Toyota Yaris Legian Concept, Yaris Tanpa Atap Terinspirasi Pesona Wisata Pulau Bali

Toyota Yaris Legian Concept, Yaris Tanpa Atap Terinspirasi Pesona Wisata Pulau Bali
0  komentar
toyota-yaris-legian-concept

Jakarta, AutonetMagz – Pertama kali tahu kalau mobil ini bernama Yaris Legian Concept, tidak susah kok mencari tahu dari mana asal kata Legian. Legian adalah nama suatu daerah di Kuta, Bali yang alamnya sangat indah, tidak kalah dengan daerah lainnya di Bali seperti Seminyak atau Tanah Lot. Dengan inspirasi dari daerah di pulau eksotis itu, PT. TAM mengerahkan tim desainnya untuk mengubah Yaris lele menjadi versi atap terbuka alias convertible dan diberi nama Yaris Legian.

Kami bisa mengerti kenapa Toyota Astra Motor mengubah Yaris lele jadi convertible, karena untuk menikmati suasana Legian, mobil tanpa atap adalah kendaraan paling pas supaya bisa menikmati suasana tropis ideal khas Bali. Tak hanya sekedar potong atap saja, namun Yaris diberikan dandanan yang menyeluruh biar publik di GIIAS 2015 tak menyangka kalau ini adalah Yaris. Lihat saja lampu depannya yang punya LED DRL 3 baris itu, sangat keren!

gril-toyota-yaris-legian-concept

Bumper depannya didesain ulang dengan kisi segitiga kecil menyerupai milik Camry facelift, hanya saja posisinya dibalik. Kini, Yaris Legian tak lagi memiliki gril dengan kumis lele, tapi diganti dengan gril baru yang menjuntai ke bawah dan sedikit menyudut ke samping di bagian bawahnya. Memang tidak berkesan kumis lele lagi, tapi malah jadi seperti kumisnya Den Bagus, seorang komedian di acara Spontan yang diperankan oleh pemain pantomim profesional, Septian Dwi Cahyo.

toyota-yaris-legian-concept-modifikasi

Dari samping, TAM pun menyunat jumlah pintu Yaris menjadi seperti coupe, alias hanya 2 pintu. Entah TAM memikirkan soal akses masuk bangku belakang atau tidak, soalnya mobil seperti ini harusnya punya mekanisme bangku depan yang lebih fleksibel agar penumpang belakang bisa masuk dan keluar. Selain itu, peleknya diubah dengan pelek alloy berdiameter besar.

toyota-yaris-legian-concept-belakang

Bagian buntut Yaris Legian menjadi lebih mantap dan berisi. Itu berkat pengaplikasian lampu belakang LED stripes seperti kepunyaan BMW atau Mercedes-Benz serta lubang knalpot yang bertambah menjadi 2 lubang. Di atas logo Toyota, ada tulisan TAM Design yang menegaskan kalau ini buatan PT. TAM. Hmm.., soal sunat fitur biasanya merek yang satu ini lumayan piawai, tapi kalau atap dan pintunya disunat seperti ini, entah kenapa hasilnya bikin ngiler. Mungkin ini memang hasil dari praktek sunatan massal mereka yang berimbas ke mindset tim desainnya.

modifikasi-toyota-yaris-legian-concept

Meski keren, kami melihat pada windshield bagian atas mobil ini tidak ada lubang untuk mengaitkan pengunci atap yang biasanya ada pada mobil atap terbuka lainnya. Ini bisa jadi indikator kalau Yaris Legian ini memang atapnya disunat dan dibuang, tidak dibuat menjadi atap lipat agar bisa dibuka-tutup secara elektronik seperti convertible pada umumnya. Masalah? Tidak ah, ini kan mobil konsep buat pajangan, bukan untuk dijual apalagi dipakai jalan-jalan.

toyota-yaris-legian-convertible-concept

Meski hanya pajangan, tapi kami rasa Yaris Legian ini cukup atraktif, bahkan beberapa detail ubahan seperti pada bumper dan pelek bisa menjadi inspirasi modifikasi untukmu yang sedang bingung Yarisnya mau diapakan. Satu hal yang mengganggu pikiran kami setelah menyimak Yaris Legian ini adalah : Jika PT. TAM bisa membuat Yaris menjadi sekeren ini, kenapa muka Grand New Avanza dan Great New Xenia harus seperti itu jadinya?

Apa pendapatmu mengenai Toyota Yaris Legian Concept ini? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: