Volvo & Geely Sepakat Bentuk Perusahaan Baru Untuk Produksi Mesin

by  in Berita&Geely&International
Volvo & Geely Sepakat Bentuk Perusahaan Baru Untuk Produksi Mesin
0  komentar

AutonetMagz.com – Pasca kepemilikan dari Volvo dibeli oleh pihak Geely beberapa waktu lalu, keduanya memang cukup terang – terangan untuk berbagi komponen termasuk mesin yang digunakan. Nah, baru – baru ini, pihak Geely dan Volvo telah resmi mengumumkan bahwa mereka akan membentuk sebuah usaha baru yang berfokus untuk memproduksi mesin yang akan digunakan oleh kedua merk tersebut. Jadi, nantinya perusahaan ini akan berada di luar lingkup Geely & Volvo serta bertugas menyuplai mesin untuk keduanya.

Nah, tujuan dari keduanya membentuk perusahaan baru ini bukan semata – mata karena keduanya akan menggunakan mesin yang sama. Ada sebuah tujuan khusus yaitu untuk membentuk sebuah supplier global baru yang akan berfokus untuk mengembangkan generasi terbaru dari mesin ICE dan juga mesin – mesin berteknologi hybrid. Perusahaan ini sendiri akan menggabungkan aset dari fasilitas produksi mesin yang sudah dimiliki keduanya saat ini. Dengan dibentuknya perusahaan ini, maka ada sebuah keuntungan tersendiri bagi pihak Volvo.

Seperti yang kita ketahui, Volvo belakangan ini cukup fokus untuk mengembangkan mobil listrik mereka. Nah, dengan diambil alihnya pengembangan mesin ICE dan Hybrid, maka Volvo bisa makin fokus untuk mengembangkan teknologi mobil listrik mereka. Apalagi, Volvo juga memiliki target pada tahun 2025 mendatang, dimana separuh dari penjualan mobil mereka secara global diharapkan adalah mobil listrik. Sedangkan sisanya adalah mobil berteknologi hybrid. Oiya, perusahaan baru ini juga akan menjadi supplier dari merk – merk lain dalam naungan Geely.

Sebut saja seperti Proton, Lynk & Co, Lotus hingga LEVC. Selain itu, perusahaan ini kabarnya juga akan terbuka untuk menjadi pihak ketiga sebagai supplier komponen otomotif. Kabarnya, tidak kurang dari 3.000 orang karyawan dari Volvo serta 5.000 karyawan dari Geely akan bertugas di perusahaan baru ini. Jadi, 8000 karyawan tersebut bakal terbagi dalam beberapa bidang, seperti R&D, procurement, manufacturing, IT, dan finance. Langkah pertama yang akan dilakukan oleh Geely dan Volvo adalah menyeragamkan penggunaan mesin ICE mereka, termasuk yang digunakan di mobil hybrid.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan? Apakah nantinya Geely/Proton bakal ‘rasa’ Volvo/Lotus, atau malah sebaliknya? Yuk sampaikan pendapat kalian kawan.

Read Prev:
Read Next: