Toyota Perkenalkan Sub-Brand Perfoma Tinggi Baru Bulan Ini

by  in International&Toyota
Toyota Perkenalkan Sub-Brand Perfoma Tinggi Baru Bulan Ini
0  komentar

AutonetMagz.com – Sebelumnya, tolong, sub brand performa yang dimaksud di sini bukan TRD.Meski TRD pernah punya sejarah mentereng dengan membuat Toyota Supra TRD3000GT, sekarang di Asean TRD lebih dikenal melalui stiker, body kit, pelek, mud flap dan karpet. TRD yang sekarang memang intens dalam riset aksesoris, tapi nyaris minim usaha buat mesin dan performa meski urusan kaki-kaki mereka masih riset, hasilnya adalah suspensi TRD.

Lain Asean, lain Eropa. Toyota Eropa tidak mengenal TRD, sebab yang dikenal adalah GRMN (Gazoo Racing Masters of Nürburgring). Buah karya Toyota dan GRMN yang baru adalah Toyota Yaris GRMN, hot hatch 200 hp berteknologi supercharger yang bakal melawan VW Polo GTIdan Ford Fiesta ST. Kalau di Amerika, TRD masih membantu dalam aksi Toyota Camry di NASCAR dan memodifikasi beberapa pick-up Toyota, macam Toyota Tacoma TRD.

Meski sudah punya GRMN dan TRD, Toyota tetap merasa mereka perlu yang lebih spesifik. Menurut Automotive News, bulan September ini Toyota akan meluncurkan sub-brand performa tinggi baru, sejenis Subaru STI atau Honda Type R. Acara peluncurannya akan berlangsung di Jepang, dan Toyota Supra 2018 diklaim akan jadi ujung tombak sub-brand ini. Kalem dulu, Toyota Supra masih lama kok peluncurannya, tapi sub-brand boleh dong meluncur duluan.

Sub-brand baru ini belum diketahui namanya, tapi kemungkinan adalah peresmian bergabungnya GRMN ke Toyota. Bagaimana maksudnya? Jadi, GRMN awalnya adalah sebuah tuner yang kebetulan dapat kepercayaan untuk mengoprek mobil-mobil balap Toyota, dan setelahnya membuat Toyota tertarik untuk bekerja sama lebih serius. Kisahnya mirip dengan Mercedes dan AMG yang dulunya adalah 2 perusahaan terpisah.

Ini adalah usaha Toyota untuk menguatkan imej mobil performa tinggi mereka, tentunya dengan mengandalkan riset hasil balapan mereka seperti WRC. Selain Toyota Supra, akan ada beberapa model yang diharapkan meramaikan sub-brand baru ini, di antaranya adalah mobil sport Toyota 86, coupe lucu Toyota S-FR yang mukanya mirip ikan buntal dan Toyota Yaris GRMN. Model apa lagi menurutmu yang pantas masuk ke divisi performa tinggi Toyota? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: