Unit Mazda BT-50 Sudah Habis, Mazda Fokus Ke Passenger Car

by  in Mobil Baru
Unit Mazda BT-50 Sudah Habis, Mazda Fokus Ke Passenger Car
0  komentar

AutonetMagz.com – Ada satu buah model milik Mazda yang akhirnya dihentikan penjualannya di Indonesia, dan model tersebut adalah Mazda BT-50, sesuai dengan judul diatas. Yap, hampir kebanyakan orang sudah lupa bahwa pihak Mazda sejatinya masih punya model di segmen ligh commercial vehicle, khususnya double cabin melalui Mazda BT-50. Namun kini eksistensi dari Mazda BT-50 telah resmi berakhir di tanah air.

Sejatinya, per tahun 2018 silam pihak Eurokars Motor Indonesia selaku APM Mazda di tanah air sudah tidak melakukan impor untuk Mazda BT-50. Alasannya sederhana, karena memang Mazda BT-50 kalah saing dengan beberapa double cabin lain yang sudah punya pasar yang kuat. Selain itu, Pihak Eurokars juga ingin lebih fokus lagi di segmen passenger cars melalui jajaran SUV, hatchback, dan juga sedan mereka. Pihak Eurokars melalui Presiden Direktur mereka yaitu Ricky Thio menyeburkan bahwa sisa stok dari Mazda BT-50 yang dimiliki pihaknya sejatinya merupakan peninggalan dari jaman Mazda Motor Indonesia (MMI).

Nah, setelah itu, pihak EMI hanya tinggal menghabiskan stok dari Mazda BT-50 saja, dan stok terakhir dari mobil ini sendiri baru saja terjual. Artinya, sudah tidak ada lagi unit Mazda BT-50 dalam stok milik PT EMI, dan memang tidak akan ada lagi. FYI, Mazda BT-50 sendiri memiliki catatan perjalanan yang cukup panjang di pasar Indonesia, bahkan lebih dari satu dekade. Mobil ini hadir sebagai versi Mazda dari Ford Ranger di tanah air. Sayangnya, mobil ini juga kalah saing dengan kembarannya sendiri yang kala itu cukup digandrungi. Walaupun sang kembaran sudah tinggal kenangan di tanah air, tak lantas membuat penjualan Mazda BT-50 generasi kedua menjadi meroket.

Akhir kisah dari Mazda BT-50 pun sama seperti Ford Ranger, yaitu sudah tidak dipasarkan di tanah air. Hanya saja, Ford tentu lebih tragis karena bukan hanya Ford Ranger yang cabut dari Indonesia, melainkan seluruh produk Ford. Mazda BT-50 sendiri masih eksis di beberapa negara lainnya, seperti contohnya Australia. Bahkan, di tahun 2018 silam pihak Mazda Australia menghadirkan Mazda BT-50 dengan kodo style yang sejujurnya malah terlihat agak maksa. Di Thailand, Mazda BT-50 masih diproduksi dan dijual, dan pada tahun 2018 silam mampu membukukan penjualan hampir 7.500 unit.

Jadi, Sayonara Mazda BT-50, mungkin kita akan bertemu lagi dengan mobil ini di masa depan saat pihak Mazda berniat masuk ke segmen LCV lagi. Bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: