VinFast Luncurkan 3 SUV Listrik Sekaligus!

by  in Berita&VinFast
VinFast Luncurkan 3 SUV Listrik Sekaligus!
0  komentar

AutonetMagz.com – Anaknya proaktif ya, bun! Itulah pendapat kami jika melihat manufaktur asal Vietnam yang berada di bawah induk perusahaan VinGroup ini bergelut dalam pasar otomotif global. Bagaimana tidak, VinFast yang baru berumur 3 tahun sudah memiliki range model roda dua, citycar, hingga mobil eksekutif seperti VinFast President yang baru diluncurkan September 2020 lalu. Tidak berhenti di situ saja, VinFast sudah mengeksekusi janji yang mereka deklarasikan pada bulan tersebut!

Janji itu berisikan rencana perilisan electric vehicle (EV) mereka untuk pasar Amerika Serikat yang dijadwalkan rilis untuk tahun ini. Walaupun tidak disebutkan EV dalam segmen apa yang mereka rilis, sepertinya kita tak perlu waktu yang lama untuk mengetahui jawabannya. Karena dengan jeda hanya 4 bulan saja, VinFast langsung merilis electric sport utility vehicle (eSUV) mereka pada Jum’at (22/01) lalu, dan langsung tiga model sekaligus! Mengusung nama VF31, VF32, dan VF33, mari kita telaah mobil ini lebih lanjut.

Bahasa Desain Tetap Ala VinFast

Ketiga mobil ini masih memiliki desain khas VinFast dengan lampu depan belakang yang berbentuk huruf ‘V’ mendekati bagian logonya, cocok memang dengan styling mobil EV yang garis desainnya mengalir tanpa kehadiran grille depan.

VinFast VF31

Untukpembukaan mari kita bahas VF31 yang memiliki panjang 4.300 mm serta wheelbase 2.611 mm ini. Mengincar segmen sub-compact crossover, terlihat dari interiornya mobil tersebut akan memiliki head unit dengan orientasi portrait berukuran 10 hingga 12,8 inci, heated steering wheel, serta heated and ventilated seats untuk trim Premium-nya. VF31 juga dilengkapi dengan filter udara HEPA dan activated carbon filter untuk bagian kabin.

Berpindah ke bagian ‘jantung,’ trim Premium akan memiliki output sebesar 201 hp dengan torsi hingga 320 Nm, sementara untuk trim Standard memiliki output 114 hp dengan torsi 190 Nm. Dengan baterai berkapasitas 42 kWh untuk trim Standard, VF31 diproyeksikan menyentuh 300 km untuk jarak tempuhnya. Saat ini target VinFast untuk VF31 adalah bisa mendapatkan lima bintang untuk EURO NCAP pada trim Premium-nya dan empat bintang untuk ASEAN NCAP pada trim Standard.

VinFast VF32

Sekarang kita pindah ke kakaknya yaitu VF32 yang memiliki panjang 4.780 mm dengan wheelbase sebesar 2.950 mm. Menargetkan segmen mid-size SUV, interiornya terlihat mewah dengan kehadiran infotainment display berukuran 15,4 inci serta ambient lighting yang tentunya dapat dikustomisasi. Sayangnya dengan wheelbase yang besar pihak Vinfast belum membocorkan apakah nantinya mobil ini akan tersedia dalam pilihan 7-seater atau hanya 5-seater saja.

Untuk powertrain-nya, trim Standard dari mobil ini akan mendapatkan motor listrik yang sama dengan trim Premium adiknya si VF31, sementara untuk trim Premium VF32 akan ditambahkan satu motor listrik lagi sehingga mengeluarkan output sebesar 402 hp dengan torsi 640 Nm dan dilengkapi drivetrain all-wheel drive. Baterai berkapasitas 90 kWh juga akan disematkan kedalam VF32 walaupun untuk jarak tempuhnya masih dirahasiakan pihak VinFast.

VinFast VF33

Terakhir ada VF33 yang memiliki panjang 5.120 mm serta wheelbase 3.150 mm, jelas kasta eSUV tertinggi VinFast saat ini akan menyasar segmen full-size SUV. Menjadi kakak tertinggi, VF33 akan dilengkapi dengan matrix LED headlights, UV-reflecting panoramic sunroof, dan layar infotainment yang lebih lebar serta interior yang lebih ‘eksekutif’ dibandingkan adik-adiknya. Dengan dual-motor setup seperti VF32 yang dipasangkan baterai berkapasitas 106 kWh, VF33 akan memiliki jarak tempuh hingga 550 km.

Untuk model VF32 dan VF33, VinFast menargetkan lima bintang pada safety rating EURO NCAP dan US National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) karena mereka ingin fokus menjual kedua mobil dalam region Eropa serta US dahulu. Dikabarkan juga bahwa ketiga mobil ini tidak akan memiliki platform turunan manufaktur lain seperti pendahulunya yang mengambil platform BMW serta GM.

Memiliki Sensor Otonom Level 4

Mengutip Paultan, manufaktur Vietnam ini mengklaim bahwa ketiga model tersebut akan dilengkapi dengan lidar sensors, 14 kamera, hingga 19 sensor lain yang memungkinkan kesemua mobil dapat menjalankan fitur 3D environment mapping, manuver parkir otomatis, hingga summon mobil secara otonom layaknya Tesla! Artinya eSUV seumur jagung ini sudah langsung memasuki level 4 dalam kasta autonomous, nice VinFast.

Untuk fitur safety-nya sendiri, VF31 akan dilengkapi dengan lane departure warning, blind spot monitoring, dan kamera 360. Lalu kedua kakaknya yang lebih advanced, akan dilengkapi dengan active cruise control, collision warning and mitigation, park assist, dan juga monitoring driver. Sayangnya ketiga model eSUV ini masih ditutup-tutupi perihal harga seluruh trim-nya hingga jadwal sesi pre-order terlaksana.

Untuk pasar Vietnam sendiri, VinFast menjadwalkan pre-order untuk VF31 per Mei tahun ini dan akan mulai dikirimkan ke publik pada November selanjutnya. Lalu untuk VF32 dan VF33 bisa dipesan mulai September dan dikirimkan pada Februari 2022 ke konsumen. Sementara untuk pasar US dan juga Eropa, eSUV ini baru bisa dipesan pada November yang akan datang dan akan dikirimkan pada Juni 2022, setelah pengiriman di negeri asalnya sudah berjalan. Bagaimana menurut kalian soal manufaktur muda yang sangat aktif dalam meluncurkan model-model kendaraannya ini? Berikan komentar terbaik kalian di bawah.

Read Prev:
Read Next: