Volvo Berhenti Kembangkan Mesin Diesel, Mulai Beralih Ke Tenaga Listrik

Volvo Berhenti Kembangkan Mesin Diesel, Mulai Beralih Ke Tenaga Listrik
0  komentar

AutonetMagz.com – Dalam kurun waktu beberapa bulan terakhir sudah ada beberapa pabrikan kelas dunia yang menyatakan bahwa mereka akan menghentikan produksi dari mobil diesel mereka. Terpantau, Toyota dan Nissan yang sudah berani menyatakan bahwa mereka akan menghentikan produksi mesin diesel untuk pasar Eropa. Dan nampaknya pihak Volvo akan menyusul dalam waktu dekat.

Yap, Volvo diketahui baru saja membuat pernyataan bahwa mereka tak akan mengembangkan generasi terbaru dari mesin diesel mereka. Mengutip dari AutoEvolution, Hakan Samuelsson, Presiden dan CEO dari Volvo menyebutkan bahwa masa depan dari Volvo adalah mesin listrik, dan Hakan memastikan bahw mesin diesel generasi terbaru dari Volvo tidak akan ada. Pihak Volvo menambahkan, bahwa mereka akan memulai secara perlahan peralihan dari mesin internal combustion kepada mesin dengan tenaga listrik. Caranya adalah memanfaatkan mesin – mesin hybrid sebagai jembatan dari mesin konvensional ke mesin bertenaga listrik sepenuhnya di masa depan. Langkah ini sendiri akan mulai diterapkan oleh pihak Volvo di tahun 2019 mendatang.

Dan perlahan, mobil dengan mesin internal combustion akan didepak dari lini produk Volvo. Pada 2019 sendiri pihak Volvo akan memasukkan beberapa teknologi seperti Mild HybridPlug In Hybrid, dan teknologi motor listrik penuh. Walaupun sudah tak mengembangkan mesin diesel generasi terbaru, pihak Volvo sendiri belum menyatakan kapan mereka akan menarik mesin diesel mereka dari lini produk mereka. Menurut publikasi asal Jerman yaitu Frankfurter Allgemeine Zeitung, bisa jadi tahun 2023 menjadi tahun dimana mesin – mesin internal combustion akan berguguran dari pasar, dan bisa jadi di saat itu juga pihak Volvo akan menghentikan penjualan mesin diesel mereka.

Nah, pihak Volvo sendiri nampaknya akan memulai masa peralihan mereka dari produk mereka yang akan datang yaitu Volvo S60 generasi terbaru. Mobil ini sendiri akan menjadi premium mid-size sports sedan, yang dibangun dengan platform Scalable Product Architecture (SPA) Volvo seperti yang digunakan di Volvo V60 terbaru, Volvo XC60 2018, Volvo XC90 2016, Volvo S90 2017 dan juga Volvo V90 2017. Volvo S60 2019 sendiri akan memiliki tiga varian mesin, yaitu mesin empat silinder Drive-E dan juga dua pilihan mesin PHEV yaitu mesin T6 TwinEngine AWD, dan juga mesin T8 TwinEngine AWD. Selain itu, akan menyusul pula varian mesin dengan teknologi mild hybrid. Produksi dari Volvo S60 2019 sendiri akan dimulai pada musim gugur 2018 ini di Charleston, South Carolina.

Nah, setelah Nissan, Toyota, dan diikuti segera oleh Volvo, kira – kira pabrikan mana lagi yang akan mengambil langkah serupa dan mengeliminasi mobil dengan internal combustion? Yuk sampaikan pendapat kalian di kolom komentar di bawah ini.

Read Prev:
Read Next: