Toyota Yaris Legian Concept, Yaris Tanpa Atap Terinspirasi Pesona Wisata Pulau Bali

Toyota Yaris Legian Concept, Yaris Tanpa Atap Terinspirasi Pesona Wisata Pulau Bali
0  komentar
toyota-yaris-legian-concept

Jakarta, AutonetMagz – Pertama kali tahu kalau mobil ini bernama Yaris Legian Concept, tidak susah kok mencari tahu dari mana asal kata Legian. Legian adalah nama suatu daerah di Kuta, Bali yang alamnya sangat indah, tidak kalah dengan daerah lainnya di Bali seperti Seminyak atau Tanah Lot. Dengan inspirasi dari daerah di pulau eksotis itu, PT. TAM mengerahkan tim desainnya untuk mengubah Yaris lele menjadi versi atap terbuka alias convertible dan diberi nama Yaris Legian.

Kami bisa mengerti kenapa Toyota Astra Motor mengubah Yaris lele jadi convertible, karena untuk menikmati suasana Legian, mobil tanpa atap adalah kendaraan paling pas supaya bisa menikmati suasana tropis ideal khas Bali. Tak hanya sekedar potong atap saja, namun Yaris diberikan dandanan yang menyeluruh biar publik di GIIAS 2015 tak menyangka kalau ini adalah Yaris. Lihat saja lampu depannya yang punya LED DRL 3 baris itu, sangat keren!

gril-toyota-yaris-legian-concept

Bumper depannya didesain ulang dengan kisi segitiga kecil menyerupai milik Camry facelift, hanya saja posisinya dibalik. Kini, Yaris Legian tak lagi memiliki gril dengan kumis lele, tapi diganti dengan gril baru yang menjuntai ke bawah dan sedikit menyudut ke samping di bagian bawahnya. Memang tidak berkesan kumis lele lagi, tapi malah jadi seperti kumisnya Den Bagus, seorang komedian di acara Spontan yang diperankan oleh pemain pantomim profesional, Septian Dwi Cahyo.

toyota-yaris-legian-concept-modifikasi

Dari samping, TAM pun menyunat jumlah pintu Yaris menjadi seperti coupe, alias hanya 2 pintu. Entah TAM memikirkan soal akses masuk bangku belakang atau tidak, soalnya mobil seperti ini harusnya punya mekanisme bangku depan yang lebih fleksibel agar penumpang belakang bisa masuk dan keluar. Selain itu, peleknya diubah dengan pelek alloy berdiameter besar.

toyota-yaris-legian-concept-belakang

Bagian buntut Yaris Legian menjadi lebih mantap dan berisi. Itu berkat pengaplikasian lampu belakang LED stripes seperti kepunyaan BMW atau Mercedes-Benz serta lubang knalpot yang bertambah menjadi 2 lubang. Di atas logo Toyota, ada tulisan TAM Design yang menegaskan kalau ini buatan PT. TAM. Hmm.., soal sunat fitur biasanya merek yang satu ini lumayan piawai, tapi kalau atap dan pintunya disunat seperti ini, entah kenapa hasilnya bikin ngiler. Mungkin ini memang hasil dari praktek sunatan massal mereka yang berimbas ke mindset tim desainnya.

modifikasi-toyota-yaris-legian-concept

Meski keren, kami melihat pada windshield bagian atas mobil ini tidak ada lubang untuk mengaitkan pengunci atap yang biasanya ada pada mobil atap terbuka lainnya. Ini bisa jadi indikator kalau Yaris Legian ini memang atapnya disunat dan dibuang, tidak dibuat menjadi atap lipat agar bisa dibuka-tutup secara elektronik seperti convertible pada umumnya. Masalah? Tidak ah, ini kan mobil konsep buat pajangan, bukan untuk dijual apalagi dipakai jalan-jalan.

toyota-yaris-legian-convertible-concept

Meski hanya pajangan, tapi kami rasa Yaris Legian ini cukup atraktif, bahkan beberapa detail ubahan seperti pada bumper dan pelek bisa menjadi inspirasi modifikasi untukmu yang sedang bingung Yarisnya mau diapakan. Satu hal yang mengganggu pikiran kami setelah menyimak Yaris Legian ini adalah : Jika PT. TAM bisa membuat Yaris menjadi sekeren ini, kenapa muka Grand New Avanza dan Great New Xenia harus seperti itu jadinya?

Apa pendapatmu mengenai Toyota Yaris Legian Concept ini? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • kabe kabe

    cakep, simpel sporty look.. gak berkumis

  • bahrula

    muka depannya lebih cakep dari pada yaris lele yg dipasaran
    sayang concept doang ya

  • pescarolo

    Avanza dan Xenia mah didevelop sm Daihatsu, salah komplain kl k TAM. Toyota cuma nempelin brand sm nyesuaiin spesifikasi aja. Kalo MMC Innova dan Fortuner tuh baru kerjaannya TAM. Tim desain ADM sm TAM beda.

    • rizki

      betul banget bung

  • farid

    sedikit informasi,dulu tahun 2000 toyota pernah memperkenalkan toyota yaris cabrio yg merupakan versi cabriolet/convertible dari toyota yaris gen 1 saat itu,mobil ini dikhususkan di pasar eropa karena disana mobil convertible cukup populer,namun toyota batal memproduksi mobil ini karena pasarnya kecil bagi toyota

  • farid

    toyota yaris legian concept before it was cool

  • Yusak Natanael Manuputty

    Gak dijual ngapain dipamerin, bikin gue ngiler tapi gak bisa dimakan….hahahah

    • qoqo

      Pabrikan mobil emang biasa bikin mobil konsep macam gini buat sarana demonstrasi desain atau teknologi, misalnya.

      btw analogi yang bagus bung, haha

  • rizki

    Yaris Heykers SUV Concept gak sekalian dibikinin artikelnya nih hehe

  • Rafli Santosa

    keren nih semoga aja mosuk jalur produksi dg hanya 2 pintu dan atap covertible keren

  • qoqo

    Best looking Yaris EVER! Grille depannya mirip hourglass-nya Lexus. Kalau Yaris baru atau facelift nanti kayak gini, makin irresistible dah.

    • Chang Wi Siang

      Apalagi kalo pasang mesin dual vvti dan interior kembali ke yaris lama bro,,,banyak yang akan beli,,,dengan catatan,,,ecu kembali ke awal,,,toel gas dikit langsung loncat kyk mau terkam orang,,,

  • Chang Wi Siang

    Kalo nanti yaris di facelift muka depan kyk gini, pasang mesin dual vvti dan interior kyk yaris lama,,,banyak yang akan kembali pakai yaris,,,krn yaris lama unggul di penjualan krn interior dan saya suka ama ke agresifan mesin transmisi manualnya,,,xixxxixixixixxi

    • jojon

      bener bro mesin dual vvti manual 6 speed mantap, yaris lama ane diganti yg baru malah tenaganya loyo boros pula, nyesel

      • Chang Wi Siang

        Gak usah 6 speed bro,,,soalnya tenaga gak kenceng2 amat,,,malah nanti terasa kempos tenaganya,,,asal ECU kembali ke awal,,,nyesel jg g dah jual yaris lama g bro,,,yaris yang baru menurun segala2nya,,,dan paling g benci tekstur jahitan yang dari plastik,,,bener2 gak banget,,,jadi murahan banget,,,bahan kain di door trim yaris lama hilamg semua,,,kecewa berat,,,mana hari ini fb g tampilin memori g 5 thn lalu ama mobil yaris g,,,jadi sedih banget ingetnya,,,jadi pengen mobil lama jg,,,hadeh2,,,

      • Chang Wi Siang

        Tapiiiii,,,kalo dual vvti di tambah valvematic punyanya nav1,,,tenaga akan naik,,,nah itu boleh dah pakai 6 speed,,,tp kembali lagi,,,ECU yaris jaman dulu,,,krn tenaga galak yaris dulu krn settingan ECU yang brutal,,,

  • Airlangga Vitradi

    coba yaris yg baru designnya seperti ini psti laku bgt

  • Anggìta Wira Tama

    Knalpotnya di tengah, kayanya bagus :p

  • Komengtator

    Lagi ngebayangin Avanza Legian Concept. .
    Emang Gawat Bekas Mantri Sunat jd atpm

  • Richard

    KEREN

    Semoga Tahun 2016 masuk di pricelist TAM.

    mungkin cocoknya sebagai saingan dari Mazda 2 GT di harga 280-300jt an

    • Richard

      dan semoga jahit2an plastiknya di upgrade dikit jadi soft touch. biar lebih ada gregetnya dikit. pasti jamin laku keras utk tipe TRD Legian ini