Pemanfaatan SDM dan Supply Chain Demi Innova Zenix

by  in  Merek Mobil & Mobil Baru & Toyota
0  komentar

AutonetMagz.com – Kijang Innova Zenix yang menyerap sekitar 1.000 tenaga kerja baru. Dikembangkan oleh tim global bersama dengan para engineer Indonesia yang memberikan kontribusi dalam setiap tahap pengembangan, termasuk di lini produksi. Hal ini sesuai dengan filosofi Toyota Indonesia yaitu “We Make People Before We Make Product.” Menjadi dasar dari pembangunan berkelanjutan sumber daya manusia di Toyota Indonesia dan di pemasok lokal Toyota Indonesia.

Pemanfaatan SDM dan Supply Chain

Kijang Innova Zenix dibidani oleh 120 engineers lokal yang dibekali beragam keahlian. Demi menciptakan SDM dan proses manufaktur berstandar global, serta didukung oleh SDM pemasok lokal yang mumpuni. Pada kesempatan ini, Toyota Indonesia menyampaikan kerjasama dengan 10 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), 5 diantaranya dari Kabupaten Karawang, dalam membangun edukasi elektrifikasi, dimulai dengan pemberian 100 Augmented Reality berisi pengetahuan teknologi elektrifikasi.

Dalam pengembangan Kijang Innova Zenix, Toyota Indonesia memberikan komitmen dan perhatian penuh bagi partisipasi aktif serta penguatan kedalaman industri otomotif nasional dengan menggandeng lebih dari 100 supply chain lokal tier 1 dalam pengembangannya. Sejumlah 8 pemasok lokal juga terlibat dalam perakitan baterai Kijang Innova HEV di pabrik Karawang TMMIN.

Turut Merangkul IKM

Dalam produksinya, Toyota Indonesia membangun kemitraan dengan pemasok lokal, termasuk dengan industri kecil dan menengah (IKM). Tujuannya agar dapat bersama-sama tumbuh dan meningkatkan kualitas untuk memenuhi perkembangan industri otomotif. Selain itu, TMMIN juga merangkul pemasok tingkat pertama untuk mentransfer pengetahuan ini ke pemasok mereka sehingga efek domino dapat tercapai.

“Kijang Innova Zenix menjadi bukti peningkatan kemampuan dan kualitas rantai pasok lokal memasuki era elektrifikasi, tanpa harus meninggalkan industri otomotif nasional yang selama ini telah mendukung perekonomian dan neraca dagang Indonesia,” ujar Bob Azam, selaku Direktur Hubungan Eksternal dari PT TMMIN.

Video first impression Innova Zenix Hybrid bisa ditonton dibagian atas artikel ini

Read Prev:
Read Next: