Vios TRD Sportivo Indonesia dan Versi Malaysia Ternyata Beda

by  in Komparasi&Toyota
Vios TRD Sportivo Indonesia dan Versi Malaysia Ternyata Beda
0  komentar

Perbedaan Toyota Vios TRD Sportivo versi Indonesia dan MalaysiaAutonetMagz.com – Toyota baru saja meluncurkan Vios TRD Sportivo dengan pilihan transmisi manual dan matik di IIMS September 2014 ini. Namun sebenarnya hal yang dilakukan Toyota Indonesia tergolong terlambat dari Toyota Malaysia yang lebih dulu meluncurkan Vios TRD Sportivo pada bulan Oktober 2013. Padahal Toyota Vios generasi terbaru ini lebih dulu muncul di Indonesia dibandingkan Malaysia. Lalu apa saja perbedaan TRD Sportivo versi Indonesia dan Malaysia? Yuk kita cari tahu bersama-sama

Meski sama-sama menggunakan full body kit yang sporty dari depan hingga belakang, namun ada perbedaan desain untuk menyesuaikan selera konsumen dari masing-masing negara.

Perbedaan lips spoiler bumper depan Vios TRD Sportivo versi Indonesia dan Malaysia

Contohnya, Vios TRD Indonesia memakai lip spoiler depan yang lebih komplit daripada versi Malaysia, sebab lip spoiler depan Vios TRD Malaysia hanya mencakup area sekitar foglamp saja. Selain body kit, kedua varian yang sporty dan dinamis ini juga mendapat stiker TRD Sportivo di bagian samping dengan desain yang berbeda, menegaskan kalau mobil ini adalah varian termahal.

Beda sticker TRD Sportivo pada bodi Vios Indonesia dan Malaysia

Ada yang menarik, Toyota Malaysia lebih jeli dalam menempatkan LED DRL (Daytime Running Light) yang juga merupakan paket upgrade, sebab mereka meletakkannya dekat dengan foglamp sehingga tidak terkesan seperti produk aftermarket non-original. Sementara itu, Toyota Vios TRD Indonesia malah menempatkan LED DRL-nya di lubang udara bumper bagian bawah, seperti pada Yaris TRD terbaru.

Perbandingan peletakan lampu LED DRL pada Vios TRD lokal Indonesia dan versi Malaysia

Meski rapih, namun peletakan yang kurang memperhatikan estetika ini malah membuatnya seperti aksesoris non original. Mungkin ke depannya peletakan LED DRL ini bisa lebih diperhatikan lagi.

Ada lagi yang membuat Vios TRD Malaysia seolah one step ahead dari Vios TRD Indonesia, yaitu bagian velg. Vios TRD Malaysia menggunakan velg yang didesain baru dari nol dan eksklusif untuk varian ini saja, jadi kita tak akan menemukan velg yang sama di model Toyota lainnya di Malaysia. Sedangkan untuk velg Vios TRD Indonesia, sekali lihat saja pasti anda tahu velg ini berasal dari mobil apa.

Velg OEM Toyota Vios TRD Sportivo versi Indonesia dan Malaysia ternyata ber beda

Ya benar, ini adalah velg 8-spoke yang juga digunakan oleh Toyota Yaris TRD Sportivo dan desainnya malah mirip dengan Vios tipe G, meski ukurannya yang 16 inci lebih besar daripada Vios TRD Malaysia yang hanya 15 inci, ada baiknya Toyota Indonesia meniru langkah dari negeri tetangga, sebab penggunaan velg yang sama dengan varian lain sedikit menurunkan nilai gengsi yang kadang merupakan salah satu faktor konsumen Indonesia dalam memilih mobil.

Ducktail spoiler belakangToyota Vios TRD Sportivo versi Indonesia dan Malaysia ternyata beda

Dari belakang, keduanya sama-sama tampil keren dengan aplikasi spoiler yang lebih menyerupai duck tail. Bedanya, spoiler Vios TRD Indonesia lebih besar dibandingkan Malaysia dan dicat sewarna dengan bodi, sementara spoiler Vios TRD Malaysia dilabur warna hitam. Lips spoiler bumper belakang Vios TRD Indonesia terkesan lebih sip dengan aksen hitam yang memanjang di bagian tengah, tidak seperti versi Malaysia yang aksen hitamnya hanya hadir di sudut bumper saja.

Rear lips spoiler belakang Vios TRD Sportivo versi lokal Indonesia dan luar Malaysia

Perbedaan mencolok lainnya adalah ketika kita menyimak kabin keduanya. Di sini, Vios TRD Sportivo Indonesia harus tunduk kepada Vios TRD Sportivo Malaysia. Kenapa? Sebab interior Vios TRD Malaysia mendapat ubahan yang sangat menyeluruh mulai dari warna, bentuk jok dan karpetnya.

Warna interior Toyota Vios TRD Sportivo versi lokal Indonesia beda dengan versi luar Malaysia

Kabin Vios TRD Sportivo Malaysia memiliki interior berwarna full black, berikut penggunaan jok semi bucket berbahan kulit dengan kombinasi warna hitam dengan aksen merah, tak lupa sebagai identitas produk edisi khusus hadir bordiran logo TRD Sportivo di sandaran jok. Dan aksen merah ini ada juga pada jok belakangnya.

Bagaimana dengan Vios TRD Indonesia? Well, Toyota Indonesia hanya memberikan upgrade berupa karpet dengan logo TRD Sportivo saja. Selain itu, interiornya sama persis dengan Vios tipe G yang masih dominan warna beige dan jauh dari kesan sporty. Sangat disayangkan bagian interior ini tidak digarap serius, mengingat ini mobil special edition yang berbeda dengan tipe standar.

Jok Vios TRD Sportivo Malaysia di desain khusus versi Indonesia jok standar

Selisih harga antara tipe G dan TRD di masing-masing negara juga sepertinya sayang untuk dilewatkan. Di Malaysia, selisih harga Vios tipe G dengan tipe TRD Sportivo ada di kisaran 16,9 juta Rupiah jika dikurskan, sementara di Indonesia, jumlah uang yang harus ditambah dari tipe G ke TRD Sportivo hanya 16 juta Rupiah saja.

Karena ini kembali lagi ke masalah selera, menurut anda manakah yang lebih oke? Vios TRD Indonesia atau Vios TRD Malaysia? Sampaikan komentar anda di bawah ini karena suara konsumen dapat juga menentukan pengembangan sebuah produk ke depannya.

Lihat juga galeri foto Vios TRD Sportivo dari IIMS 2014. Salam AutonetMagz!

Read Prev:
Read Next:
  • Sunaryo

    knapa dibedain??
    bukannya disamain aja utk ngurangin cost produksi ya?

  • Rama

    Vios TRD di Indo itumah Vios standard trs ditambahin aksesoris + ganti velg doang. Velgnya ngambil yang udh jadi pula (punyanya Yaris TRD). Mereka pengen bikin yang versi beda tapi dengan modal sekecil mungkin. Beda sama Vios TRD malay, mereka niat bikinnya dan memang bikin versi baru, bukan sekedar nempelin aksesoris.
    Yang versi indonesia itu bukan versi TRD tapi versi biasa yang ditambah aksesoris.
    Gak worthed.

  • soni

    klo mnurut saya versi indo untuk iterior lbih baik dipertahankan saja dengan warna two tone sperti itu , karna jika dilabur warna hitam maka tak ayal sepeti all new limo(taksi) walau bahan material nya berbeda.. terlebih vios indonesia tlah melekat dengan image taksi,.

    • Ahmad

      itu salahnya Toyota Indo kenapa mobilnya dijadiin taksi brooo,….

      kalo kata cak Lontong “mikiir,…”

  • donny

    exteriornya menarik yang indonesia kayaknya…
    cuma penempatan DRL Kurang manarik kl di letakan di lampu utama mantap juga kayaknya…
    interiornya…bagus Malaysia kayaknya tuh… sport abis…
    yang indo kalau mau gitu bisa pakai sarung jok aja hehehe

  • rizki

    Menurut KompasOto, Vios TRD Sportivo Indonesia sudah sesuai dengan selera orang Indonesia dan Thailand, jadi kemungkinan versi Thailand nanti akan sama dengan versi Indo. Sedang Malaysia bikin sendiri untuk pasar lokalnya saja, seperti Nissan mereka yang pake versi Impul, bukan Autech seperti kita

  • Dhani

    waaaah, therlalu kalau begini.. selisih harganya ga jauh2 amat dengan model malaysia tapi sangat terlihat vios TRD nya malaysia lebih digarap serius dan lebih value… ga minat lagi sudah kalau begini.. nunggu corolla TRD sportivo versi thailand aja kalau TAM mau datangin kesini..

  • tim

    Itu dasbor vios malay coba pratiin disebelah kanan kontrol kaca spion luar, ada tombol bwt stability control ya?

  • henki

    Masih lebih bagus vios malaysia perbedaan mencolok di interior dan velg hanya nambah 16,9 jt bisa dapet jok semi bucket berbahan kulit serta emblem trd sportivo dan juga velg yg berbeda dgn tipe G kalo yg versi Indonesia interiornya biasa saja kurang menunjukkan kalo itu tipe yg spesial

  • alvin

    kalo exterior gue suka punya indo walopun gaada beda velg sama tipe G, kalo interior yang malay punya gue suka

  • carfetish

    Yg di Indonesia kurang digarap serius karena konsumen Indonesia terlalu ke-Toyota-Toyota-an, dikasih Toyota model apa aja juga laku di sini.

  • carlovers

    TOYOTA ITU SUKA BIKIN BINGUNG -.- ngeluarin produk dengan fitur unggul tapi ada teknologi jadulnya. misalnya vios/yaris. audio paling canggih di kelasnya, tapi masih make mesin jadul. atau ada lagi avanza. cuma avanza-xenia yang make RWD (drive train sebuah mobil balap/mobil yang tangguh), tapi juga pake mesin jadul.

  • carlovers

    maksudnya avanza-xenia adalah dua LMPV yang make RWD dan selebihnya FWD

  • Dhika

    versi Malaysia terkesan berlebhan, pelek kayak kipas angin gitu dan gak bagus sama sekali. Lebih bagus versi Indonesia, good job Toyota Indonesia

  • rony

    kalo niatnya, jadikan vios lebih sporty ya harus warna yg kesannya BERANI, misal merah atau hitam sekalian…. pokoknya jangan yang kalem kalem sperti Begie… tolong cepat rubah warna interiornya, krn aku akan beli satu..ok thx

  • rizal

    Vios indo di rakit di indo non trd.
    Vios malaysia di rakit di thailand dan trd malaysia sama persis dengan trd thailand.

  • afifzone

    gw orang indo yg kul di malay nih, ada beberapa perbedaan, velg TRD di malay, jujur aja kurang suka, tapi soal bodykit, lebih keren yg di sini dari pada di indo, soal interior gw jg lbh suka yg malay, tp yg gw ga suka cuma satu, di malay belum ada nama’a auto aircond kaya di indo. walaupun versi TRD sekalipun. itu yg gw kecewain.

  • Takeshi

    Toyota Vios Malaysia less standard features like no front Demister,only manual no digital air conditional,less safety features like VSC TRC and highest price in segment

    • Ridwan Hanif

      malaysian better buy proton preve lah, cheaper and more features, isn’t it?

  • NYOTO

    inilah kalau mental sok luar negeri, saya kira vios indonesia sebanding dengan di malaysia, koment yang katakan di malaysia lebih baik dari indonesia adalah koment jadul, lihat di PAULTAN.com bagaimana orang malaysia iri dengan kemajuan industri otomotif di indonesia, Disana harga mobil non mobnas yang mereka sebut P1 (PROTON) dan P2 (PERODUA) sangat tinggi, jauh dari harga negara tetangganya, Dunia otomtif kita hanya tertinggal dengan thailand di kawasan ASEAN

  • bgas

    Yg malaysia kurang spoiler kya yg indo aja.. Kurang itu aja kya.a..

  • JohnLove

    Hahaha.. ketahuan, kalau di INDONESIA, TAM masih belum berani kasih opsi FULL SPORTY seperti yg Malaysia (terutama interior)