Toyota Vios Generasi Berikutnya Kemungkinan Bermesin Dual VVT-i

Toyota Vios Generasi Berikutnya Kemungkinan Bermesin Dual VVT-i
0  komentar
Toyota Vios 2013 Sedan

AutonetMagz.com – Toyota Vios yang beredar sekarang masih terbilang belum uzur-uzur amat secara desain, bahkan facelift saja belum dapat. Meski begitu, pembicaraan tentang All New Toyota Vios sudah ada di dalam tubuh Toyota. Terlalu awal? Tidak juga, merencanakan mobil baru atau facelft saja kan memang butuh waktu bertahun-tahun supaya hasilnya matang, Toyota Indonesia saja sekarang sudah mendiskusikan Kijang Innova facelift mau dibuat seperti apa.

Menurut sebuah media India bernama Mint, Vios generasi keempat akan menjadi model global seperti Vios generasi kedua. Sekedar info, Vios generasi kedua bermodel sama di semua negara, paling hanya beda nama saja. Di Jepang namanya Belta, di beberapa negara termasuk Indonesia namanya Vios, dan di Amerika sana namanya Yaris sedan.

toyota belta

Nah, di generasi ketiga sekarang ini, Vios sekarang bukan model global lagi, alias ada perbedaan di beberapa negara. Di Indonesia, Malaysia dan Timur Tengah, Vios atau Yaris sedan itu bentuknya sama dengan apa yang kita lihat di Indonesia, sedangkan Yaris sedan di Kanada dan Amerika menggunakan Mazda 2 Sedan yang didesain ulang oleh Toyota.

Toyota Yaris sedan dengan basis Mazda2 SkyActiv sedan hadir di Kanada

Vios model baru akan berubah total dan menjadi model global, India melakukan banyak hal untuk Vios, tidak hanya soal merakit mobilnya secara lokal saja,” kata seorang sumber yang mengenal baik internal Toyota India. Untuk di India, tidak ada mesin 1NZ-FE yang kita sudah pernah rasakan kiprahnya sejak tahun 2002, yang ada di lembar perencanaan adalah mesin baru 1.600 cc.

Toyota Vios 2013 Mesin

Lebih tepatnya, mesin tersebut adalah mesin berkode ZR dengan Dual VVT-i. Untuk di India juga, mungkin bakal muncul Vios diesel yang menggunakan mesin 1.600 cc turbo diesel milik Toyota Verso. Sayangnya, mesin 1.600 cc ini mungkin tidak akan lolos ke negara yang peraturan pajaknya sangat ketat.

Sebagai gantinya, pasti yang disematkan supaya Vios bisa lolos dari pajak yang mencekik adalah dengan memasang mesin 1.500 cc. Kami harap jangan 1NZ-FE standar lagi deh,paling minim dikasih Dual VVT-i saja sudah cukup kok. Tapi yang pasti sih, kalau sudah sampai di sini, mentok-mentok jadi taksi lagi. Apa prediksimu soal All New Toyota Vios? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: