Toyota RAV4 2019 Diperkenalkan, Pakai Desain Agresif Ala FT-AC

Toyota RAV4 2019 Diperkenalkan, Pakai Desain Agresif Ala FT-AC
0  komentar

AutonetMagz.com – Toyota RAV4 adalah salah satu produk dari Toyota yang sudah punya nama besar. Sudah ada sejak 24 tahun silam, dahulu mobil ini berada di segmen compact SUV, dan perlahan namun pasti naik kelas. Toyota RAV4 sendiri sempat ingin ditiru kesuksesannya oleh Chery saat menelurkan Chery Tiggo yang punya perawakan bak Toyota RAV4, namun dengan lampu depan ala Honda CR-V Gen 2. Nah, kini Toyota RAV4 sudah memiliki generasi terbaru yang debut di New York International Auto Show (NYIAS) 2018.

Melihat bentuknya, yang langsung terpikir di dalam otak kami adalah ‘Lho, ini kan Toyota FT-AC’, dan memang seperti itulah kenyataannya. Toyota RAV4 2019 hadir sebagai versi produksi dari Toyota FT-AC, dan kini mobil ini sudah semakin terlihat keen look seperti konsep yang diusung produk – produk Toyota lainnya. Lampu utama dari Toyota RAV4 2019 ini sendiri berbentuk tajam, serupa dengan FT-AC, dan mirip dengan Honda CR-V Turbo. Sedangkan grille dari Toyota RAV4 2019 ini cukup besar dan berotot, dimana ada dua bilah garis horisontal gelap di sisi tengah. Bumper depannya pun menunjukkan kesan gagas dengan bentuk mengotak dan ada skid plate berwarna silver di sisi tengah, untungnya tak ada aksen merah – merah.

Bergeser ke sisi samping, mobil ini terlihat memang semakin bongsor dengan detail panjang wheelbase yang memanjang 1,2 inci, namun tinggi bodynya lebih pendek 0,2 inci dibanding pendahulunya. Mobil ini juga melebar 0,4 inci dibandingkan versi lawasnya. Toyota RAV4 2019 sendiri menggunakan platform TNGA-K yang sama dengan yang digunakan Toyota Camry dan Toyota Avalon, meninggalkan basis TNGA-C lawas miliknya. Secara proporsi, dari samping Toyota RAV4 2019 terlihat berotot, selain tarikan garis yang tajam, sektor ban dan velg yang terasa penuh mengisi ruang roda membuat mobil ini terasa pas.

Melihat sisi belakangnya, Toyota RAV4 2019 ini mengingatkan kami pada VW Tiguan yang menggunakan lampu sipit nan tajam. Bagian belakangnya dihiasi dengan bumper belakang yang tebal dengan under guard berwarna silver yang juga besar, lalu dua knalpot yang tak ditutup – tutupi, serta rear spoiler dengan support di kanan kirinya. Oiya, di bagian belakang ini juga terlihat ada aksen krom yang ada di bawah lampu belakang dan garis kaca belakang. Masuk ke sisi dalam, kesan pertama yang hadir adalah kesan kokoh dan macho, dengan banyaknya tarikan garis tegas dan mengotak di interiornya, namun tanpa meninggalkan kesan modern dan elegan pula. Ornamen silver matte menghiasi interiornya dengan iluminasi warna biru, keren.

Untuk fitur keselamatan, Toyota RAV4 2019 sudah mengusung Toyota Safety Sense yang didalamnya ada fitur Pre-Collision System with Pedestrian Detection, Full-Speed Range Dynamic Radar Cruise Control, Lane Departure Alert with Steering Assist, Automatic High Beam, Lane Tracing Assist, Road Sign Assist, dan 8 buah airbag. Untuk interior, mobil ini dilengkapi sistem multimedia Entune 3.0 baru, Apple CarPlay, Amazon Alexa, yang semuanya bisa diakses dari layar sentuh 7 inci, atau 8 inci jika kalian merasa kurang besar. Sistem audio JBL juga hadir di Toyota RAV4 2019 ini. Untuk urusan mesin, mobil ini menggunakan dua pilihan mesin, yaitu mesin 2.500cc 4 silinder dengan transmisi 8 speed AT, dan Hybrid bermesin 2.500cc yang dikombinasikan dengan motor listrik dan CVT.

Berapa tenaga dan torsinya? belum ada info mengenai hal ini, namun yang jelas mobil ini akan siap dijual di Amerika Serikat dan Kanada pada penghujung 2018 nanti, dan model hybrid akan menyusul di awal 2019. Harganya? Tunggu saja di akhir tahun ya. Jadi bagaimana menurut kalian kawan?

Read Prev:
Read Next: