Unik, General Motors Buat Kotak Pendingin Untuk Smartphone Agar Tetap Adem dan Tidak Overheat!

by  in Berita&Chevrolet&Hi-Tech
Unik, General Motors Buat Kotak Pendingin Untuk Smartphone Agar Tetap Adem dan Tidak Overheat!
0  komentar
teknologi-pendingin-smartphone-general-motors

AutonetMagz.com – Yang namanya teknologi itu tidak melulu berkaitan dengan hal yang terlalu rumit dan bisa bikin otak korsleting, cukup pikirkan hal yang simpel saja. Coba pikirkan, orang sekarang rata-rata sangat memperhatikan keadaan smartphone-nya, dan salah satu problematika smartphone adalah cepat panas, terutama jika bukan tipe high-end. Di Indonesia, kalau smartphone ditaruh di mobil saat kondisi panas terik untuk durasi yang lama, wassalam deh.

Hal simpel inilah yang membuat engineer General Motors membuat sebuah piranti menarik di mobilnya. Merek asal Amerika Serikat ini membuat sebuah wireless charging box yang juga dilengkapi dengan cooling system dengan sumber udara pendingin dari AC mobil. Simpel tapi berguna kan? Belum tentu lho merek lain kepikiran soal hal ini.

active-phone-cooling-chevrolet

Sebenarnya awal mulanya juga karena masalah yang mereka alami sendiri saat menguji sebuah prototype mobil. Salah satu smartphone milik engineer GM yang sedang di-charge mendadak bermasalah saat mobil tersebut tengah diuji pada suhu ekstrim. Sekedar info, smartphone modern sudah punya teknologi pencegah overheat dengan cara mematikan smartphone atau menunda aliran listrik yang masuk saat men-charge baterai.

Aman sih, bisa mencegah overheat, tapi sistem ini jelas tidak nyaman bagi orang yang mengandalkan smartphone-nya untuk keperluan navigasi saat berkendara atau streaming musik. Sistem pendingin ini dinamai Active Phone Cooling, dan akan bekerja bersamaan dengan aktifnya AC mobil. Menarik bukan?

pendingin-smartphone-chevrolet

Sistem Active Phone Cooling baru bisa kita nikmati kalau General Motors sudah meluncurkan Chevrolet Impala dan Malibu 2016, setelah itu nanti giliran Chevrolet Volt dan Cruze yang akan kebagian sistem ini. “Inovasi tidak harus rumit, kadang hal yang simpel merupakan cara yang paling elegan dalam memecahkan suatu masalah,” kata Dan Lascu, engineer Chevrolet Impala.

chevrolet-malibu-2016

Wah, boleh juga nih biar smartphone kesayanganmu bebas overheat. Tapi kalau di Indonesia, khususnya Jakarta, kami minta GM sekalian membuat headrest yang bisa mendinginkan kepala pengendaranya. Bukan apa-apa, soalnya terjebak kemacetan setiap hari dan melihat para pelanggar lalu lintas yang menyebalkan kadang suka bikin kepala panas. Apalagi ini bulan puasa, kalau tidak bisa menahan emosi batal dong puasanya?

Bagaimana menurutmu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: