Jalan dengan Wireless Charging Segera Hadir di Detroit!

by  in  Berita & International
Jalan dengan Wireless Charging Segera Hadir di Detroit!
0  komentar

AutonetMagz.com – Wireless charger untuk ponsel? ah itu mah udah biasa. Pernahkah kalian terpirikirkan suatu tempat, bila kalian memarikiran mobil listrik disana maka baterai mobil akan terisi? Nah, itulah yang terjadi di Detroit, AS karena mereka sedang membangun jalan dengan wireless charger! Inovasi ini merupakan yang pertama di Amerika, terletak di 14th Street sepanjang seperempat mil. Menurut Kota Detroit, jalan raya tersebut aman untuk semua jenis lalu lintas.

Disupport oleh Electreon

Proyek ini dibangun dengan bantuan dari Electreon, sebuah perusahaan yang berkutat di sektor pengisian daya kendaraan secara wireless. Jadi, Detroit telah memasang kumparan listrik di bawah jalan yang memungkinkan kendaraan listrik untuk mengisi baterainya saat melintas di jalan tersebut. Jadi jika kalian terjebak macet disana, range mobil listrik kalian tidak akan berkurang, malah justru bertambah. Meskipun dalam waktu dekat ini tampaknya tidak terlalu signifikan.

Jika ide ini diterapkan di lebih banyak tempat, secara teori memiliki mobil listrik akan jauh lebih mudah. Penerapan jalan raya berlistrik secara massal akan mengurangi kekhawatiran terkait range anxiety, yang merupakan problematika utama dalam memiliki mobil listrik saat ini. Lalu, produsen mobil dapat memasang baterai yang lebih kecil pada produk mobil listrik mereka, sehingga menghemat bobot dan mengurangi biaya produksi.

proses pemmbangunan wireless charging road

Meningkatkan Produktivitas

Di kota besar yang padat, hal ini akan membawa perbedaan besar. Jika perusahaan ekspedisi ditugaskan mengangkut barang dan melintasi jalanan kota dengan truk listrik atau van listrik, mereka bisa mengurangi jeda waktu untuk mengisi daya armada mereka. Hal ini akan meningkatkan produktivitas dan menghemat waktu. Apalagi di wilayah yang sering terkena macet, keberadaan fasilitas ini tentunya sangat menguntungkan pemilik mobil listrik. Karena semakin lama berada di atas jalan tersebut, maka daya baterai mobil akan bertambah, gratis pula!

Tetapi, dikhawatirkan dengan adanya fasilitas ini, pengguna EV akan semakin memadati jalan dan berjalan lebih lambat demi pengisian daya gratis. Komponennya sendiri sudah pasti dirancang tahan air, karena pasti akan sering tersiram hujan. Namun, bila terjadi banjir sampai merendam jalan tersebut, apakah tidak berbahaya. Bagaimana menurut kalian? sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: