Toyota Kijang Innova dan Fortuner Bisa Kena Pelarangan Mobil Diesel Besar di India!

Toyota Kijang Innova dan Fortuner Bisa Kena Pelarangan Mobil Diesel Besar di India!
0  komentar
All New Toyota Kijang Innova Q Depan

AutonetMagz.com – Sebagai salah satu kota yang sama sekali tidak masuk urutan teratas kota dengan kualitas udara terbaik di dunia, New Delhi memang harus berbenah besar-besaran supaya kualitas udaranya layak hirup oleh masyarakatnya. Mahkamah Agung di India kini sedang menguji coba aturan baru yang memperketat seleksi kendaraan yang berkeliaran, karena mesin diesel besar (di atas 2.000 cc) tidak boleh memasuki New Delhi.

Karena yang dilarang adalah mesin diesel berkapasitas besar, jadi mobil seperti Maruti Suzuki Ertiga, Tata Zica, Renault Kwid dan Honda Jazz diesel di sana masih boleh wara-wiri di New Delhi. Yang pusing justru merek mobil yang menjual mobil bermesin diesel besar seperti Audi, BMW, Jaguar, Mercedes Benz, dan lain-lain. Akan tetapi, yang paling pusing saat ini rupanya Toyota, karena peraturan ini bisa mengganggu peluncuran All New Toyota Kijang Innova dan Fortuner di sana.

mesin diesel all new toyota kijang innova

Padahal mobil diesel merupakan favorit di India, karena lebih efisien daripada mesin bensin. Aturan mengenai pelarangan mobil diesel 2.000 cc ke atas ini sejatinya masih peraturan percobaan. Durasi percobaan adalah 3 bulan, dan dimulai pada Januari ini. Otomatis, ini mengganggu strategi Toyota dalam mengenalkan Innova dan Fortuner baru, karena punya mesin diesel 2.400 cc baru. Padahal mobil ini sudah ditunggu-tunggu di sana.

Saat kami menjual Innova di India, kami sempat menawarkan versi bensin di samping versi diesel, tapi versi bensin kami stop penjualannya karena diesel jauh lebih diminati. Jika memang konsumen merasa versi bensin diperlukan lagi, kami akan menghadirkannya kembali,” kata TS Jaishankar, Deputy Managing Director-Commercial Toyota India.

teaser toyota fortuner indonesia

Tentu saja dijualnya versi bensin bertujuan agar Innova dan Fortuner tetap bisa dijual dan dipakai di New Delhi dan sekitarnya, mengingat New Delhi adalah daerah yang dominan dalam penjualan. Toyota India sendiri adalah merek yang menguasai pasar mobil bermesin diesel di India, yakni hampir 50%. Tapi dengan populasi mobil diesel terbanyak, gas buang dari mobil Toyota otomatis juga terbanyak. Pusing kan?

Merek lain selain Toyota sendiri belum bicara apa-apa soal pelarangan ini, tapi kami yakin mereka akan mengumumkan strategi mereka menghadapi peraturan baru ini. Ngomong-ngomong, apa Jakarta juga perlu ya? Soalnya kadang sebagai pedestrian, suka terganggu juga dengan polusi yang dihasilkan mobil, motor, dan kendaraan lain yang asap knalpotnya ngebul itu. Bagaimana menurutmu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • putra

    Pertamax?
    Pemerintah india juga selain melarang mobil diesel cc besar , harusnya disertai dengan membuat hutan kota untuk ditanami pepohonan.

  • Amin

    Kalo gitu Pajero sport juga kena dampaknya dong

    • Mika

      Kenapa ya situs ini kalau bikin judul relate (atau di relatekan) dengan Toyota selalu sinis dan negatif? Padahal jelas2 Pajero Sport juga sama…..

      Sedangkan kalau untuk Honda “.. Mugen serbu motor show” selalu dimaniskan..?

      Terbiaskah situs ini Bung Hillari?

      IMHO…

      • Muhammad Rifki

        Ralat gan, justru menurut gw autonet nih lebih menghujat merk h dibanding merk t ya itu… krn kualitas kepresisian mobil yg kurang banget menurut gw, padahal harganya dr model yg diatas lcgc lebih mahal tapi build qualitynya setara lcgc yg apa adanya (g rapih)

        • z00b00

          mazda dan ford yg jarang berita jelek hehe

      • Mawar

        kita juga pengamat harus pintar, saya suka dengan autonetmagz karna ke updatean beritanya, namun kalo urusan komentar jurnalisnya ya mu gimana lagi, urusan doi sih, yang punya situs jg doi, dan 1 hal lagi, dunia jurnalis itu gak lengkap tanpa adanya suap untuk upping berita, so??
        ya bebas lah yah. yang penting beritanya akurat, masalah komentar si jurnalis mah biarkan urusan dia aja.

      • Yuhdi Baihaqi

        Baca di media lain sama..mungin ini hanya copi dr media lain

      • Hillarius Satrio

        nggak terbias kok, karena dari Toyota Indianya sendiri baru buka suara soal peraturan yang bakal kena ke mobil mereka, soalnya mereka taun ini kan mau launching Innova sama Fortuner, tapi kalo ada aturan gini, apa kabarnya strategi bisnis mereka?

        Lagian di sini nggak Toyota doang yang saya bilang kena susah. Audi, BMW, Mercy dkk juga sama pusingnya, tapi untuk awal taun ini yang bisa ngungkapin kegalauannya ya Toyota duluan, karena mereka harus mikir lagi gimana biar bisa jualan Innova sama Fortuner tanpa kebentur aturan yang lagi diuji coba itu. Honda dimaniskan? Lah, berita recall CRV, city, brio apa kabar?

        Dan ya, Mitsubishi Pajero Sport pasti kena juga, tapi kan Mitsubishi belom bilang apa-apa, masa kita mau bilang “Mitsubishi Pajero Sport Terancam Dilarang di India” tanpa ada ucapan dari pihak Mitsu India atau sumber yang jelas? Ngibul dong namanya

      • Hamid Rosyidi

        Lagi PMS kayaknya nih orang. Sensitif amat. Wkwkwk

      • Blackjack

        Belum pernah baca autonetmagz mas? Malah menurut saya autonetmagz ini banyak mengkritik merk h.. So far masih wajar menurut saya penilaian AM

      • beng

        ini yg mau komen negatif sama autonet n hillsat dkk mahh skedar pembaca tapi gk bsa mikir mana omongan yg milih pabrikan sepihak..karena menurut gue, autonet ini penilaian wajar, gk berpihak2 kepada pabrikan manapun

      • HaHaHa

        Yaelah paling fanboy toyota dari forum sebelah ini
        Jijik gue tiap ada trid minta saran mobil selalu aja saranin innova..
        Bahkan yang terbaru xtrail t32 – innova, lebih worth it innova katanya, hahaha pengen muntah…

    • farid

      pajero sport juga dipasarkan di india tapi gak laku,karena disana(india) konsumen gak berminat dgn merek “tiga berlian” seperti disini

      • Pengamat Otomotif

        benar, ane setuju sama ente gan…memang disana masih banyakan fortuner…even in vietnam masih jauh lebih banyak fortuner yg wara wiri di jalanan…

  • farid

    kalau mesin diesel sekarang pun emisinya masih dianggap kotor kenapa gak wajib pake teknologi hybrid saja buat menekan kadar emisinya,mesin diesel ertiga di india aja dah pake hybrid walau masih mild hybrid

    • dik

      Kaya gatau aja sistem kebijakan di indo kek gimana

  • AE86

    Gk Innova dan fortuner jg kaley, yg ad kendaraan dng Mesin Diesel 2000cc keatas.

  • Andy

    Solusinya untuk masyarakat India ya beli mobil diesel ber-cc kecil (plus variable turbo intercooler)
    Merk lokal seperti Mahindra juga punya model diesel di atas 2000cc kan.. Jadi bukan cuma masalah salah satu merk saja.