torsi lebih dari 600Nm.

Volvo C40 dan Volvo C60 sendiri masih belum jelas akan seperti apa modelnya walaupun nama paten sudah didaftarkan. Bukan apa-apa sih, sebab melihat perkembangan produsen skandinavia, mereka lebih memilih fokus mengembangkan line up flagship mereka saat ini yaitu Volvo S90 dan Volvo V90. Yup pelan namun pasti kok, welcome to the club Volvo, kita menanti produk anyarmu! Bagi yang ingin berkomentar silahkan sampaikan uneg-uneg anda di bawah artikel ini.

Read Prev:
Read Next:
  • qoqo

    Akankah Volvo bernasib seperti SAAB? Sama2 merek2 ‘overengineered’

    • Hillarius Satrio

      lah, volvo dari dulu ampe sekarang memang overengineered… liat aja volvo-volvo jadul yang masih bisa jalan sampe sekarang…

      bedanya, volvo nggak bangkrut

  • Ronny Rasdyantoro

    cakep, simple but elegance and futuristic!